PENGARUH KOMPETENSI DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA KENDARI

Authors

  • wahid wahid
  • Muryati Muryati
  • Yekti Intyas Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.31328/jim.v5i2.1667

Keywords:

Kata kunci, Kompetensi, Dukungan Organisasi, Kinerja Pegawai.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan tujuan untuk mengetahui kompetensi dan dukungan organisasi secara simultan, parsial dan faktor dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Komisi Pemilihan Umum Kota Kendari. Penelitian menggunakan metode pendekatan survey yang bersifat ekplanatory. Populasi dan sampel penelitian ini adalah pegawai pada Komisi Pemilihan Umum Kota Kendari yang berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dan dukungan organisasi secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Komisi Pemilihan Umum Kota Kendari dalam penelitian ini dapat terbukti atau dapat diterima.Nilai koefisien beta yang distandarisasi variable dukungan organisasi lebih besar dibandingkan dengan nilai koefisien beta yang distandarisasi variable kompetensi. Hasil tersebut bermakna dukungan organisasi merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kinerja pegawai. Kata kunci: Kompetensi, Dukungan Organisasi, Kinerja Pegawai. Abstract: This study aims to determine the competence and organizational support simultaneously, partially and the dominant factors affecting the performance of employees at the General Election Commission of Kendari City. This research uses an explanatory survey approach. The population and sample of this research are 10 employees at the General Election Commission of Kendari City. The results showed that the competence and organizational support simultaneously and partially affect the performance of employees at the General Election Commission of Kendari City in this study can be proven or accepted. The beta coefficient value standardized by the organizational support variable is greater than the beta coefficient value standardized by competency variables. This result means that organizational support is the variable that has the most dominant influence on employee performance. Keywords: Competence, Organizational Support, Employee Performance.

References

DAFTAR RUJUKAN

Agustina, Hartiwi. 2012. Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi (Perceived Organization Support) Terhadap Kinerja Dosen Melalui Motivasi Kerja (Studi Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-STIE Palangka Raya). JSM (Jurnal Sains Manajemen) ISSN : 2302-1411 Program Magister Sains Manajemen UNPAR Volume I, Nomor 1, September 2012.

Beheshtifar, Malikeh, Hossein Borhani dan Mahmood Nekoie Moghadam. 2012. Destructive Role of Employee Silence in Organizational Success. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences November 2012, Vol. 2, No. 11.

Bernardin, John H., dan Russel, Joyce E. A. , Human Resources Managment: An Experiental Approach (Jakarta: Gramedia Pustaka, 1993).

Colakoglu, Ulker., Culha, Osman., dan Atay, Hakan. 2010. The Effects Of Perceived Organizational Support On Employees’ Affective. Tourism and Hospitality Management, Vol.16, No.2, PP.125-150.

Eisenberg, N., & Spinrad, T.L. (2004).Emotion- related regulation: Sharpening the definition. Child development. Vol. 75(2), 334-339.

Hailesilasie, G. 2009. “Determinants Public Employees’ Performance : Evidence from Ethiophian Public Organizationsâ€. International Journal of Productivity and Performance Management, Vol. 58, No.3,hal. 238-253.

Hartati. Iswahyu (2005) Jurnal Eksekutif. Pengaruh Kesesuaian Kompetemsi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Malang.

Haryati, Mimin. 2013. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Ismail, Rahmah and Syahida Zainal Abidin. 2010. Impact of workers’ competence on their performance in the Malaysian private service sector. Peer-reviewed & Open access journal ISSN: 1804-1205 | www.pieb.cz BEH - Business and Economic Horizons Volume 2 | Issue 2 | July 2010 |pp. 25-36.

June,S. and R.Mahmood. (2011),The Relationship Between Role Ambiguity, Competency and Person Job Fit With the Job Performance of Employees in The Service Sector SMEs in Malaysia Journal of Business Management Dynamics.

Miao, Rentao & Kim, Heung-Gil. (2010). Perceived Organizational Support, Job Satisfaction and Employee Performance: An Chinese Empirical Study. Journal Service Science & Management. 2010, 3, 257-264.

Moorman, Christine, Gerald Zaltham, dan Rohit Deshpande, 1992, “Relationships between Providers and Users of Market Research : The Dynamics of Trust within and between Organizationsâ€,.

Nasution ,Malisa, Siska 2009. Pengaruh Kesejahteraan Karyawan Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada PT Pangansari Utama Medan.

Pridarsanti, Komang Yuli dan Etna Nur Afri Yuyetta. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Studi Empiris pada Pegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan di Kota Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF ACCOUNTING Volume 2, Nomor3, Tahun 2013, Halaman 1 ISSN (Online): 2337-3806.

Rhoades & Eisenberger. 2002. Perceived Organization Support: A Review of The Literatur. Journal of Psychology, 87(4): 698-714.

Rofiatun dan Masluri. 2011. Pengaruh Iklim Organisasi dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Mediasi Motivasi Pada Dinas-dinas di Kabupaten Kudus. Jurnal Analisis Manajemen Vol. 5 No. 1 Juli 2011 ISSN : 14411-1799.

Salleh, F., Zaharah. D., Wan Amalina., dan Nur H. 2011. The Effect of Motivation on Job Performance of State Government Employees in Malaysia. International.Journal of Humanities and Social Science. Vol. 1 No. 4.

Setyaningdyah, Endang, et.al. 2013. The Effects of Human Resource Competence, Organisational Commitment and Transactional Leadership on Work Discipline, Job Satisfaction and Employee’sPerformance. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business. Vol 5, No 4. August 2013.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV.Alfabeta: Bandung.

Sutrisno. 2009,Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi,Edisi Pertama,Cetakan Ketujuh, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.

Wann-Yih & Htaik, S. 2011. The Impacts Of Perceived Organizational Support, Job Satisfaction, and Organizational Commitment On Job Performance In Hotel Industry. Taiwan: National Cheng Kung University Marketing.

Widyaningrum Diana Elma (2012).Strategi Pemasaran Kampung Batik Laweyan Solo. Tesis. Fakultas Ekonomi. Program Studi Magister Manajemen.Universitas Indonesia.

Widyatmini, dan Luqman Hakim. 2008. Hubungan Kepemimpinan, Kompensasi, dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kota Depok. Jurnal Ekonomi Bisnis No.2 Vol.13. Hal: 163-170.

Wikendari, Ulfah. 2010. Pengaruh Dukungan Organisasi dan Penilaian Kinerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai di Universitas Al Washliyah Labuhanbatu. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan Penelitian . Jakarta: Salemba Empat.

Yuliantini, Ni Putu Ayu, dkk. 2013. Determinasi Kompetensi, Komitmen, dan Dukungan Organisasi Terhadap Pengembangan Profesi Dosen di Lingkungan Yayasan Triatma Surya Jaya Badung. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 4 Tahun 2013).

Downloads

Published

2019-07-31