Pendampingan Strategi Pemasaran “Pawon Anita†Dalam Rangka Meningkatkan Keunggulan Bersaing
DOI:
https://doi.org/10.31328/js.v5i1.3506Keywords:
Pendampingan, Pemasaran, Logo, Label Kemasan, Foto Katalog ProdukAbstract
Pengusaha yang bergelut di dunia kuliner terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu dibutuhkan keunggulan bersaing sehingga para pengusaha bisa tetap eksis menjalankan bisnisnya. Untuk itu diperlukan strategi pemasaran yang baik. Tujuan dari kegiatan pendampingan ini adalah meningkatkan strategi pemasaran bagi UMKM Petis Kari Dulit “Pawon Anitaâ€. Permasalahan yang terjadi yakni masih kurang dalam melakukan promosi di media sosial, belum memiliki desain logo yang menarik, belum memiliki desain label kemasan yang menarik, dan belum adanya foto katalog produk yang menarik. Hasil kegiatan pendampingan ini menghasilkan output yaitu aktif promosi bertujuan memperluas pemasaran dengan Instagram bisnis “Pawon Anitaâ€, memiliki desain logo baru yang lebih menarik bertujuan untuk menambah citra merek, memiliki desain label kemasan baru yang lebih menarik bertujuan menambah nilai jual, dan memiliki foto katalog produk bertujuan untuk identitas produk.ÂReferences
Fantini, E., Sofyan, M., and Suryana, A. (2021) ‘Optimalisasi Sosial Media Sebagai Sarana Promosi Usaha Kecil Menengah Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Sosial, 1(2), pp. 126-131.
Juansah, E. D., Rahmah, D. M., and Ardiansyah, I. (2020). Identifikasi Proses Bisnis dan Strategi Pengembangan Usaha Di UKM Nugini Menggunakan Analisis SWOT. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 4(2). 250-257.
Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., and Purwanto, H. (2022) ‘Labelling dan Packaging Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Keripik Tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun’, WIRYAKKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 50-59.
.
Listya, A. and Rukiah, Y. (2018) ‘Visual Branding Produk Belimbing Olahan UMKM Depok Melalui Desain Logo’, Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 3(2), pp. 55-74.
Muntazori, A. F., Listya A., and Qeis, M. I. (2019) ‘Branding Produk UMKM Pempek Gersang’ Jurnal Desain, 6(3), pp. 177-185.
Muntazori, A.F dan Listya, A. (2021) ‘Branding UMKM Produk Kopi Bang Sahal Melalui Desain Logo’, Senada “Semangat Nasional Dalam Mengabdiâ€, 1(3), pp. 342-351.
Praswati, A. N., Syamsyudin, Isa, M., dan Prijanto, T. (2016), ‘Strategi Pemasaran Katalog Produk (Studi Kasus Pengrajin Bambu Sukodono Sragen)’, BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2), pp. 149-155.
Prastika, M. dan Sadjiarto, A. (2018) ‘Analisis SWOT Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Industri Kreatif Sarang Lebah Salatiga’, Jurnal Ecodunamika, 1(3), pp. 976-980
Rahman, J. F. dan Rahmah, D. M. (2018) ‘Identification of Business Process and Strategies in Kadatuan Koffie Using SWOT Analysis’, Indutsria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 7(3), pp. 161-169.
Rangkuti, F. (2013) ‘Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI’, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sianturi, R. D. (2020) ‘Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM’, Journal of Business and Economic Research (JBE), 1(1), pp. 45-50.
Suprapto, R. dan Azizi, Z. W. (2020) ‘Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRT Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM Kerupuk Ikan’, Jurnal Rekomen (Riset Ekonomi Manajemen), 3(2), pp. 125-133
Ulumuddin, D. I. I., Prabowo, D. P., dan Haryadi, T. (2016) ‘Katalog Sebagai Media Promosi Bagi UMKM Koelon Kalie Krobokan Semarang’ Andharupa, 02(02), pp. 79-92.