Editorial Policies

Focus and Scope

JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada Masyarakat luas dan sebagai sumber referensi akademisi di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.

Jurnal JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) menerima artikel ilmiah dengan lingkup penelitian pada:

  • Sistem Agen dan Sistem Multi-Agen
  • Analisis & Desain Sistem Informasi,
  • Kecerdasan Buatan,
  • Big Data dan Data Mining,
  • Komputasi Cloud & Grid,
  • Kriptografi & Steganografi,
  • Sistem Pendukung Keputusan,
  • E-Bisnis, E-Learning,
  • Sistem Tertanam (Embedded System) & Mikrokontroler,
  • Sistem Perusahaan,
  • Interaksi Komputer Manusia,
  • Pengolahan Citra & Visi Komputer,
  • Teori Informatika, Sistem Informasi,
  • TI untuk Pendidikan, TI untuk Industri, TI untuk Komputasi Kimia,
  • Komputer & Komunikasi Jaringan & Data,Sistem Sumber Terbuka (Opensource)
  • Semantic Web, Web Mining, Text Mining, Web Development
  • Jejaring Sosial & Aplikasi,
  • Soft Computing, Rekayasa Perangkat Lunak, Perangkat Lunak Kewiraswastaan, Teknik Web, dan Komunikasi Nirkabel,dll

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

JOINTECS menerapkan kebijakan proses peninjauan/review sebagai berikut :

1. Naskah yang dikirim author, akan melewati proses review oleh editor, terutama pengecekan kesesuaian naskah dengan ruang lingkup jurnal dan kesesuaian dengan template Jurnal. Dalam proses ini, editor akan menjalin komunikasi dengan penulis sehingga naskahnya layak dikirim ke Reviewer atau bahkan dikembalikan/decline.
2. Naskah yang telah melewati langkah 1 diatas, maka dikirim ke 2 orang reviewer untuk ditinjau kontennya dengan metode blind review.
3, Proses peninjauan akan mempertimbangkan kebaruan, objektifitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi.
4. Reviewer akan menyarankan perbaikan dan atau penerimaan/menolak artikel.
5. Editor akan memutuskan dengan mempertimbangkan saran dari reviewer apakah naskahnya memenuhi persyaratan JOINTECS.
6. Keputusan editor adalah final.

 

Publication Frequency

Mulai Tahun 2018, JOINTECS terbit secara berkala sebanyak tiga kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan September.

 

Open Access Policy

Jurnal JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) ISSN 2541-6448(Online) dan ISSN 2541-3619 (Cetak) menyediakan akses terbuka (Open access) seketika terhadap kontennya dengan berpegang pada prinsip bahwa dengan membuat penelitian tersedia secara bebas bagi publik akan mendukung pertukaran pengetahuan secara global. Artikel yang dinyatakan diterima akan tersedia dan bebas diunduh pada laman:
https://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/jointecs

 

Archiving

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan memungkinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan restorasi. Selanjutnya...

 

Publication Ethic

Pernyataan etika publikasi ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis (author). Kode Etika Publikasi Ilmiah pada intinya menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi.

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan dewan editor.
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, pengarang/penulis, editor, maupun mitra bestari.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada pengarang/penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
  7. Membuat panduan kode berperilaku bagi editor dan mitra bestari.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.
  11. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Editor

  1. Mempertemukan kebutuhan pembaca dan pengarang/penulis,
  2. Mengupayakan peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan,
  3. Menerapkan proses untuk menjamin mutu karya tulis yang dipublikasikan,
  4. Mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif,
  5. Memelihara integritas rekam jejak akademik pengarang,
  6. Menyampaikan koreksi, klarifikasi, penarikan, dan permintaan maaf apabila diperlukan,
  7. Bertanggung jawab terhadap gaya dan format karya tulis, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis adalah tanggung jawab pengarang/penulis,
  8. Secara aktif meminta pendapat pengarang, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan mutu publikasi,
  9. Mendorong dilakukannya penilaian terhadap jurnal apabila ada temuan,
  10. Mendukung inisiatif untuk mengurangi kesalahan penelitian dan publikasi dengan meminta pengarang melampirkan formulir Klirens Etik yang sudah disetujui oleh Komisi Klirens Etik,
  11. Mendukung inisiatif untuk mendidik peneliti tentang etika publikasi,
  12. Mengkaji efek kebijakan terbitan terhadap sikap pengarang/penulis dan mitra bestari serta memperbaikinya untuk meningkatkan tanggung jawab dan memperkecil kesalahan,
  13. Memiliki pikiran terbuka terhadap pendapat baru atau pandangan orang lain yang mungkin bertentangan dengan pendapat pribadi,
  14. Tidak mempertahankan pendapat sendiri, pengarang atau pihak ketiga yang dapat mengakibatkan keputusan tidak objektif,
  15. Mendorong pengarang/penulis, supaya dapat melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.

