PEMBERDAYAAN STRATEGI SEGMENTING TARGETING POSITIONING DIFERENSIASI BAGI USAHA MIKRO INDUSTRI RUMAH TANGGA KABUPATEN SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v7i1.6915Keywords:
IRT, Strategi Segmenting, Positioning, DiferensiasiAbstract
Industri Rumah Tangga memiliki fungsi yang kuat dalam menunjang ekonomi keluarga, dimana keterlibatan dan sumbangan dalam memperoleh penghasilan dan mengatur keuangan keluarga. sektor IRT perlu mengenali tantangan yang dihadapi yaitu dengan memahami konsep pemasaran strategi segmentasi, penargetan, penentuan posisi, dan diferensiasi. Tujuan untuk menggambarkan kapasitas pengetahuan dan pemahaman strategi pemasaran segmenting,targeting positioning,diferensiasi IRT di kabupaten Sukoharjo. Metode Penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik Pengumpulan Data studi dokumentasi, observasi, wawancara, Penyebaran daftar pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan model logika induktif interaktif Miles dan Huberman. Hasil Temuan Pelaku Usaha mikro Industri Rumah Tangga di desa Sadakan dan desa Krajan masih sangat minim dalam memahami strategi pemasaran segmenting targeting, positioning, diferensiasi. Dengan daya kekuatan Industri Rumah Tangga dalam menunjang ekonomi keluarga, maka IRT ini perlu didukung dan diberdayakan dalam strategi ini. Memberdayakan usaha mikro industri rumah dalam segmentasi, penargetan, penentuan posisi, dan strategi diferensiasi sangat penting untuk meningkatkan kinerja pasar mereka. Strategi ini memungkinkan usaha mikro untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan konsumen tertentu, yang pada akhirnya mengarah pada peningkatan penjualan dan keuntungan.References
[1] S. Y. Huzain Jailani, Farhana Muhammad, Isfi Sholihah, “Kontribusi Ibu Rumah Tangga Dalam Menopang Perekonomian Keluarga Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Padak Guar Kecamatan Sambelia,” Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, vol. 6, no. 2, pp. 465–475, 2022, doi: 10.29408/jpek.v6i2.6148.
[2] H. H. D. E. Eti Suminartika, Ibnu Ardian Firmansyah and Tanggim, “Kontribusi Pendapatan Industri Rumahtangga Mitra Niagadesa Terhadap Pendapatan Keluarga,” Agroinfo Galuh, vol. 10, no. 2, pp. 1340–1352, 2023.
[3] D. L. Sukoco, F. Hidayat, and W. Wardhana, “Analisis Struktur Sosial Ibu Rumah Tangga Dalam Strategi Peningkatan Kesejahteraan Keluarga,” Antroposen, vol. 2, no. 1, pp. 33–45, 2023, doi: 10.33830/antroposen.v2i1.5094.
[4] L. M. Dewi, R. E. Gentari, and D. Sunaryo, “Pelatihan Ibu Rumah Tangga Dalam Kreativitas Pengolahan Labu Kuning Menjadi Kuliner Lokal Berbasis Industri Rumah Tangga Di Desa Tanagara Cadasari Pandeglang,” ABDINE:, vol. 3, no. 2, pp. 249–254, 2023.
[5] P. Petir, K. T. Selatan, D. R. H, I. Nurmasari, and N. Susanti, “Perencana a n Keuangan dan Pemasaran Bisnis Keluarga di Posyandu Lili RW 015 Komplek Pesona Pamulang Pandemi Covid-19 telah menghambat perekonomian Indonesia dalam kurun waktu dua tahun belakangan ini . Pada 2020 , sebagian besar industri di Indonesia men,” Indonesian Journal of Society Engagement, vol. 4, no. 1, pp. 12–23, 2023.
[6] A. Agustya, S. Nashiroh, I. A. Shiddiqy, and M. Nurul, “Exploring the Depths of Digital Marketing : A Systematic Literature Review on Segmentation , Targeting , Differentiation , and Positioning Strategies,” International Journal of Businnes, Law and Education, vol. 5, no. 1, pp. 1270–1283, 2024.
[7] N. Eva and P. Lestari, “Pengaruh Strategi Segmenting , Targeting dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Merek Zoya Pada Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas BSI serta Dampaknya Terhadap Brand Loyalty,” in Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 2017, pp. 61–66.
[8] M. Arianti and H. Irawan, “Business to Business Marketing Strategy Planning for the SME Marketplace of XYZ,” Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020-Accounting and Management (ICoSIAMS 2020), vol. 176, no. ICoSIAMS 2020, pp. 20–28, 2021.
[9] A. Paul, Baines., Sara, Rosengren., Paolo, “Market Segmentation and Positioning,” 2022. doi: doi: 10.1093/hebz/9780192893468.003.0010.
[10] M. A. Yasrizal and W. Sulistiadi, “Studi Segmentation, Targeting, Positioning (Stp) Pada Bauran Pemasaran Produk Klinik Eksekutif Rumah Sakit Gigi Mulut Pada Masa Pandemi Covid-19,” Journal of Telenursing, vol. 4, pp. 168–176, 2022.
[11] M. Douglas, West., John, B., Ford., Essam, Ibrahim., Matteo, “Segmentation, targeting, and positioning strategies,” 2022. doi: 10.1093/hebz/9780198856764.003.0006.
[12] R. P. Santoso, 1*, L. S. R. Ningsih, 2, W. Irawati, and 3, “Implementation Of Segmenting Targeting And Positioning Strategies In Improving Marketing Performance,” Journal of Business and Innovation Management, vol. 6, no. 2014, pp. 280–292, 2024.
[13] N. Ade Johar Maturidi, M. M. A. Putra, and Reksowidjojo, “INOVASI PRODUK DAN KREATIFITAS DALAM PENGEMBANGAN UMKM,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Abdi Karya, vol. 2, no. 2, pp. 185–189, 2023.
[14] A. Sri, Hijratun, Nisa., Animah, “Pengaruh strategi diferensiasi terhadap kinerja umkm keunggulan kompetitif sebagai mediator,” Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, vol. 1044–1044, 2024.
[15] W. Ari, Apriani., Siti, Annisa, “Branding Produk UMKM Desa Cogreg Melalui Aplikasi Pemasaran Digital,” rnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Terapa, vol. 2, no. 3, pp. 94–101, 2023.
[16] R. K. Yin, Case study research: Design and methods, vol. 4. Sage Publication, Inc., 2009, 2009. doi: 10.1016/0149-7189(86)90052-2.
[17] N. A. Carlson, “Differentiation in microenterprises,” Strategic Management Journal, vol. 44, no. 5, pp. 1141–1167, May 2023, doi: 10.1002/smj.3463.