PENGUKURAN KINERJA TERHADAP KOPERASI SERBA USAHA (KSU) UM MALANG DENGAN METODE BALANCED SCORECARD
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v1i1.664Keywords:
Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Koperasi.Abstract
Koperasi merupakan salah satu organisasi bidang jasa keuangan non-bank yang menempatkan kepentingan dan kesejahteraan anggota pada posisi sentral dari keseluruhan aktivitas koperasi,. Namun pada kenyataannya banyak koperasi yang pada kegiatannya fokus terhadap faktor finansial termasuk Koperasi Serba Usaha (KSU) UM Malang sehingga sisi customer dan karyawan sedikit terabaikan. Konsep Balanced Scorecard hadir untuk membantu perusahaan mengetahui sejauh mana hasil pencapaian kinerja melalui empat perspektif. Terdapat empat perspektif dalam Balanced Scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kinerja Koperasi Serba Usaha (KSU) UM Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terbentuk 15 KPI (Key Performance Indicator) yang terdiri dari 3 KPI pada perspektif keuangan, 4 KPI pada pespektif pelangaan, 5 KPI pada perspektif proses bisnis internal, serta 3 KPI pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Secara keseluruhan, indeks pencapaian kinerja yang dicapai sebesar 6,593 dengan kategori sedang.References
Avianda, Dea . 2014 . Strategi Peningkatan Produktivitas di Lantai Produksi Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX) . Bandung . Jurnal Online Institut Teknologi Nasional ©Jurusan Teknik Industri Itenas | No.04| Vol.01 April 2014
Febrianto, Awan . 2016 . Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Metode Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam (Ksp) Lohjinawe Rembangi . (online). (https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/12096)
Juli, Haryono . 2012 . Pengukuran Kinerja dengan Balanced Scorecard . (online) . (https://juliharyono.wordpress.com/2012/01/08/balanced-scorecard/) diakses pada tanggal 8 Januari 2012.
Kaplan, Robert S. dan David P. Norton. 2000. Balanced Scorecard : Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Erlangga, Jakarta
Luis, Suwardi dan Biromo, Prima A. 2010. Step by Step in Cascading Balanced Scorecard to Functional Scorecard. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompentensi. Jakarta: Rajawali pers.
Putri , Chauliah Fatma . 2011 . Pengukuran Kinerja dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard dan Six Sigma. Jurnal Widya Teknika, Vol.19 No.1. 2011. Universitas Widyagama Malang
Putri , Chauliah Fatma . 2017 . Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Koperasi Dengan Metode Balanced Scorecard Berbasis Borland Delphi, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol.1 No.3 Oktober 2017
(https://journal.untar.ac.id/index.php/industri/article/viewFile/473/417) diakses pada tahun 2017.