Tugas dan Tanggung Jawab Mitra Bestari

  1. Mendapat tugas dari editor untuk menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan.
  2. Penelaah tidak boleh melakukan telaah atas karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak 
  3. Menjaga privasi pengarang dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi dengan memberikan kritik, saran, masukan, dan rekomendasi
  4. Mendorong pengarang/penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis
  5. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  6. Karya tulis ditelaah secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain.).

Tugas dan Tanggung Jawab Pengarang/Penulis

  1. Memastikan bahwa yang masuk dalam daftar pengarang/penulis memenuhi kriteria sebagai pengarang/penulis.
  2. Bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan rinciannya.
  3. Menyatakan asal sumber daya (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Menjelaskan keterbatasan-keterbatasan dalam penelitian
  5. Menanggapi komentar yang dibuat oleh para mitra bestari secara profesional dan tepat waktu.
  6. Menginformasikan kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya.
  7. Membuat pernyataan bahwa karya tulis yang diserahkan untuk diterbitkan adalah asli, belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain.


 

Biaya Publikasi

Untuk Submit dan Review Manuskrip adalah Bebas Biaya, namun Jika manuskrip Anda diterima untuk dipublikasikan, Anda diminta membayar guna menutupi biaya publikasi, sejumlah Rp. 250.000,-. Namun, Jika Anda tidak memiliki dana untuk membayar biaya tersebut, Anda memiliki kesempatan untuk membebaskan setiap biaya, dengan menyertakan alasan yang diterima editor dan tentunya hal ini hanya diberikan terhadap naskah yang dinilai berkualitas oleh editor, karena Kami tidak ingin karena biaya mencegah publikasi karya yang layak.

Biaya dikirim ke Rek. Pengelola Jurnal JOINTECS :
a.n. Aviv Yuniar Rahman
Bank BCA,
No. Rek : 3890460894

Untuk memudahkan identifikasi, mohon konfirmasi dan kirimkan bukti transfer ke email : aviv@widyagama.ac.id dengan Subjek : Biaya Jurnal + Judul jurnal

 

Pernyataan Open Akses

JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) ISSN 2541-6448(Online) dan ISSN 2541-3619 (Cetak) menyediakan akses terbuka (Open access) seketika terhadap kontennya dengan berpegang pada prinsip bahwa dengan membuat penelitian tersedia secara bebas bagi publik akan mendukung pertukaran pengetahuan secara global. Artikel yang dinyatakan diterima akan tersedia dan bebas diunduh pada laman:
https://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/jointecs

 

Sejarah Jurnal

JOINTECS memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Mulai Tahun 2018, Frekuensi terbitan JOINTECS sebanyak 3 (tiga) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari, Mei, dan September dengan versi cetak p-ISSN: 2541-3619 dan versi elektronik dengan sistem OJS dengan e-ISSN: 2541-6448 (media online).

Setiap naskah yang masuk, proses review, editing, sampai dengan publikasi dan semua yang berhubungan dengan sistem pengelolaan menggunakan Open Journal Sistem (OJS). Mulai terbitan Edisi Vol 3 No 1 Januari 2018, JOINTECS terakreditasi Sinta 4 dari RISTEKBRIN. JOINTECS terus memperbaiki manajemen dan subtansi dengan hadir Template JOINTECS 2020. 

 

Panduan Penulis

Panduan Penulis

Silakan siapkan manuskrip Anda sebelum dikirim, dengan menggunakan panduan berikut dan klik link ini untuk mendownload template manuskrip.

Judul

Judul Ditulis dengan Font Times New Roman 15, (Max 12 Kata: Bahasa Indonesia)

Penulis1, Penulis2, (Maksimal 3 atau 4 orang tergantung panjang nama yang tidak melebihi satu baris)

1Jurusan/Program Studi, fakultas, institusi
2Jurusan/Program Studi, fakultas, institusi
1Jointecs@widyagama.ac.id,2Jointecs@widyagama.ac.id

Judul harus jelas dan singkat. Judul  tidak memuat lokasi tertentu dan kata perancangan atau rancang bangun. Hanya huruf awal judul saja yang menggunakan huruf besar dan tidak cetak tebal. Nama penulis dan afiliasinya seperti yang tertulis diatas. Nama penulis ditulis secara jelas tanpa gelar. Penomoran heading dengan sistem Arabic dengan sub-heading maksimal hingga 3 tingkat. Penulisan afiliasi dari Jurusan/Program Studi yang sama semua, maka superscript tidak perlu dituliskan.

Abstrak [Times New Roman 10]

Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, maksimal 200 kata dalam bahasa Inggris dan 250 kata dalam bahasa Indonesia. Abstrak ditulis dengan Times New Roman 10, spasi 1, 1 paragraf, bercetak miring untuk abstract [english) dan cetak lurus (indonesia)  dan dengan format satu kolom.

