PENGARUH PELATIHAN MODEL PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN KOMPREHENSIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP KEPEMIMPINAN REMAJA

Authors

  • Rahmaniah Ramadhani STIKES Widyagama Husada Malang
  • Frengki Apryanto STIKES Widyagama Husada Malang
  • Faridzatun Nafisah STIKES Widyagama Husada Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v7i1.6962

Keywords:

Kepemimpinan, komunikasi, pengetahuan, Sikap, Remaja

Abstract

Program kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terlaksana melalui kerjasama dengan mitra, yaitu SMKN 13 Malang. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan menumbuhkan potensi remaja menjadi pemimpin di organisasi, serta meningkatkan keterampilan komunikasi. Metode: ceramah, diskusi dan simulasi/ demonstrasi komunikasi dan kepemimpinan dilakukan melalui kegiatan roleplay berdasarkan kasus yang diberikan oleh pemateri, dan evaluasi hasil akhir. Data hasil pengabdian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan kepemimpinan dan komunikasi sebanyak 95%, sikap positif terhadap kepemimpinan 80%, serta potensi kepemimpinan pada remaja 80% baik dinilai pada saat kegiatan roleplay. Rata-rata skor pengetahuan sebelum kegiatan PKM 60, dan setelah kegiatan pengetahuan rata-rata 95. Sikap sebelum kegiatan 40% positif, dan 60% negatif, sebagian besar merasa tidak memiliki kemampuan menjadi pemimpin. Uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan pengaruh pelatihan terhadap pengetahuan (p-value=0,000) dan sikap (p-value=0,000). Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan kepemimpinan berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan nilai potensi kepemimpinan hampir semua remaja di SMKN 13 Malang baik. Diharapkan kegiatan ini akan menumbuhkan jiwa kepemimpinan remaja yang merupakan calon pemimpin masa depan.

Author Biographies

Rahmaniah Ramadhani, STIKES Widyagama Husada Malang

Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit

Frengki Apryanto, STIKES Widyagama Husada Malang

Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit

Faridzatun Nafisah, STIKES Widyagama Husada Malang

Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit

References

[1] A. Mukhlason, T. Winanti, and E. Yundra, “Analisa Indikator Smk Penyumbang Pengangguran Di Provinsi Jawa Timur,” J. Vocat. Tech. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 29–36, 2020, doi: 10.26740/jvte.v2n2.p29-36.

[2] H. Wibowo, A. C. Lesmana, A. M. Nugraha, B. Sekarningrum, and M. Irfan, “Praktik Pembangunan Sosial melalui Pelatihan Karakter Kepemimpinan pada Siswa SMK YPGU Sumedang Jawa Barat,” Sawala, vol. 4, no. 1, pp. 40–46, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.24198/sawala.v4i1.45189.

[3] R. A. Nasution, “Pelatihan Dasar Kepemimpinan ( Leadership ) Pada Anggota OSIS SMK Satrya Budi 2 Perdagangan Kab . Simalungun The Basic Training of Leadership On Member OSIS At SMK Sarta Budi 2 Perdagangan Simalungun District,” J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy. J. TUNAS, vol. 3, no. 1, pp. 147–151, 2021.

[4] A. Arafat, E. Mulyati, H. Hartono, and S. Asmiatiningsih, Kepemimpinan Adaptif Dan Responsif, 1st ed. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023.

[5] N. Nasichah, Y. Indriani, F. N. Fatah, and A. T. Putri, “Komunikasi Efektif Dalam Meningkatkan Kualitas Hubungan Interpersonal di Lingkungan Kelas BPI 4B UIN Jakarta,” J. Penelit. Ilmu - Ilmu Sos., vol. 1, no. 12, pp. 504–510, 2024.

[6] M. Al Amrie and W. Feber, “Peningkatan Kinerja Organisasi Melalui Pelatihan Kepemimpinan dan Teamwork Pada Karang Taruna Desa Bulu Perindu,” J. Inkam, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, 2022.

[7] P. P. Rahayu, “Membentuk Karakter Kepemimpinan Bagi Siswa Kelas XII SMKMarsudirini ST Fransiskus Semarang Forming,” J. Kabar Masy., vol. 1, no. 3, pp. 207–216, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JKB/article/view/646.

[8] Z. Zulfahmi, A. Saputra, and F. H. Lubis, “Pengembangan Diri Kepemimpinan Remaja dan Keterampilan Komunikasi di Kampung Sejahtera Kota Medan Pendahuluan,” PRODIKMAS, vol. 8, no. 1, pp. 15–19, 2023, doi: 10.30596/jp.v.

[9] I. Putranto, C. Eliyani, R. M. Yulianti, and S. Widodo, “Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Karang Taruna Kelurahan Pamulang Timur Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 23–38, 2020.

[10] E. Suzanna, Y. A. Anastasya, and I. Amalia, “Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMKN 5 Lhokseumawe,” Gotong Royong J. Pengabdian, Pemberdaya. Dan Penyul. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 43–49, 2022, doi: 10.51849/jp3km.v1i2.11.

[11] L. Anisah and Suwarji, “Pelatihan Leadership : Pengenalan Diri Guna Optimalisasi Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ) di Tingkat SMK,” J. Community Serv. Educ. Instr. Learn., vol. 1, no. 1, pp. 12–16, 2024.

[12] D. Rosdiana, “Pengembangan Sikap Kepemimpinan Siswa Melalui Pendidikan Kepramukaan Di SMK Ikhlas Jawilan Kabupaten Serang,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021.

Downloads

Published

2025-04-02