PENGUATAN LEGALITAS USAHA BAGI UMKM DI SUKOHARJO

Authors

  • Yoto Widodo Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Farida Nugrahani Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Sri Hartati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Betty Gama Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Joko Suryono Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Djatmiko Hidajat Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Agung Setyarini Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Made Wedaswari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Aziz Widhi Nugroho Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v7i1.6970

Keywords:

Sosialisasi, Penyuluhan, Legalitas Usaha, Manajemen Usaha

Abstract

Industri Rumah Tangga Usaha Mikro (IRT-UM) menjadi salah satu solusi peningkatan kesejahteraan Masyarakat. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat yaitu sebagai sarana memberikan  Penyuluhan Legalitas Usaha Bagi UMKM di Sukoharjo. Metode pelaksanaan program ini terdiri atas lima tahap. Pertama tahap Sosialisasi, meliputi paparan secara umum mengenai gambaran program. Tahap kedua, yaitu Penyuluhan (pemaparan materi dan diskusi khusus mengenai pentingnya memiliki usaha dan pengurusan perizinan berusaha). Tahap ketiga yaitu pelatihan inovasi produk, dimana IRT_UM binaan mendapatkan pelatihan secara langsung mengenai tata cara praktik pembuatan kripik jamur dan keripi tempe alakatak. Tahap keempat meliputi pelatihan sanitasi guna memberikan pemahaman menyeluruh terkait saluran higienis dslm proses produksi. Tahap kelima yaitu pendampingan usaha yang terdiri atas pembukuan, managerial, dan legalitas usaha basis makanan. Hasil kegiatan pengabdian ini Pelaku usaha mengetahui dan memahami urgensi memiliki legalitas berusaha berupa NIB (Nomor Induk Berusaha) dan SPP-IRT. Serta pelaku usaha mampu untuk meningkatkan penjualan dengan pemanfaatan media soaial terkini. Selain itu, tim univet mampu menjembatani pelaku usaha tersebut sehingga persoalan izin telah tuntas dan pelaku usaha sudah tidak lagi bergantung dengan tengkulak yang sudah punya nama untuk memperjualbelikan produknya

Author Biographies

Yoto Widodo, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Farida Nugrahani, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sri Hartati, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi S1 Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Betty Gama, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Joko Suryono, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

Djatmiko Hidajat, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Agung Setyarini, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi S1 Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian

Made Wedaswari, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi

Aziz Widhi Nugroho, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi S1 Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

References

[1] Maulana I, Widhiarso W, Dewi GS. Analisis Pengaruh Beban Kerja terhadap Tingkat Kelelahan Pekerja Industri Rumah Tangga Keripik Tempe. J INTECH Tek Ind Univ Serang Raya. 2023;9(1):33–41.

[2] Mulyati S. ANALISIS TINGKAT PENCAHAYAAN, SUHU DAN KELEMBABAN DI INDUSTRI RUMAH TANGGA (IRT) KERUPUK BARUNA DI KELURAHAN KEBUN TEBENG KOTA BENGKULU. J Nurs Public Heal. 2020;8(1):104–10.

[3] Dewi ST, Oxygentri O, Arindawati WA. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BITTERSWEET BY NAJLA DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN. J Ilm Muqoddimah J Ilmu Sos Polit dan Hummanioramaniora. 2022;6(2):438.

[4] Sutandi RJ, Naryoso A. Strategi Komunikasi Pemasaran Biscoff Coffee & Pastry Semarang Dalam Meraih Loyalitas Pelanggan. Interak Online. 2022;10(2):81–90.

[5] Lestari T, Damhudi D. Peran Media Penjualan Terhadap Pendapatan E-Commerce Pada Usaha Mikro. J Perspekt. 2021;19(2):150–7.

[6] Elizamiharti E, Nelfira N. Demokrasi Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Dalam Partisipasi Politik. J Ris Multidisiplin dan Inov Teknol. 2023;2(01):61–72.

[7] Sabahannur S, Alimuddin S, Nikmah H. Studi Pengaruh Suhu dan Lama Penggorengan Terhadap Kualitas Jamur Tiram (Pleurotus osteatus) dengan Penggorengan Vacum. AGRITEKNO J Teknol Pertan. 2021;11(1):1–8.

[8] Sukesti F, Janie DNA, Nurcahyono N, Khatik N, Handarsari E, Kristiana I, et al. Pendampingan Pengolahan Keripik Jamur di UKM Jamur Tiram, Desa Bengle, Kabupaten Boyolali. ABDIMASKU J Pengabdi Masy. 2023;6(2):610.

[9] Badan Pusat Statistik. Badan Pusat Statistik (BPS) 2022. Stat Indones 2022. 2022;1101001:790. Diakses pada hari Senin, 18 November 2024.

[10] Ahmad Jupri, dkk. 2021. Pentingnya Izin PIRT terhadap UMKM di Kelurahan Rakam untuk Meningkatkan Pemasaran Produk. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, ISSN:2655-5263

[11] Erick Agustinus, 2022. Sosialisasi Legalitas dan Manajemen Usaha Bagi UMKM di Tangerang Selatan, Universitas Pamulang:317-323.

[12] Tambunan, Toman Sony. 2023. Analisis peran pemerintah dalam mendukung UMKM naik kelas. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) Vol 1, No 2, Oktober . Hal 78

[13] (https://www.idntimes.com/business/economy/yunisda-dwi-saputri/pengertian-merek-menurut-para-ahli). Diakses pada hari Selasa, 19 November 2024, pukul 10.00 WIB

Downloads

Published

2025-04-02