Kata Kunci

kata kunci dituliskan dalam 3-5 kata yang sebaiknya merupakan subset dari judul makalah, ditulis dengan menggunakan huruf kecil kecuali untuk singkatan, dan dipisahkan dengan tanda baca titik koma untuk antar kata.

contoh :  Kata Kunci : Teknologi Informasi; Ilmu Komputer; Sistem Komputer; Sistem Informasi, rekaya perangkat lunak [maksimal 5 kata kunci]

Struktur Manuskrip

Artikel hendaknya memuat tulisan yang berisi 1. Pendahuluan, 2. Metode Penelitian (bisa meliputi analisis, arsitektur, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah, implementasi), 3. Hasil dan Pembahasan, 4.Kesimpulan, 5. Ucapan terimakasih (kalau ada) dan Daftar Rujukan. Sub Judul menggunakan huruf times New Roman 10 cetak tebal.

Isi dari pendahuluan adalah jawaban atas pertanyaan : a. Latar belakang, b. Tinjauan literatur singkat, c. Alasan diadakan penelitian ini, d. Pertanyaan tujuan.

Metodologi Penelitian

Jelaskan metode preparasi dan teknik karakterisasi yang digunakan. Jelaskan dengan ringkas, tetapi tetap akurat seperti ukuran, volume, replikasi dan teknik pengerjaan. Untuk metode baru harus dijelaskan secara rinci agar peneliti lain dapat mereproduksi percobaan. Sedangkan metode yang sudah mapan bisa dijelaskan dengan memetik rujukan.

Panjang Naskah

Naskah ditulis dalam ukuran kertas A4 dengan jumlah halaman minimum 6 halaman, maksimum 15 halaman, termasuk tabel dan gambar, serta dengan mengacu tata cara penulisan seperti telah yang disusun pada tulisan ini.

Tabel

Tabel harus diberi nomor sesuai urutan presentasi (Tabel 1, dst.). Judul tabel ditulis diatas tabel dengan posisi rata tengah (center justified). Font yang dipakai berukuran 8pt baik judul tabel maupun isi tabel. Tabel harus diacu dan dirujuk dalam text.

Gambar

Gambar diberi nomor sesuai urutan presentasi (Gambar.1, dst.). Judul gambar yang diletakkan dibawah gambar dengan posisi tengah (centre justified). Font yang dipakai dalam judul gambar berukuran 8pt. Gambar harus diacu dan dirujuk dalam text.

Spesifikasi Halaman

Gunakan tipe huruf Times New Roman pada seluruh naskah, dengan ukuran huruf seperti yang telah dicontohkan pada panduan penulisan ini. Jarak spasi adalah single dan isi tulisan atau naskah menggunakan perataan kiri-kanan (justified).

Ukuran halaman adalah A4 (210 mm x 297 mm). Margin halaman adalah 25 mm atas-bawah, kiri dan  kanan.

Cara mudah menulis naskah adalah dengan menulis langsung di template Jurnal.

Pustaka

Penulisan pustaka menggunakan system IEEE Referencing Standard. Disarankan menggunakan tools Mendeley/endnote/zotero. Semua yang tertera dalam daftar pustaka/rujukan harus dirujuk dalam tulisan atau paper. Minimal 15 referensi dari acuan primer Jurnal dan terbaru minimal 5 tahun dari sekarang

 

Panduan Submit

Panduan Submit

Berikut ini langkah-langkah untuk submit naskah di JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science):

1. Lakukan Register terlebih dahulu, klik di sini.
2. Kemudian Download Templatenya di sini.
3. Sesuaikan naskah Anda dengan format Template JOINTECS. Jika sudah, silahkan login di sini, lalu Submit Naskah anda dengan meng-klik link Start New Submission. Ikuti panduan yang tampil di website hingga selesai. Banyak kesalahan fatal dari Author adalah tidak membaca dengan baik panduan di TEMPLATE. Oleh karena itu, sebelum submit, silahkan cek dan ricek lagi Naskah Anda, pastikan sudah mengikuti Panduan Template. JANGAN MENGIRIM/SUBMIT NASKAH YANG TIDAK SESUAI TEMPLATE. Untuk beberapa alasan, naskah yang tidak sesuai template terkadang langsung di REJECT dan/atau Minta di perbaiki jika kesalahannya minor
4. Jika sudah, maka naskah Anda akan segera di cek oleh Editor, dan akan direview oleh reviewer yang kompeten.
5. Untuk mencek status naskah Anda, silahkan login ke website. Semua aktifitas di Jurnal ini berbasis web. termasuk proses review.
6. Jika ada yang ditanyakan ke editor, gunakan menu diskusi yang tersedia dihalaman website setelah Anda login.
7. Jika setiap progress Anda tidak direspon setelah maksimal 1 minggu, silahkan email ke aviv@widyagama.ac.id dengan menyebutkan nama dan judul naskahnya.

Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk naskah Anda lebih baik.