PENGGILING BUMBU MULTI FUNGSI UNTUK EFISIENSI PRODUKSI BUMBU DAPUR ALAMI DI KELURAHAN BUMIAYU, MALANG

Elik Murni Ningtias Ningsih, . Sudiyono

Abstract

Kelompok masyarakat IRT Widya Aktiva di Kelurahan Bumiayu Kota Malang menjalankan usaha  produksi bumbu dapur alami. Tujuan kegiatan program kemitraan masyarakat untuk memberikan solusi permasalahan yang dihadapi oleh mitra IRT Widya Aktiva. Kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari (1).  Penyuluhan dan diskusi dengan materi produksi bumbu dapur alami, pengemasan, perijinan industri produksi rumah tangga, dan manajemen pengelolaan industri rumah tangga.  (2) Mendesign dan membuat penggiling bumbu multi fungsi (3). Demonstrasi dan pelatihan pemakaian alat penggiling bumbu multi fungsi, (4).  Pelatihan menyusun pembukuan sederhana. (6). Pendampingan produksi bumbu dapur alami secara periodik.  Luaran program pelaksanaan pengabdian yaitu (1) Penggiling bumbu multi fungsi untuk menghaluskan bumbu dapur alami, (2) Label kemasan botol  (3) Pembukuan  sederhana,   Alat penunjang proses produksi bumbu dapur alami penggiling multi fungsi yang telah didesign bersama mitra, pada penggilingan bumbu 5 kg dapat memberikan efisiensi waktu sebesar 160% dan biaya 50%.

Keywords

Penggiling bumbu Multi Fungsi; Efisiensi Produksi; Bumbu Dapur

Full Text:

PDF

References

Anonim. (2017). Alat pengolahan Bumbu (Online). Trsedia pada : https://www.alatpengolahan/penggilingbumbu.com/penggiling-bumbu/klmmm. (10 mei 2017)

Anonim. (2017). Autoklaf (Online). Trsedia pada : http://indonesian.alibaba.com /product-gs/quick-open-portable-autoclave-portable-sterilizer-yxq-sg46-280sa--60389200993.html?s=p (12 Mei 2017)

Adnan, M. (2010). Teknik Untuk Analisa Bahan Makanan. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Gaman, P.M. dan K.B. Sheringtn. (2012). Ilmu Pangan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Handewi, P.S.R., T.B. Purwantini, Y. Marisa. (2006). Prospek Diversifikasi Usaha Rumah tangga Dalam mendukung Ketahanan Pangan dan Penanggulangan Kemiskinan. Agro Ekonomi Jurnal. Vol. 24(1). 1–13.

Ray, C. 1996. Fundamental Food Microbiology. CRC Press. New York.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.