PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN VARIABEL KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVERNING

Authors

  • Rudolf Firdausy Stevanno Universitas Widyagama Malang
  • Wahju Wulandari Universitas Widyagama Malang
  • Alfiana Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v7i1.6913

Keywords:

Kualitas pelayanan, harga, kepuasan, loyalitas pelanggan

Abstract

Perkembangan industri di bidang barang-barang rumah membuat perekonomian menjadi tumbuh dan berkembang. Namun dalam persaingan di dunia industri ini pentingnya suatu strategi yang matang agar tetap menjadikan tempat pembelian perkakas yang diminati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan dan harga, terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang melibatkan 100 reponden, dan analisis data menggunakan Software Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kualitas pelayanan berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas pelanggan. Kedua, harga berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas pelanggan. Ketiga, kualitas pelayanan tidak mempunyai pengaruh secara langsung terhadap kepuasan konsumen. Keempat, harga tidak mempunyai pengaruh secara langsung terhadap kepuasan konsumen. Kelima, kepuasan konsumen mempunyai pengaruh secara langsung terhadap loyalitas pelanggan. Keenam, kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen sebagai variable mediasi. Ketujuh, harga tidak mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi.

Author Biographies

Rudolf Firdausy Stevanno, Universitas Widyagama Malang

Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Wahju Wulandari, Universitas Widyagama Malang

Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Alfiana, Universitas Widyagama Malang

Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

[1] R. R. N. Ikhsan and S. Sukardi, “Pengaruh Religiusitas, Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku terhadap Niat Membeli Produk Kosmetik Halal di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, vol. 11, no. 1, pp. 49–55, Jul. 2020, doi: 10.36982/jiegmk.v11i1.1061.

[2] A. Parasuraman, V. A. Zeithaml, and L. L. Berry, “ SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality.,” Journal of Retailing, vol. 64, no. 1, pp. 12–40, 1988.

[3] P. d. Kotler, Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. , 12th ed. Jakarta: PT Indeks, 2016.

[4] P. , Kotler, K. L. , Keller, and S. H. Ang, Marketing management: an Asian perspective. . United Kingdom: Pearson, 2018.

[5] J. L. Aaker, “Dimensions of Brand Personality,” Journal of Marketing Research, vol. 34, no. 3, pp. 347–356, Aug. 1997, doi: 10.1177/002224379703400304.

[6] W. , Abdillah and J. Hartono, Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

[7] Ghozali, Imam, and Hengky Latan, onsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Yogyakarta: BPFE, 2015.

[8] GENDRO WIYONO, Merancang penelitian bisnis dengan alat-analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0 . Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2011.

Downloads

Published

2025-04-02