Pendampingan Pengemasan dan Pemasaran Pasca Panen Pada Kelompok Tani “Tani Maju 01†di Bumiaji, Kota Batu
DOI:
https://doi.org/10.31328/js.v3i2.1603Keywords:
Pendampingan, Merek, Kemasan, Pemasaran dan Kelompok TaniAbstract
Pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan  kepada kelompok tani di Desa Tulungrejo Bumiaji Kota Batu  akan pentingnya pengetahuan mengenai merk dan kemasan. Hasil identifikasi lapang ditemukan kurangnya pemahaman tentang pentingnya kemasan dan merek dalam proses produksi sebuah produk. Metode pendampingan yang digunakan adalah metode klasikal dengan pendekatan diskusi/tanya jawab dan simulasi dengan maksud agar pendampingan dapat diterima oleh peserta dengan baik serta. Luaran dari pengabdian ini adalah mitra mampu melakukan proses pengemasan dengan bantuan alat wrapping serta memberikan merek/ pelabelan untuk meningkatkan nilai jual hasil panen menjadi lebih baik.ÂReferences
Erlangga.
Mujirin, M. Y., Abidin, A. E., & Sulaeman. (2018). Sosialisasi Pengemasan Kue Tradisional di Desa Sepabatu, Kec. Tinabung, Kab. Polewali Mandar. RESONA.
Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251
Riyanto, D. W. U., Lestari, N. P., & Roz, K. (2019). Pengembangan Aspek Pemasaran Industri Tahu Sutra Desa Beji Kota Batu. Jurnal SOLMA, 8(1), 139. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.3071
Wirya, I. (1999). Kemasan Yang Menjual. Menang Bersaing Melalui Kemasan. (Cetakan Pe). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Additional Files
Published
2020-09-14
Issue
Section
Articles