Pendampingan Pengemasan dan Pemasaran Pasca Panen Pada Kelompok Tani “Tani Maju 01” di Bumiaji, Kota Batu

Authors

  • Kenny Roz Universitas Muhammadiyah Malang
  • Chalimatuz Sa'diyah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Luqman Dzul Hilmi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/js.v3i2.1603

Keywords:

Pendampingan, Merek, Kemasan, Pemasaran dan Kelompok Tani

Abstract

Pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan  kepada kelompok tani di Desa Tulungrejo Bumiaji Kota Batu  akan pentingnya pengetahuan mengenai merk dan kemasan. Hasil identifikasi lapang ditemukan kurangnya pemahaman tentang pentingnya kemasan dan merek dalam proses produksi sebuah produk. Metode pendampingan yang digunakan adalah metode klasikal dengan pendekatan diskusi/tanya jawab dan simulasi dengan maksud agar pendampingan dapat diterima oleh peserta dengan baik serta. Luaran dari pengabdian ini adalah mitra mampu melakukan proses pengemasan dengan bantuan alat wrapping serta memberikan merek/ pelabelan untuk meningkatkan nilai jual hasil panen menjadi lebih baik. 

References

Erlangga.

Mujirin, M. Y., Abidin, A. E., & Sulaeman. (2018). Sosialisasi Pengemasan Kue Tradisional di Desa Sepabatu, Kec. Tinabung, Kab. Polewali Mandar. RESONA.

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251

Riyanto, D. W. U., Lestari, N. P., & Roz, K. (2019). Pengembangan Aspek Pemasaran Industri Tahu Sutra Desa Beji Kota Batu. Jurnal SOLMA, 8(1), 139. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.3071

Wirya, I. (1999). Kemasan Yang Menjual. Menang Bersaing Melalui Kemasan. (Cetakan Pe). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Additional Files

Published

2020-09-14