IDENTIFIKASI KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DI JALAN INDUSTRI WENDIT BARAT

Authors

  • Fadila Rumra Universitas Widyagama Malang
  • Aji Suraji Universitas Widyagama Malang
  • Muhammad Cakrawala Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v7i1.6953

Keywords:

Jenis Kerusakan jalan, Identifikasi Kerusakan Jalan, Metode PCI, Usulan Perbaikan, Nilai Kondisi

Abstract

Jalan merupakan prasarana penting dalam transportasi yang dapat berpengaruh terhadap kemajuan bidang Ekonomi, Sosial, Budaya maupun Politik di suatu wilayah, dan salah satu saya di jalan yang mengalami kerusakan yaitu pada Jalan Industri Wendit Barat di Kabupaten Malang yang mengalami kerusakan di beberapa titik jalan seperti Belubang, Tambalan, Keretakan, dan pelepasan butiran jalan sehingga mengganggu kenyamanan dan keamanan pengguna jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kerusakan yang terjadi dan mengetahui nilai index perkerasan jalan pada ruas Jalan. Industri Wendit Barat di Kabupaten Malang Penelitian ini menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index). Kerusakan yang terjadi di sepanjang pada Jalan. Industri Wendit Barat di kabupaten Malang penilaian kondisi jalan pada metode PCI adalah dengan merengking dari nilai 0-100 dilakukan perhitungan pada ruas pada Jalan. Industri Wendit Barat di Kabupaten Malang, sepanjang 1 km dengan metode PCI menghasilkan nilai PCI sebesar dengan kondisi perkerasan jalan baik (Good) maupun gagal (Failed).

Author Biographies

Fadila Rumra, Universitas Widyagama Malang

Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik

Aji Suraji, Universitas Widyagama Malang

Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik

Muhammad Cakrawala, Universitas Widyagama Malang

Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik

References

[1] F. Chasanah and D. A. Wijaya, “Evaluasi Tingkat Kerusakan Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci) Untuk Menentukan Prioritas Penanganan Pada Jalan Solo-Yogyakarta Km 43,8-44,8,” Proc. 19th Int. Symp. FSTPT, no. October, pp. 278–287, 2016.

[2] M. Fikri and A. A. Sarira, “Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (Studi Kasus Jalan Poros Latuppa-Bonglo),” J. Ilm. Ecosyst., vol. 23, no. 2, pp. 345–351, 2023.

[3] F. R. Yamali, E. Handayani, and E. E. Sirait, “Penilaian Kondisi Jalan dengan Metode Pci (Pavement Condition Index),” J. Talent. Sipil, vol. 3, no. 1, p. 47, 2020, doi: 10.33087/talentasipil.v3i1.27.

[4] M. Rondi, “Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga Dan Metode Pci (Pavement Condition Index) Serta Alternatif Penangananya,” Ilmiah, Publ., vol. 3, no. 20, pp. 1–19, 2016.

[5] S. Kasus, R. Jalan, S. T. A. Sta, L. G. J. Lalamentik, and J. E. Waani, “Analisa Kerusakan Jalan Dan Penanganannya Dengan Metode Pci ( Pavement Condition Index ),” vol. 8, no. 4, pp. 645–654, 2020.

[6] IRZAMI, “Penilaian Kondisi Perkerasan Dengan Menggunakan Metode Indeks Kondisi Perkerasan Pada Ruas Jalan Simpang Kulim – Simpang Batang,” Univ. Islam Riau Pekanbaru , vol. 1, no. 2, pp. 1–107, 2010.

[7] Siswoyo, Akhmad Maliki, and S. Soepriyono, “Identifikasi Kerusakan Jalan Metode Pci Studi Kasus Di Ruas Jalan Kabupaten Gresik,” Menara J. Tek. Sipil, vol. 19, no. 1, pp. 71–82, 2024, doi: 10.21009/jmenara.v19i1.37398.

