INOVASI USAHA KREATIF PRODUK OLAHAN IKAN TENGGIRI
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v1i1.696Keywords:
inovasi, usaha kreatif, ikan tenggiri, UKMAbstract
Tujuan pengabdian sebagai upaya dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya pengembangan bisnis usaha olahan ikan tenggiri bagi UKM yang lebih inovatif. Fokus pengelolaan usaha dalam hal pemasaran produk yang sekaligus merupakan masalah bagi sebagian besar UKM maka, perlu dilakukan upaya dalam memberikan jalan untuk mencari solusi dalam memasarkan produk. Metode yang dipergunakan adalah dengan pelatihan dan pendampingan 1) inovasi kemasan lebih inovatif dan kreatif berupa mika warna, mika bening, tampah, penataan bentuk prasmanan dan hantaran, serta kemasan siap antar; 2) Promosi melalui media online dalam bentuk instagram, whatsApp, melalui go food. Hasil yang dapat diperoleh berupa penambahan jumlah pelanggan dan pendapatan hasil usaha, semula dalam satu hari hanya mampu menjual 50 pack Siomay, sekarang bisa lebih dari 80 pack sampai 90 pack.References
Bodendorf, Freimut and Florian Lang. (2009). Automated Services for Market-Based Ecommerce Transactions. Proceedings of the International MultiConference of Engineers and Computer Scientists 2009 Vol I IMECS 2009, March 18 - 20, 2009, Hong Kong.
Ellya. (2015). Promosi Wisata Lebih Cepat Lewat Sosmed dan Media Sosial. http://beritajateng. net diakses tanggal 11 November 2016 pada jam 15.46 dari http://beritajateng.net/ promosi-wisata-lebih-cepat-lewat-sosmed-dan-media-sosial/.
Fensel, D. et all. (2001). Product Data Integration in B2B E-commerce, IEEE Intelligent Systems.
Jinling, Chang et all. (2009). Modeling E-Commerce Website Quality with Quality Function Deployment, IEEE International Conference on Deployment e-Business Engineering. 21-23 Oct. 2009.
Kotler, Philip Gary Armstrong. (2008), Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta
Maemunah, (2003). Hubungan status gizi dengan karakteristik siswa konsumsi makanan dan Pengetahuan Gizi siswa SMU Negeri 3 Jakarta Tahun 2002, Skripsi Depok: FKM UI.
Muthohar, Setyanova. 2004. Pemanfaatan Ikan Menjadi Makanan Olahan Akan Meningkatkan Daya Jual Hasil Perikanan Secara Langsung. Jakarta: Penebar Swadaya.
Winarni, Tri Agustine, Fronthea Swastawati, (2003). Pemanfaatan Hasil Perikanan sebagai Produk Bernilai Tambah (Value-Added) dalam Upaya Penganekaragaman Pangan, Jurnal Teknologi, dan Industri Pangan, Vol. XIV, No. 1, 2003. P. 74-81.
Syaferi. 2001. Pengaruh Penambahan Kaldu Udang dan Rajungan sebagai Flavour pada Pembuatan Siomay Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus). Skripsi. Jurusan Teknologi Hasil Perikanan. FPIK. IPB. Bogor
Quaddus, M. Jun Xu. (2008). Adoption of e-Commerce: A decision theoretic framework and an illustrative application .ICCIT 2008. 10th International Conference on Computer and Information Technology, 27-29 Dec. 2008.