PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP KINERJA KOPERASI DENGAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KOPERASI PONDOK PESANTREN AL-YASINI PASURUAN

Muhammad Asari Hasan, Muryati Muryati, sodik sodik

Abstract

Abstrak

Bukti empiris yang diperoleh adalah tujuh hipotesis yang diajukan semuanya terbukti. Artinya, kualitas layanan yang baik maupun kepuasan anggota yang semakin baik mampu meningkatkan partisipasi anggota ataukah terhadap kinerja anggota, baik secara langsung maupun melalui mediasi partisipasi anggota. Kualitas layanan yang meningkat seperti fasilitas fisik kopontren dan kapasitas  dari karyawan menjadi perhatian utama. Kepuasan Anggota ditunjukkan diantaranya keberadaan kopontren  menyamai bahkan melebihi dari yang diharapkan anggota koperasi. Kinerja kopontren, diantaranya anggota koperasi percaya dengan jaminan produk kopontren disamping karyawan yang responsif didalam melayani, sehingga cenderung melakukan transaksi ulang bahkan merekomendasikan kepada pihak lain. Selain itu, SHU (Sisa Hasil Usaha) yang lebih besar dan jumlah anggota yang semakin banyak menjadi salah satu stimulus kepuasan anggota koperasi. Hasil ini didukung oleh statistik deskriptif yang rata-rata tinggi.

 

Kata kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Anggota, Kinerja Koperasi, Partisipasi Anggota

 

Abstract
The empirical evidence obtained is that the seven hypotheses put forward are all proven. This means that good service quality and better member satisfaction are able to increase member participation or members' performance, either directly or through mediating member participation. Improved service quality, such as the physical facilities for the co-operative and the capacity of employees is a major concern. Member satisfaction is shown, among others, the existence of the cooperative equals or exceeds what members of the cooperative expect. Kopontren performance, including cooperative members believe in the guarantee of kopontren products in addition to employees who are responsive in serving, so they tend to make repeat transactions and even recommend to other parties. In addition, a larger SHU (remaining business results) and an increasing number of members are one of the stimuli for the satisfaction of cooperative members. These results was supported by descriptive statistics which are high averages.

 

Keywords: Service Quality, Member Satisfication, Cooperative Performance, Member Participation

Keywords

Kata kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Anggota, Kinerja Koperasi, Partisipasi Anggota

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF view : 2 times

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

_____, Al Qur’an, https://ayatalquran.net/2014/12/al-quran-terjemah-bahasa-indonesia/ (Diakses 24 Pebruari 2019).

_____, Depdikbud. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

_____, S.K Menteri Keuangan RI No.740/KMK.00/1989, https://www.hukumonline .com/pusatdata/detail/25236/node/71/keputusan-menteri-keuangan-no-740_kmk.00_1989-tahun-1989-peningkatan-efisiensi-dan-produktivitas-badan-usaha-milik-negara (Diakses 24 Pebruari 2019).

_____, Undang-Undang Dasar 1945, https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/1945/UUD TAHUN~1945UUD.HTM (Diakses 24 Pebruari 2019).

_____, UU No. 25 tahun 1992 tentang Perkoperasia.

_____, UU No.17 tahun 2012 tentang pengembangan dan pemberdayaan koperasi

A A. Mangkunegara Prabu Anwar, 2006, Ehaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Refika Aditama

A.A Anwar Prabu Mangkunegara, tahun 2006, Perencanaan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia, Pen. PT Refika Aditama

Agus Eko Sujianto, (2012), Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Kinerja Koperasi Pondok Pesantren di Kabupaten Tulungagung, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) Vol 19, No 2 (2012), hlm. 138-149.

Aji, 2011, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kineria Koperasi Pondok Pesantren resis, tidak diterbitkan. Jombang, Universitas Darul Ulum.