[8] R. Santosa, B. Sujatmiko, and F. A. Krisna, “Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI dan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Ahmad Yani Kecamatan KapasKabupaten Bojonegoro),” Ge-STRAM J. Perenc. dan Rekayasa Sipil, vol. 04, no. 02, pp. 104–111, 2021.

[9] M. Anim and H. A. Vol, “Analisa Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pci Dan Asphalt,” vol. 8, no. 2, 2019.

[10] J. P. Setiawan, “Analisa Kerusakan Jalan Mengunakan Metode PCI ( Pavement Condition Index ) Pada Ruas Jalan Soekarno-Hatta Kabupaten Bungo,” vol. 3, pp. 2017–2028, 2023.

[11] R. Lailatul Jannah, H. Yermadona, and S. Dewi, “ANALISIS KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DENGAN METODA BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi kasus : Jl. Lintas Sumatera Km 203 - 213),” Ensiklopedia Res. Community Serv. Rev., vol. 1, no. 2, pp. 114–122, 2022, doi: 10.33559/err.v1i2.1134.

[12] D. N. Rachman and P. I. Sari, “Analisis Kerusakan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pci Dan Strategi Penanganannya (Studi Kasus Jalan Nasional Srijaya Raya Palembang Km 8+149 Sd Km9+149),” J. Tek. Sipil, vol. 10, no. 1, pp. 13–24, 2021, doi: 10.36546/tekniksipil.v10i1.456.

[13] Rusnani, Enita, Tukidi, and E. Haryanto, “Journal of Scientech Research and Development,” J. Sci. Res. Dev., vol. 3, no. 1, pp. 24–32, 2021, [Online]. Available: https://idm.or.id/JSCR/index.php/JSCR/article/view/14

[14] A. Suraji et al., “Effects of overloading commercial vehicles on road design life,” AIP Conf. Proc., vol. 3110, no. 1, p. 20007, Mar. 2024, doi: 10.1063/5.0204886.

[15] A. Suraji, A. Sudjianto, C. Aditya, R. Putra, and A. Rahman, Identification of Road Surface Defects Using Multiclass Support Vector Machine. 2023. doi: 10.1109/AiDAS60501.2023.10284716.

[16] A. Suraji, A. T. Sudjianto, and R. Riman, “Analysis of Road Surface Defects Using Road Condition Index Method on the Caruban-Ngawi Road Segment,” J. Sci. Appl. Eng., vol. 1, no. 2, 2018, doi: 10.31328/jsae.v1i2.887.

[17] R. Yahya, M. Yusri Bin Aman, A. Suraji, and A. Halim, “Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) Dan Surface Distress Indek (Sdi),” Conf. Innov. Appl. Sci. Technol. (CIASTECH 2019), no. Ciastech, pp. 355–362, 2019.

[18] E. P. Pasha, “Analisis Kerusakan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pci (Pavement Condition Index), Sdi (Surface Distress Index) Dan Iri (International Roughness Index) (Studi Kasus Jl. Widuri Sukorejo, Kota Blitar),” Eprints.Itn.Ac.Id, vol. 4, no. 2, pp. 153–162, 2020, [Online]. Available: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/7700

[19] M. P. Bulan, A. Suraji, and A. Tugas Sudjianto, “Identifikasi Kerusakan Jalan Perkerasan Kaku Untuk Program Preservasi Jalan,” Tek. Sipil, no. November 2021, pp. 4–6, 2021, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/361253987_IDENTIFIKASI_KERUSAKAN_JALAN_PERKERASAN_KAKU_UNTUK_PROGRAM_PRESERVASI_JALAN

[20] W. P. M. Anisa Gusnilawati, Yusfita Chrisnawati, “Analisis Penilaian Faktor Kerusakan Jalan Dengan Perbandingan Metode Bina Marga, Metode Pci (Pavement Condition Index), Dan Metode Sdi (Surface Distress Index),” J. Rekayasa Infrastruktur Sipil, vol. 15, no. 2, pp. 1–23, 2021.

Downloads

Published

2025-04-02