Teknologi Tepat Guna Mesin Grinder Rempah – Rempah Untuk Meningkatkan Produktivitas Jamu Tradisional di Desa Gunungrejo

Djoko Hari Praswanto, Siswi Astuti, Awan Uji Krismanto

Abstract

Desa Gunungrejo merupakan salah satu Desa di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Mayoritas penduduk di Desa ini sebagai petani dan ibu rumah tangga. Dengan memanfaatkan kelompok ibu – ibu PKK, Kepala Desa menargetkan untuk membuat program kegiatan yang dapat mengasah ide kreatif masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan untuk membuat wirausaha. Salah satu programnya yaitu kegiatan pelatihan dalam memanfaatkan hasil panen petani, seperti buncis dijadikan tepung, Jahe, kunyit, rempah – rempah untuk dijadikan jamu. Hasil dari kegiatan pelatihan ini dapat terealisasi salah satu contohnya ibu rumah tangga di Dusun Mbiru yang mendirikan usaha dalam memproduksi dan menjual jamu tradisional. Selama proses usaha berlangsung, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi pemiliknya yaitu, proses pembuatan jamu secara manual membutuhkan waktu yang lama dan produk jamu kurang higienis sehingga jamu mudah membusuk. Dari permasalahan tersebut, tim pengabdian masyarakat ITN Malang melakukan penerapan teknologi dalam memproduksi jamu. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pendekatan, dimana langkah awal dilakukan diskusi dengan pemilik usaha, kemudian tim pengabdian masyarakat memberikan solusi dari permasalahan tersebut berupa teknologi tepat guna mesin grinder jamu. Setelah itu tim pengabdian masyarakat memberikan pelatihan dalam memproduksi jamu dengan menggunakan mesin grinder. Dari hasil kegiatan yang dilakukan dengan menerapkan mesin grinder jamu, mitra dapat meningkat jumlah produksi jamu per hari. Selain itu juga, waktu yang dibutuhkan dalam produksi jamu semakin sedikit dibandingkan dengan proses manual. Dari data sebelumnya, rata – rata untuk memproduksi jamu membutuhkan waktu 6 jam dalam jumlah 10 liter, dengan adanya mesin grinder jamu untuk waktu produksi membutuhkan 2 jam dalam jumlah yang sama. Selain menghemat waktu, mitra juga dapat peningkatan keuntungan sampai 20% dari pendapatan sebelumnya.

Keywords

Teknologi Tepat Guna, Jamu Tradisional, Mesin Grinder

Article Metrics

Abstract view : 80 times
PDF view : 336 times

Full Text:

PDF

References

Djiwo, S. et al. (2018) ‘Kualitas Kemasan Botol Vitamin Unggas Di’, 5068, pp. 83–88.

Efendi, H. (2017) ‘Upaya meningkatkan produksi dan pendapatan kelompok usaha jamu di kewala begumit’, (September), pp. 221–224.

Nurwidodo, N., Mulyono, M. and Fauzi, A. (2021) ‘Improving the hygiene of jamu sellers in Malang through the provision of appropriate technology’, 2(3), pp. 95–102.

Rahardjanto, A., Nurwidodo, N. and Mas’odi, M. (2019) ‘Implementasi Teknologi Tepat Guna untuk Mengatasi Permasalahan IRT Ramuan Madura di Kabupaten Sumenep’, International Journal of Community Service Learning, 3(4), p. 173. doi: 10.23887/ijcsl.v3i4.21788.

Reskianty Ira Dermawan, A. (2020) ‘Prosiding 4 SENWODIPA’, pp. 253–259. Available at: http://ojs.stikeslandbouw.ac.id/index.php/ahi/article/download/80/72%0Ahttps://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JIPIKI/article/view/469%0Ahttps://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/FHIR/article/view/66.

Sebayang, R. et al. (2020) ‘Usaha jamu empu gandring dan obat-obatan tradisional’, : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 20–26.

Tembalang, R. W. K. (2018) ‘SEMINAR NASIONAL KOLABORASI KRISTALISASI GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN WARGA Pendahuluan’, 1, pp. 44–46.

Wahyu, C. and Dewi, A. (2020) ‘Limbah Ampas Jahe Menjadi Bubuk Jahe’, 4(November), pp. 589–593.

Zuhrie, M. S. (2019) ‘Peningkatan Produktivitas Ukm Jamu Tradisional Melalui Penerapan Mesin Pengupas Rempah-Rempah’, Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), pp. 1–4.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.