Peningkatan Mutu Usaha Mikro Makanan Sehat : Inovasi Kemasan dan Branding Produk Unggulan (Desa Pandanrejo, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang)

Authors

  • Elfi Anis Saati Prodi Teknologi Pangan Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arfida Br
  • Eko Budi Cahyono
  • Hutri Agustino
  • Ruli Inayah R
  • Oman Sukmana
  • Ririn Harini

DOI:

https://doi.org/10.31328/js.v5i1.3264

Keywords:

Inovasi kemasan, olahan makanan sehat, branding, UKM unggul

Abstract

Kemasan berfungsi mewadahi dan melindungi produk dari kerusakan-kerusakan, mudah disimpan, dibawa  dan dipasarkan oleh karena itu harus menarik. Daya pikat produk bagi konsumen kemasan menunjukkan ciri khas agar punya branding, disamping  berfungsi melindungi produk dari kontaminasi yang menurunkan mutu produk. Desa Pandanrejo adalah desa dalam wilayah kecamatan Pagak Kabupaten Malang, yang cukup terkenal dengan wilayah pariwisata. Guna mendukung penyediaan tempat wisata UKM Desa Pandanrejo, memiliki kelompok usaha makanan, minuman, yang ber manfaat  memberdayakan kearifan lokal. Khususnya pada usaha pengembangan makanan olahan cepat saji dan minuman herbal, instan, dianggap lebih menjanjikan untuk menambah ekonomi keluarga. Kegiatan program pembinaan terkait masalah pengemasan/packaging, cara pengolahan pangan yang benar dan sehat, bertujuan untuk meningkatkan mutu usaha mikro agar lebih berdaya saing, dengan branding yang dapat diunggulkan melalui informasi label pada kemasan.Sosialisasi dilakukan melalui ceramah kepada mitra UKM  sekitar 15 beragam varian olahan pangan. Tema penyuluhan meliputi SOP pangan sehat mendukung ketahanan pangan-gizi keluarga. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sosialisasi berjalan baik, dan respon peserta yang antusias. Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan dibantu oleh mahasiswa UMM. Program ini diharapkan dapat mempercepat perbaikan mutu produk, sehingga mitra UKM mempunyai identitas produk, melalui  inovasi kemasan label yang menarik. Peran pemerindah Desa, Universitas dalam pendampingan UKM Desa masih dibutuhkan.Kata kunci: Inovasi kemasan, olahan makanan sehat, Branding, UKM unggul

Downloads

Published

2022-03-10