HUBUNGAN PENGETAHUAN SUAMI TENTANG ALAT KONTRASEPSI DENGAN KEIKUTSERTAAN SUAMI DALAM PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI PERUMAHAN SUMBERINGIN PERMAI KABUPATEN TRENGGALEK

Dian Samtyaningsih, Afrihal Afiif Ibaadillah

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak sekitar 249 juta di mana peningkatan jumlah penduduk akan menimbulkan beberapa permasalahan. Peserta baru Keluarga Berencana (KB) menurut jenis kelamin terdiri dari 6,34% laki-laki dan 93,66% dari peserta perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan suami tentang alat kontrasepsi dengan keikutsertaan suami dalam program KB. Penelitian dilakukan dengan analitik korelasional, rancangan cross sectional dengan variabel independen pengetahuan suami tentang alat kontrasepsi, variabel dependen keikutsertaan suami dalam program KB. Sampel adalah seluruh suami yang memiliki pasangan usia subur serta berdomisili di Perumahan Sumberingin Permai Trenggalek sejumlah 53 orang, Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji Fisher’s exact test. Hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan suami tentang alat kontrasepsi dengan keikutsertaan suami dalam program KB.

Keywords

Keluarga berencana; Pengetahuan; Suami

Full Text:

PDF

References

Anonymus. (2002). Analisis Gender Dalam Pembangunan Keluarga Berencana Nasional. Jakarta: BAPPENAS.

Anonymous. (2014). Pelayanan Kontrasepsi. BKKBN. Jakarta: Direktorat Pelaporan dan Statistik

Darwel, P.T. (2014). Jurnal Poltekkes Kemenkes Padang. Tersedia pada: http://docplayer.info/29683036.html (7 April 2018).

Handayani, S. (2010). Buku Ajar Pelayanan Keluarga Berencana. Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Sabri, L. dan Hastono, S.P. (2014). Statistik Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rochmatratih. (2011). Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan

Akseptor KB Pria Dalam Menentukan Pilihan Kontrasepsi, [online], tersedia pada: http://www.medifire.com (8 April 2018).

Rozi, dkk. (2017). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Terhadap Motivasi Penggunaan Alat Kontrasepsi Pria PUS. Jurnal Nursing News, 2(3), 407-417.

Saifudin, A. B. (2010). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: YBP-SP.

Sulaiman, R. (2014). Angka Kematian Ibu (AKI) Tinggi, BKKBN Serukan 4 Jangan dan 3 Terlambat. [Online]. Tersedia pada: http://m.detik.com (7 April 2018)

Suparyato. (2012). Konsep pengetahuan. [online], Tersedia pada: http://drsuparyanto.blogspot.com (7 April 2018)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.