Arifin Sitio dan Tamba Halomoan. 2001. Koperasi : Teori dan Praktik.Jakarta : Erlangga

Arikunto, (2002). Arifin Sitio dan metodologi penelitian. Jakarta. Salemba empat. Tamba Halomoan. 2001. Koperasi: Teori dan Jakarta: Empat) Pra

Baihaqi, 2006. Analisis Kualitas Layanan, dan Keunggulan Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Mina Membeli Kasus: Pada Auto Bridal Semarang. Tesis, tidak dipublikasikan Universitas Diponegoro Semarang,

Baswir, Revrisond. 2000. Koperasi Indonesia. Edisi Pertama. Yogakarta: BPFE UGM.

Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis Dengan SPSS, Salatiga STAIN Press, Salatiga.

Burgin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Edisi Pertama, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Davis, Duane dan Cosenza, Robert M. 1993. Business Research for Decision Making, 3rd Edition. Bellmonte, Calis: Wadsworth.

Djazh, Dahlan, 1977, Pengtahuan Perko Jakarta: PN Balai Pustaka) hlm. 26,27 prasian Furtwengler, Dale, 2002, Penilaian Kineria. Yogyakarta: DAN).

Furtwengler, Dale. 2002. Penilaian Kinerja : Menguasai keahlian yang Anda perlukan dalam dalam sepuluh menit. Yogyakarta: Andi.

Ghozali, I. 2008. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square, Edisi 2, Badan Penerbit-Undip, Semarang.

Gronroos, C. (2005). Service Management and Marketing: Managing the Moment of Truth in Service Competition. Massachusetts: Lexington.

Gronroos, C. (2005). Service Management and Marketing: Managing the Moment of Truth in Service Competition. Massachusetts: Lexington.

H.A.R Tilaar (2009). Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta

Hendar & Kusnadi, 1999. Ekonomi Koperasi, Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia)

Hendrojogi, 2007. Koperasi Asas-asas, Teori Dun Praktik, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, h, 342

Heni Wahyu Mulyani (2013), Pengaruh Kualitas Pelayanan Koperasi Dan Citra Koperasi terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Di Kud Mekar Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang Tahun 2012/2013, Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Heri Nurranto dan Firdaus Budhy Saputro (2015), Pengukuran Tingkat Partisipasi Anggota Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Koperasi, SOSIO e-KONS Vol.7 No.2 Agustus 2015, hlm 111-127

Hermawan. 2007. Meningkatkan Kinerja Pemasaran alitas PT. Mizan Pustaka.

Hidayati, Nur 2006, Pengaruh Kualitas dan Kemampuan Terhadap Kinerja Koperasi Pegawai Republik Indonesia di Kota Malang. Disertasi tidak dipublikaiskan Surabaya, Doktoral univcrsitas Airlangga Surabaya Kertajaya

Irawan, Basu, Swastha DH.. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke-tigabelas, Yogyakarta: Liberty Offset,

Jerker Nilssona, Anna Kihlénb and Lennart Norellc (2009), Are Traditional Cooperatives an Endangered species? About Shrinking Satisfaction, Involvement and Trust, International Food and Agribusiness Management Review Volume 12, Issue 4, 2009. P. 101-122

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta. Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi 11.0akarta: PT. Indeks)

Kotler. P. (2006). Manajemen Pemasaran; Analisa Perencanaan lmplikasi dan Kontrol Jilid I. PT. Prennalindo Jakarta Lupiyoadi, Rambat, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Salem Mic. Kenna. R. 1991. Relationship Marketing, sukses strategis untuk kepentingan umum

Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktek). Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat, Depok.

Mark Hhansen,J.LMorrowJr., Juan Cbatista, The impact of trust on cooperative membership retention, performance, and satisfaction: an exploratory study, The International Food and Agribusiness Management Review, Volume 5, Issue 1, 2002, Pages 41-59

Mulyani (2013). Kualitas Pelayanan Koperasi dan Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening di KUD Mekar Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang, Skripsi, tidak dipublikasikan Universitas Negeri Semarang,

Munkner, Hans-H (1997), Cooperative Ideas, Principle and Practice, Marburg, German.

