Pelatihan Penjualan Ikan Berbasis Online Untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat Nelayan yang Terdampak Covid-19 Pada Masyarakat Pesisir Pantai di Desa Bajo Indah Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe

Nurwati -, La Ode Asfahyadin Alidin, La Ode Bahana Adam, Sinarwaty S, Husin -

Abstract

Pelatihan ini berjudul  Penjualan Ikan Berbasis Online Peningkatan Pendapatan Masyarakat Nelayan Yang Terdampak Covid-19 pada Masyarakat Pesisir Pantai di Desa Bajo Indah Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Bajo Indah Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe agar memahami pentingnya Pemanfaatan Teknologi khususnya Media Sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Zoom dalam memasarkan hasil tangkapan ikan masyarakat nelayan untuk meningkatkan pendapatkan masyakarat Desa Bajo Indah yang terdampak covid 19. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode ceramah (pengarahan) dan penjelasan secara serempak terhadap masyarakat nelayan dengan media online (Aplikasi Zoom ) dan media offline dalam bentuk  pelatihan dengan mematuhi protokol covid-19. Metode diskusi serta tanya jawab juga dilakukan setelah selesai diberikan ceramah (pengrahan/penjelasan) mengenai pentingnya Pemanfaatan Teknologi khususnya Media Sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Zoom dalam memasarkan tangkapan ikan masyarakat nelayan untuk meningkatkan pendapatkan masyakarat Desa Bajo Indah yang terdampak covid 19. Dari evaluasi dan hasil yang telah dilakukan pada aktivitas pelatihan terhadap 15 orang  masyarakat nelayan maka ditemukan peningkatan pemahaman akan pentingnya “Pemanfaatan Teknologi khususnya Media Sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Zoom dalam memasarkan tangkapan ikan masyarakat nelayan untuk meningkatkan pendapatkan masyakarat Desa Bajo Indah yang terdampak covid 19” dengan tingkat keberhasilan sebesar 85%.

Keywords

Masyarakat Nelayan, Penggunaan Teknologi

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF view : 0 times

Full Text:

PDF

References

Baswie, Revrisond. (2010). Manivesto Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Blamey, R.K.. 2001. Principls of Ecotourisme. Dalam: D.B. Weaver. The encyclopedia of Ecotourism. CAB International. London.

Ilham, N dan Hermanto.S. 2007. Dampak Kebijakan Harga Pangan dan Kebijakan Moneter Terhadap Stabilitas Eonomi Makro. Jurnal Agro Ekonomi. Vol 25 No.1 55-83. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Bogor.

Dahuri R. 2001. Menggali Potensi Kelautan dan Perikanan dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Menuju Bangsa yang Maju, Makmur, dan Berkeadilan. Pidato dalam Rangka Temu Akrab Civa FPIK IPB tanggal 25 Agustus 2001. Bogor.

Djayadisastra, Yoenita. (2012). Evaluasi Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarkat Pesisir (PEMP) di Kabupaten Muna. Artikel. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hamdan. 2005. “Evaluasi Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP 2001) di Kabupaten Jepara dalam Upaya PeningkatanPendapatan Pesisir”. Tesis, Semarang : Program Pascasarjana. Universitas Diponegoro Semarang.

Hamzah, 2008. Respons Komunitas Nelayan terhadap Modernisasi Perikanan: Studi kasus Nelayan Suku Bajo di Desa Lagasa Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara. Tesis. Institut Pertanian Bogor.

Jufriadi., 2014, Pengembangan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Budi Utama, Yogyakarta.

Kusnadi. 2009.*/879 Keberdayaan Nelayan dan Dinamika Ekonomi Pesisir, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyadi. 2007. Ekonomi Kelautan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rizal, Ahmad. 2007. Strategi Kebijakan untuk Mendorong Kinerja Sektor Kelautan, Karya Tulis Ilmiah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjajaran.

Rochaeni, S, dan Lakollo, E.M. 2005. Faktor –faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Ekonomi Rumah Tangga Petani di Kelurahan Setugede Kota Bogor. Jurnal Agro Ekonomi. 23-2. Universitas Patimurra, Ambon.

Supriharyono. 2020. Pelestarian dan Pengelolaan Sumber Daya Alam di Wilayah Pesisir Tropis. Gramedia Pustaka. Jakarta.

World Health Organization.World Report on disability 2019. Switzerland: World Health Organization. 2019. http://www.who.int/disabilities/world_report/2019/report.pdf- Diakses April 2020.

Yoeti, Oka A. 2008 Ekonomi Pariwisata : Introduksi, Informasi, dan Implementasi. Penerbit Kompas, Jakarta.

Yudo, S., & Said, N.I. 2011. Masalah Pencemaran Air di Jakarta, Sumber dan Alternatif Penanggulangannya. JUrnal Teknologi Lingkungan. Vol. 2(2):33-40.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.