Kontinyuitas Pendampingan Pelaku Ekonomi Kreatif Berbasis Singkong Selama Terjadi Wabah Covid-19 Guna Menjaga Eksistensi dan Keberlangsungan Usahanya Melalui Stimulan Dana Usaha

Masyhuri Machfudz

Abstract

Tujuan pendidikan dan pendampingan (P2) ini adalah untuk melakukan pemantauan pada kelompok ekonomi kretif saat wabah covid-19. Kelompok sasaran pada pengabdian ini adalah pelaku ekonomi kreatif khususnya saat terjadi masa diberlakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar 2020) dengan metode yang dilakukan melalui pendampingan secara terus menerus.

Hasil pengabdian menjukkan bahwa (i) keberhasilan aktivitas hulu, yaitu usahatani singkong yang dilakukan oleh kelompok sasaran memberikan dampak pada ‘roda’ perekonomian rumah tangganya. Dampak ini terasa karena ‘stimulan’ dana atas dasar kesepakatan merasa tidak membebaninya sehingga dalam aktivitas usahataninya ada jaminan ‘kenyamanan’ seakan-akan tidak ada resiko pengembalian dana stimulan  - pada benak pelakunya tidak ada traumatik pada kegagalan usahatani dan/atau kegagalan ‘pasar’; (ii) ‘kenyamanan’ yang terbangun pada kelompok sasaran didorong atas bentuk pengembalian dana stimulan dalam bentuk beberapa pilihan sesuai dengan ‘apa’ yang bisa dilakukan (disepkati) oleh kelompok sasaran, yaitu berupa singkong, gaplek, tepung singkong, tepung mocaf dan tepung singkong yang dimodifikasi dengan tanaman-tanaman yang potensi kandungan nutrisi pangan, seperti junggala, kenikir, kemangi, kelor, dan lainnya; dan (iii) deskripsi pengembalian ‘dana stimulan’ dilakukan melalui berbagai macam variasi,  kelebihannya pada program ini ‘kenyamanan’ terbangun secara bagus dan harmonis,  kelemahannya adalah pada kelompok sasaran (pelaku ekonomi) kadang lengah terhadap tanggungjawabnya – bahkan terkesan ‘meremehkan’, kendala-kendala yang muncul adalah ketidak tepatnya dalam pengembalian dana stimulan dilakukan oleh kelompok sasaran, dari sinilah saran yang dapat ‘rekam’ adalah perlu kedisiplinan dalam memenuhi kesepakatan yang diputusakannya. Rekomendasi yang dapat disampaikan pada program ini adalah program tetap dilanjutkan dan/atau dikembangkan karena dampak sosialnya berupa ‘kenyamanan’ yang muncul saat/sedang/telah program berjalan dampak ekonomi keberlangsungan (sustainable) dukungan usaha tetap berjalan sesuai dengan kebutuhan.

Keywords

pendampingan, pelaku ekonomi kreatif, makanan berbasis singkong, stimulan dana, covid-19.

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF view : 39 times

Full Text:

PDF

References

Novi, A.Masyhuri, dkk.(2014). Direct and Residual Effect of Various Vermicompost on Yield and Quality of Broccoli. ISSN:1819-544x EISSN:1816-157x. Journal home page: http: //ww. aensiweb.com/JASR.

Novi.A.,Masyhuri,dkk.(2017). Exploration of indigenous soil bacteria producing –exopolysaccharider for stabilizing of aggregates land potential as biofertilizer. Journal of degraded andmining landmanagem ent.ISSN.2502-2458.

Noor Shodiq A., Masyhuri M., Junaidi (2017).Implementation Of Innovative Corporate Social Responsibility (CSR) Model In Indonesia. URL: Alamat:ejournal.itn.ac.id/index.php/ijts the implementation. Vol.1 no.2, nov.2017

Nurhidayati, Masyhuri M., And Indiyah M. (2017). Combined Effect Of Vermicompost And Earthworm Pontoscolex Corethrurus Inoculationon The Yield And Quality Of Broccoli (Brassica oleracea L.) Using Organic Growing Media. Journal of Basic and Applied Research International. 22(4).148-156,2017.ISSN:2395-3438(P).ISSN:2395-3446(0).

Masyhuri, M.,(2007). Model pengembangan sektor pariwisata alam (agro eco tourism). Agritek. ISSN 0852 5426. HALAMAN 960-969.(jurnal terkareditasi nasional) URL: http://gudangsurat.unisma.ac.id/index.php/s/DftnqeDVPppCwl0

Masyhuri, M.,( 2007-Nopermber-edisi Khusus). Analisis deskripsi permintaan dan penawaran sektor pariwisata dan lingkungan. Agritek-jurnal terakreditasi nasional. ISSN 0852-5426 HAL.;197-202. URL:http://gudangsurat.unisma.ac.id/index.php/s/DvIZGuAnxSyGvre

Masyhuri, M.,(2015). “OPTIMALIZATION OF CASSAVA DISTRIBUTION AND MARGINAL AREA USAGE FOR SUPPORTING FOOD ENDURANCE. International journal of Applied Engineering Research Editor-in-Chief. Prof.Ir.Dr.Mohd Sapuan Salit. RIP Reseacrh India Publications http://www. Ripublication.com. VOL.10 NUMBER 1, 2015.ISS 0973-4562. Username: IJAER.Pasward:IJAER*665#RIP.

Masyhuri, M.,(2019). Empowerment of Small Businesses through The Implementation of Qardhul Hasan Financing. htt://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/jsed/article/view/1077. Journal Home Page: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/mec.

Sani, Masyhuri,dkk.(2020). The use of Information Technology as a Mediator on the Effect of Transformational Leadership and Creativity towards Student Achievement.

Masyhuri, dkk.,(2020). Optimization of Cassava-Based Non Rice Food Development Using Funds Stimulation of Qardhul-Hasan Transactions. Talent Development & Excellence 1765. Vol.12, No.1, 2020, 1765-1775 Paper Id: TDE_410_May_2020 IRATDE.

Masyhuri (2020). Responsi Masyarakat Dampingan pada Inovasi Program ‘RPL’ melalui KKN-PPM UNISMA MALANG. https://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/js/issue/view/137

Muh. Mansur, Masyhuri M., Agus W.(2017). Revitalization Of Smes’ Creative Businesses In Indonesia To Face Asean Economic Free Trade. URL:ejournal.itn.ac.id/index.php/ijem revitalization of smes.Vol.1, no.2 nov.2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.