KECEPATAN PEMAHAMAN MAKNA MAHASISWA PRODI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Authors

  • Any Ikawati Universitas Wisnuwardana

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v1i1.634

Keywords:

Kecepatan, pemahaman, makna

Abstract

Keseimbangan dalam pemahaman makna bisa dievaluasi dari kompetensi setiap individu yang beragam, terutama jika dikorelasikan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam mengembangkan pendidikan yang memiliki kuliatas bermutu. Oleh karena itu, peneliti ingin melaksanakan penelitian yang berkaitan dengan bagaimana kecepatan mahasiswa prodi bahasa dan sastra Indonesia dapat memahami makna pada mahasiswa prodi bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif yakni untuk menggambarkan kemampuan mahasiswa dalam memahami makna dalam menggunakaan pemetaan sastra kontemporer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa. Analisis terhadap data akan dilakukan secara kualitatif untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami makna dalam menggunakaan pemetaan sastra kontemporer.

References

Aminuddin. (2002). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Agensindo Offset

Jabrohim. (2002). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya

Keraf, G. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa.Jakarta:Gramedia

Kokasih. (2012) .Dasar-dasar Keterampilan Bersastra.Bandung:Yrama Widya

Miles, M..B. & Huberman A.M.(1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press

Pateda, Mansoer. (2010). Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta

Ratna, Ny. K. (2004).Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra (dari Strukturalisme hingga Postrukralisme Perspektif Wacana Naratif). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2018-10-03

Issue

Section

Riset Bidang Hukum, Sosial Humaniora, dan Pendidikan