Strategi Perluasan Pemasaran Beras Kemasan dan Pelatihan Pembukuan Sederhana di UMKM Dewi Sri Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji

Authors

  • Frida Dwi Anggraeni
  • Muhammad Syarif Bija
  • Aditya Tri Wardana
  • Jesentia Maristela Bupu

DOI:

https://doi.org/10.31328/js.v5i1.3581

Keywords:

UMKM, Beras Kemasan, Pembukuan Sederhana, Pemasaran Online

Abstract

UMKM Dewi Sri yang berada di  RT 14 RW 08 Desa Glanggang kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang adalah usaha kecil yang bergerak di bidang pertanian khususnya Beras,Pupuk, dan Pestisida. Permasalahan di UMKM itu adalah proses produksi masih secara cara manual dan pemasarannya dilakukan berdasarkan pesanan pembeli, kurang luasnya jangkauan pemasaran, selain itu juga masih belum memiliki sistem pembukuan laporan keuangan. Tujuan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) ini untuk meningkatkan jangkauan pemasaran dengan memanfaatkan sosial media dan membuat pembukuan dan laporan keuangan secara baik dan benar. Metode pelaksanaan adalah perencanaan program pelatihan pemasaran digital, pembuatan akun  media sosial dan market place, pelatihan dan penyuluhan pengelolaan akun media sosial dan market place, pendampingan dalam proses pemasaran  digital serta pengujian dan evaluasi pemasaran digital.Untuk pembukuan meliputi mengidentifikasi permasalahan tentang keuangan, mengumpulan data, membuat pembukuan dan laporan keuangan dan menyajikan laporan keuangan yang telah disusun. Hasil yang didapatkan adalah terciptanya akun media sosial seperti instgram dan facebook dan akun market place lengkap dengan foto produk dan caption berisi keterangan lengkap mulai dari nama produk, jenis, ukuran, dan harga yang kini bisa dengan mudah dijangkau oleh semua orang sehingga UMKM Dewi Sri menjadi lebih mudah untuk melakukan pemasaran  secara digital sehingga membuat jangkauan usahanya lebih luas dan penjualan semakin meningkat, dan memiliki laporan keuangan yang lebih terperinci.

Downloads

Published

2022-03-19