Ni Nyoman Ayu Rani Tri Astuty dan Ni Nyoman Yuliarmi, (2015), Pengaruh Jasa Pelayanan Dan Variasi Produk Terhadap Partisipasi Anggota Dan Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Serba Usaha Di Kecamatan Denpasar Selatan, E-Jurnal EP Unud, 4[9]: 1083-1109 ISSN: 2303-0178, hlm. 1083-1109

Pandji, Anoraga dan Ninik Widiyanti. 2007. Dinamika Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta dan Bina Adiaksara.

Peter Österberg, Jerker Nilsson (2009), Members' perception of their participation in the governance of cooperatives: the key to trust and commitment in agricultural cooperatives, Agribusiness An International Journal/ Volume25, Issue2 Spring 2009 Pages 181-197

Purnama, Nursya’bani (2006). Manajemen Kualitas, Perspektif Global; Ekonisia; 2006; Yogyakarta

Rangkuti, Freddy. (2003). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Sanjib Bhuyan, (2007), The “People” Factor in Cooperatives: An Analysis of Members' Attitudes and Behavior, Canadian Journal of Agricultural Economics/Revue canadienne d'agroeconomie (CJAE) Volume55, Issue3, September 2007, Pages 275-298.

Shemwell; Dinald J, Ugur Yavas and Zeynep Bilgin, 1998.”Customer –Service Provider Realtionship : An Empirical Test of a Model of Service Quality, Satisfaction and Relationship – Oriented Outcomes”. International Journal of Service Industry Management Vol. 9, No.2;p.155-168.

Sobandi, Baban dkk. 2006. Desentralisasi dan Tuntutan Penataan. Kelembagaan Daerah. Bandung

Sugiyah (2001). Klasifikasi Partisipasi .http://Sacafirmansyah.wordpress.com/ 2009/06/05. (Diakses 24 Pebruari 2019).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supranto, 2011, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta, 230,243

Suryadi, Ace dan Dasim Budimansyah.2009. Paradigma Pembangunan Pendidikan Nasional Konsep, Teori dan Aplikasi Dalam Analisis Kebijakan Publik. Widya Aksara Press. Bandung

Sutrisno, Dwi Cahyono, Nurul Qomariah (2017), Quality Analysis Of Service, Trust And Cooperation Image On Satisfaction And Loyalty Of Members, JSMBI Vol. 7 No. 2 December, p. 157-174

Syarbani Hasyim, 2012. Analisis Pengaruh Partisipasi Santri Komitmen Dan Kemampuan Berinovasi Terhadap Kinerja Koperasi Pondok Pesantren Di Kota Semarang, Economica Volume Ii / Edisi 2/ Nopember 2012, Hlm. 27-41

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat

Wibisono, Darmawan. 2011. Manajemen Kinerja Organisasi Korporasi dan Organisasi Paduan Penyusunan Indicator. Jakarta: Erlangga.

Widiyanti, Ninik, 2006. Koperasi dan perekonomian Indonesia, Jakarta: Bina Aksara

Yamit, Zulian (2005). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisia, Jakarta.

Yuanira Oktariana, Achmad Fauzi, Srikandi Kumadji (2012), Faktor-Faktor customer Relationship management (Manajemen Hubungan Pelanggan) Dalam mewujudkan kepuasan Anggota Dan Dampak nya Terhadap Loyalitas Anggota (Survey pada Anggota Koperasi Nusantara Cabang Malang di Kantor Pos Besar Malang), Vol 6, No 2 (2012). Profit Jurnal Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya, hlm 149-162

https://etalasepustaka.blogspot.com/2016/08/pengertian-indikator-kepuasan-pelanggan -menurut-para-ahli.html

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwj07PqP99DhAhXe6XMBHXqEB4sQFjABegQIARAC&url=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F41208%2F1%2FSKRIPSI%2520FULL_10404241037_BILLY%2520WIDOERA%2520KHARISMA.pdf&usg=AOvVaw0Uodzil4V9g0w3iAG2CJXL

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjJx6zt8tDhAhWIvo8KHV2UARkQFjACegQIARAC&url=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F47137%2F1%2FSkripsi%2520Latifah%2520Nur%2520Aini.pdf&usg=AOvVaw3hSeFmdbjQKv6PE2ine2tB

Refbacks

  • There are currently no refbacks.