KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Authors

  • Sri Rahayuningsih FKIP Universitas, Universitas Wisnuwardhana, Malang
  • Indria Kristiawan FKIP Universitas, Universitas Wisnuwardhana, Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v1i1.629

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, menyelesaikan masalah matematika.

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan hal pokok tentang kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, karena belakangan ini banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika dengan berbagai pengetahuan yang dimiliki sehingga mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Sedangkan dalam mempelajari matematika siswa dituntut untuk menggali pengetahuan dan memperlihatkan kemampuan berpikir kritisnya. Melalui pemaparan dari berpikir kritis pada artikel ini, guru hendaknya dapat mengetahui dan memahami pengertian dari berpikir kritis. dan dapat mengetahui kompetensi yang diperlukan untuk menilai kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam artikel ini merupakan studi literasi dari beberapa jurnal dan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli yang kemudian ditarik seuatu kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari kajian literatur dalam artikel ini adalah kemampuan proses berpikir yang dimiliki setiap individu dengan menggunakan penalaran dan akal pikiran yang logis untuk menyelesaikan masalah matematika yang dihadapi. Dengan demikian guru diharapkan dapat mengetahui kompetensi yang diperlukan untuk menilai atau mengevaluasi kemampuan berpikir kritis siswa sehingga dapat melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika.

References

Al- absi, Mohammad. (2013). The Effect of Open-ended Tasks –as an assessment tool- on Fourth Graders’ Mathematics Achievement, and Assessing Students’ Perspectives about it. Jordan Journal of Educational Sciences vol. 9, no. 3, pp 345-351.

Ayllón, dkk. (2016). Mathematical thinking and creativity through mathematical problem posing and solving. Propósitos y Representaciones, vol. 4 no 1 pp. 169-218 doi: http://dx.doi.org/10.20511/ pyr2016.v4n1.89.

Bahar, Abdulkadir. (2015). Cognitive Backgrounds of Problem Solving: A Comparison of Open-ended vs. Closed Mathematics Problems. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2015, 11(6), 1531-1546.

Brewster, Holly K. (2014). The Teacher as Mathematician: Problem Solving for Today’s Social Context. Brewster Dissertation Final. Columbia University.

Browne, M. N., & Stuart, M. K. (2004). Asking the right questions: A guide to critical thinking (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson–Prentice Hall.

Ennis, R. H. (2003). Critical thinking assessment. In D. Fasko (Ed.), Critical thinking and reasoning: Current research, theory, and practice (pp. 293–313). Cresskill, NJ: Hampton.

Facione, Peter A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons and The California Academic Press, Millbrae, CA.

Filsaime, D.K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Kuntze, Sebastian dkk. (2017). Hybrid task design: connecting learning opportunities related to critical thinking and statistical thinking. ZDM

Mathematics Education (2017) 49:923–935 DOI 10.1007/s11858-017-0874-4.

Krulik, S & Miou, E. (2003). Teaching Mathematics in Middle School A Pratical Guid. MA: D.C. Keath and Company.

Lai, Emily R. (2011). Critical Thinking: A Literature Review.

Mazer, Joseph. P dkk. (2007). Revising General Education: Assessing a Critical Thinking Intuctional Model IN The Basic Communication Course. The Journal of General Education, vol 56, no. 3&4, 2007, pp. 173-199)Article), Penn State University Press, DOI: 10.1353/jge.0.0000.

Montague, M. (2004). Math Problem Solving for Middle School Students with Disabilities.

NCTM. (1980). Problem Solving in School Mathematics. Yearbook: NCTM Inc.

O’Keefe, V. P. (1986). Affecting critical thinking through speech. Annandale, VA:

ERIC Clearinghouse on Reading and Communication Skills. (ERIC Document Reproduction Service No. ED 267 476).

Paul, Richard and Linda Elder. (2006). Critical Thinking Concepts and Tools.

Suharnan. (2005). Psikologi Kognitif. Edisi Revisi. Surabaya: Penerbit Srikandi.

Suherman, E, dkk, (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidika Matematika FPMIPA UPI.

Sumarmo, U. (2000). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian FPMIPA IKIP Bandung

Tran Vui. (2001). Effective Mathematics Teaching Strategies Inspiring Progressive Students: Student-Centered Approach. Penang, Malaysia: Recsam.

Takahashi, A. (2006). Communication as Process for Student to Learn. DePaul University.

Weinert, F. (1996). Lerntheorien und Instruktionsmodelle. In F. Weinert (Ed.),

Enzyklopädie der Psychologie. Vol. 2 (pp. 1–48). Göttingen: Hogrefe.

Weinert, F. (2001). Vergleichende Leistungsmessung in Schulen. In F. Weinert (Ed.), Leistungsmessungen in Schulen (pp. 17–31). Weinheim: Beltz.

Wood, Robin. (2002). Critical Thinking.

Wulandari, Dewi Tri. (2015). Proses Berpikir Kritis Mahasiwa Melalui Perkuliahan Penyelesaian Masalahprogram Linier. Likithapradnya, (17), 2

Downloads

Published

2018-10-03

Issue

Section

Riset Bidang Hukum, Sosial Humaniora, dan Pendidikan