PENERAPAN DIVERSIFIKASI PRODUK PENJUALAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v7i1.6969Keywords:
KOPMA UWG, Kaos, Merchant, Modul Manajemen Keuangan, PendapatanAbstract
Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh anggota-anggotanya dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi ekonomi, sosial, dan budaya mereka. Salah satu bentuk implementasi kegiatan koperasi di Universitas adalah terbentuknya koperasi mahasiswa atau KOPMA. KOPMA adalah koperasi yang didirikan dan dikelola oleh mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi. Tujuan utama koperasi mahasiswa adalah untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan mahasiswa melalui berbagai layanan dan kegiatan. Namun seiring perjalanan usaha muncul beberapa masalah dalam kegiatan KOPMA yang mempengaruhi efektivitas dan keberhasilannya. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan solusi kepada mitra sesuai permasalahan yang dialami dengan memberikan inovasi produk penjualan untuk memperoleh tambahan pendapatan serta memperbaiki proses manajemen keuangan yang ada di dalam KOPMA. Luaran yang ditargetkan berupa inovasi produk penjualan yaitu merchant berupa kaos dengan identitas UWG serta modul manajemen keuangan sesuai standar akuntansi.References
[1] L. H. Nirmayani and I. N. Suastika, “Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Melalui Koperasi Mahasiswa,” J. Pendidik. Ekon. Undiksha, vol. 15, no. 1, pp. 46–54, 2023, doi: 10.23887/jjpe.v15i1.56901.
[2] G. B. B. Putra and N. N. A. Puspitadewi, “Strategi Peningkatan Pendapatan Di Koperasi Guna Artha Sebudi,” Pros. Nas., vol. 2, no. 1, pp. 128–132, 2023.
[3] S. Roza, “Analisis Peran Koperasi Dalam Meningkatkan Merlung,” vol. 2, no. 1, pp. 729–740, 2024.
[4] A. ASLAMIYAH and N. Nasrudin, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Koperasi Mahasiswa Di Banjarmasin,” JIEP J. Ilmu Ekon. dan Pembang., vol. 2, no. 1, p. 175, 2019, doi: 10.20527/jiep.v2i1.1164.
[5] F. Ariyantiningsih and R. A. Pramesthi, “Pelatihan Manajemen Koperasi Dalam Rangka Mengembangkan Fungsi-Fungsi Koperasi Sebagai Soko Guru Perekonomian Dalam Lingkup Mahasiswa Kopma Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Univeristas Abdurachman Saleh Situbondo,” Mimb. INTEGRITAS J. Pengabdi., vol. 2, no. 2, p. 541, 2023, doi: 10.36841/mimbarintegritas.v2i2.3294.
[6] M. Zaim, “Peran Koperasi Mahasiswa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ekonomi Anggota (Studi Pada Kopma UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta),” Li Falah J. Stud. Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 3, no. 1, p. 60, 2018, doi: 10.31332/lifalah.v3i1.1188.
[7] R. P. Putra and S. W. Iriananda, “Pengembangan Strategi Pemasaran Melalui Optimalisasi Media Sosial Pada Usaha Daun Rempah Catering,” Conf. Innov. …, no. Ciastech, pp. 51–58, 2021, [Online]. Available: http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/3293%0Ahttps://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/download/3293/1752.
[8] A. M. Suyono, O. Sinaga, and T. A. Anwar, “Perencanaan Bisnis Merchandise Resmi Univeristas Abc Dengan Menggunakan Timmons Model,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 5, no. 2, pp. 32–39, 2019, doi: 10.33197/jitter.vol5.iss2.2019.277.
[9] Hendra, “Kaos dan Representasi Identitas (Studi Alternatif Penyampaian Pesan Melalui Kaos Orang Poso),” Kinesik, vol. 7, no. 3, pp. 223–231, 2020.
[10] N. Utami, M. Y. Aditia, and B. N. Asiyah, “Penerapan Manajemen POAC ( Planning , Organizing , Actuating Dan Controlling ) Pada Usaha Dawet Semar Di Kabupaten Blitar,” vol. 2, no. 2, pp. 36–48, 2023, [Online]. Available: https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jekombis/article/view/1522/1506.
[11] S. Syhuri, “Implementasi POAC Pada Organisasi Koperasi dalam Mencapai Tujuan Koperasi (Studi Pada Koperasi BMT Maslahah Jawa Timur),” Innovative, vol. 1, no. 2, pp. 552–560, 2021.
[12] A. Hermawati, S. Bahri, and D. C. Dewi, “Penguatan Produktivitas Ukm Bengkel Las Melalui Kelayakan Manajerial Dan Implementasi Teknologi Di Kelurahan Merjosari Kota Malang,” 4th Conf. Innov. Appl. Sci. Technol. (CIASTECH 2021), vol. 5, no. 1, pp. 63–74, 2021.
[13] Y. P. Kristiutami, F. Ariesta, and S. P. Pirastyo, “Penerapan Diversifikasi Produk Sebagai Upaya Penanggulangan Pandemi Covid-19 Pada Kuswini Katering,” J. Pendidik. dan …, vol. 1, pp. 76–85, 2021, [Online]. Available: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpp/article/view/20633.
[14] D. Andriany, L. Bismala, Y. A. Putra, S. A. Saragih, R. B. A. Siregar, and R. D. Daulay, “Peningkatan Kapasitas Produksi Dan Pemasaran Teh Gaharu Dalam Diversifikasi Produk Gaharu Di Koperasi Cagar Jaga Nusantara, Kabupaten Langkat,” JPKM Unimed, vol. 29, no. 1, pp. 56–59, 2023.
[15] W. Budi Mahardhika and N. N. Sunariani, “Strategi Pemasaran Produk Makanan Catering Melalui Media Sosial Instagram,” J. Manaj. Bisnis, vol. 16, no. 1, p. 13, 2019, doi: 10.38043/jmb.v16i1.2015.