VILLAGE CENTER BUSINESS DEVELOPMENT, SOLUSI PEMASARAN PRODUK TERINTEGRASI, DESA CIMAREME, KECAMATAN NGAMPRAH, KABUPATEN BANDUNG BARAT, JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v1i1.692Keywords:
Integrasi, produk unggulan, efisiensi, kemasan, brand awareness.Abstract
Paper ini menjelaskan hasil kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas) Dosen Univesitas Indonesia dengan memggunakan dana Hibah Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM-UI) untuk anggaran tahun 2018, di desa Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tujuan utama kegiatan pengmas adalah melakukan sosialisasi bagaimana cara menerapkan Village Center Business Development (VCBD) dalam rangka penguatan ekonomi melalui penguatan kegiatan UMKM didesa tersebut. VCBD merupakan Solusi Pemasaran Produk Terintegrasi Desa di Desa Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat sejalan dengan kebijakan dari pemerintah memberikan peluang terhadap pengembangan ekonomi kreatif. Desa menjadi tempat dimana kreatifitas dibuat dengan segala kearifan lokal yang tertata didalamnya. Penulisan paper hasil penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis, dengan menggunakan wawancara mendalam informan kunci, melalui wawancara langsung yang dikombinasi dengan Focused Group Discussion (FGD) dengan Kepala Desa, Sekretaris Data dan para peserta UMKM. Paper hasil pengmas ini menyimpulkan bahwa diperlukan berbagai Persiapan perangkat desa sebagai pelaku pembangunan desa dalam pembuatan VCBD sebagai solusi pemasaran terintegrasi melalui konsep terintegrasinya keuangan desa ini diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas dan kualitas SDM dalam hal perencanaan, pengelolaan, pelaporan keuangan, dan system informasi Pemetaan Produk unggulan desa perlu dilakukan dalam rangka efisiensi dan diperlukan juga produk ekonomi kreatif desa sehingga diharapkan dapat meningkatkan efektifitas, efisiensi dan branding awareness di pasar bebas. Diharapkan melalui kegiatan pengabdian masyarakat dan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas dan kualitas SDM dalam hal perencanaan, pengelolaan, pemasaran, dan pembentukan VCBD.References
Bandura, A., 2013. The Social Foundation of Tought and Action, Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.6th edition
Barney, B.J., Hesterly,W.S (2010). Strategic management and Competitive Advantage. 2nd ed. Upper Saddle River, NJ: PrenticeHall.
BeineMichel, Lodigiani Elisabetta, Vermeulen Robert. (2012. Remittances and financial openness Regional Science and Urban Economics, Volume 42, Issue 5, September 2012, Pages844-857
Borg,WR, Gall,M.D. &Gall,J.P. (2003).Educational Research. Boston:Pearson education, Inc
Monroe, K. B. (2007). Pricing Making Profitable Decision (3 ed.). Singapore: McGraw-Hill.
Downloads
Published
2018-10-03
Issue
Section
Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Entrepreneurship