PEMBERDAYAAN SANTRI PONDOK PESANTREN TRADISIONAL (PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING)

Authors

  • Saipul Wakit Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhamamdiyah Jember
  • Hairul Huda Fakultas Agama Islam, Universitas Muhamamdiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.31328/ciastech.v1i1.700

Keywords:

Kitab Kuning, Komputer Dan Pembelajaran

Abstract

Tujuan  dari program pengabdian  pada masyarakat ini adalah untuk mengembangkan pendidikan pondok pesantren di wilayah desa Mumbulsari, kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember agar  dapat  melakukan pendidikan secara produktif, efektif dan efisien sehingga menjadi santri yang mandiri. Tujuan  khusus  lainnya  adalah  membantu  menciptakan kesejahteraan  dan  kenyamanan  dalam  kehidupan  bermasyarakat  melalui  kegiatan  Pendidikan Life Skills. Target luaran yang diharapkan dalam kegiatan ini  adalah  Mitra sasaran paham keuntungan dan manfaat dalam pemanfaatan teknologi komputer kedalam pendidikan dan pembelajaran kitab kuning atau kitab tradisional lebih modern dan mudah. Selain itu, target luaran lainnya adalah berupa meningkatkan kemampuan manajemen pendidikan  dalam  pengelolaan  pembelajaran kitab klasik atau kitab kuning,  efisien  dan  efektif melalui penguatan manajemen (keteramplan) berusaha  dan kemampuan dalam mengakses teknologi secara baik.  Oleh  karena  itu,  metode  yang  akan  ditawarkan sebagai  bentuk  solusi  adalah  berupa  Panduan  Teknis  penggunaan teknologi komputer maupun proyektor yang inovatif  dan  adaptif  dengan  spesifikasi  standar;  serta  jasa  manajemen  pendidikan berbasis kinerja melalui pendekatan partisipatif dan inovatif. Sementara itu, rencana kegiatan yang diusulkan berupa rekayasa sosial-1 dan rekayasa sosial-2  melalui  pelatihan  teknik pengoperasian komputer dan  manajemen  pendidikan selama 4 hari. Selanjutnya memerlukan persiapan dengan mengkoordinasikan dengan pihak terkait  baik  kepada  pemerintah,  stake  holders,  dan  mitra.  Dalam  pelatihan  ada  materi praktek  langsung  proses  pemanfaatan teknologi komputer, baik secara individu maupun perwakilan dari peserta. Adapun hasil yang dicapai saat ini adalah peserta PKM atau mitra bertambahnya pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam menggunakan komputer dalampembelajaran kitab kuning. Peserta memahami kitab digital dalam bentuk aplikasi maktabah samilah, kamus digital yang dioperasikan secara mudah dan cepat. Disamping itu juga adanya luaran yang berupa produk dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat yaitu adanya buku pedoman pembelajaran dan buku dzikir yang di ketik menggunakan komputer dan di cetak menggunakan printer hasil dari keterampilan mengetik menggunakan font arabic.   Pasca  pelatihan,  mitra  wajib  menerapkan  hasil  pelatihan  pada  usahanya  yang didampingi oleh tenaga pendamping yang berasal dari mahasiswa. Tim pengusul melakukan monitoring  dan  evaluasi  untuk  menjamin  terhadap  proses  pelaksanaannya  sesuai  SOP  dan untuk mengetahui capaian indikator kinerja pelaksanaa program.

References

Masyuri, Azis. Kontribusi Pesantren Terhadap Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia, Makalah Seminar Nasional “Implementasi Akhlak Qur’aniâ€. Panitia MAN-V, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Bandung, 23 April 2002).

Mas’ud, Abdurrahman. 2002. Sejarah dan Budaya Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Solihin, Akhmad. 2015. Konsep Program Pendidikan Kecapan Hidup (Life Skillss). Pendidikan non Formal. Visi Universal pendidikan

Downloads

Published

2018-10-03

Issue

Section

Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Hukum, Sosial Humaniora, dan Pendidikan