KALKULUS MAPLE BAGI GURU MATEMATIKA SMK
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v1i1.701Keywords:
kalkulus, mapleAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan sebagi upaya untuk meningkatkan ketrampilan bidang teknologi dalam pembelajaran matematika melaului workshop pelatihan kalkulus maple bagi guru-guru matematika SMK. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di SMK Kabupaten Malang. Maple merupakan salah satu software matematika yang sering digunakan dalam pembelajaran matematika. Maple sangat membantu dalam penyelesaian perhitungan dan menggambar grafik matematika. Penggunaan maple dalam matematika dapat meningkatkan pemahaman, konsep matematik dan komunikasi matematik, terutama pada kalkulus. Jenis pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu berbentuk workshop pelatihan software maple dalam kalkulus yang meliputi menginstal maple, memberikan materi dan dialog interaktif dengan demonstrasi/simulasi/ praktik, dilanjutkan presentasi dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian berupa modul pembelajaran kalkulus dalam maple. Kalkulus maple dengan memaparkan penggunaan maple, baik perhitungan matematika maupun menggambar grafik matematika pada materi kalkukus. Kegiatan pengabdian dengan workshop pelatihan maple mendapat respon yang positif dari guru-guru matematika SMK dan hasil presentasi kalkulus maple dalam pembelajaran matematika dengan ketercapaian sangat baik,References
Edge, T S. (2008). Radius, Diameter, Circumference, π, Geometer’s Sketchpad, and You! (www.montanamath.org/TMME/TMMEv1n1a2. (Diakses 6 Pebruari 2017).
Furner, Yahya, and Duffy. (2008). 20 Ways to Teach Mathematics: Strategies to Reach All Students. (www.teachingstrategiesbyjen.com/Documents/Math. (Diakses tanggal 06 Februari 2017).
Kartono. (2005). Aljabar Linier, Vektor, dan Eksplorasinya dengan Maple. Yogyakarta: Graha
Marsitin, Retno. (2016) Pelatihan Software Matematika Maple Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Kanjuruhan Malang. 6 Agustus 2016
NCTM. (2001). Principle andStandards for School Mathematics. Reston VA: The National Council of Teachers of Mathematics.
Riana, F. (2007). Proses Belajar Mengajar Dengan Metode E-learning. http://media.diknas.go.id/media/document/4372.pdf (Diakses tanggal 17 Desember 2017).