Strategi Perluasan Pemasaran Beras Kemasan dan Pelatihan Pembukuan Sederhana di UMKM Dewi Sri Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji
DOI:
https://doi.org/10.31328/js.v5i1.3581Keywords:
UMKM, Beras Kemasan, Pembukuan Sederhana, Pemasaran OnlineAbstract
UMKM Dewi Sri yang berada di RT 14 RW 08 Desa Glanggang kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang adalah usaha kecil yang bergerak di bidang pertanian khususnya Beras,Pupuk, dan Pestisida. Permasalahan di UMKM itu adalah proses produksi masih secara cara manual dan pemasarannya dilakukan berdasarkan pesanan pembeli, kurang luasnya jangkauan pemasaran, selain itu juga masih belum memiliki sistem pembukuan laporan keuangan. Tujuan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) ini untuk meningkatkan jangkauan pemasaran dengan memanfaatkan sosial media dan membuat pembukuan dan laporan keuangan secara baik dan benar. Metode pelaksanaan adalah perencanaan program pelatihan pemasaran digital, pembuatan akun media sosial dan market place, pelatihan dan penyuluhan pengelolaan akun media sosial dan market place, pendampingan dalam proses pemasaran digital serta pengujian dan evaluasi pemasaran digital.Untuk pembukuan meliputi mengidentifikasi permasalahan tentang keuangan, mengumpulan data, membuat pembukuan dan laporan keuangan dan menyajikan laporan keuangan yang telah disusun. Hasil yang didapatkan adalah terciptanya akun media sosial seperti instgram dan facebook dan akun market place lengkap dengan foto produk dan caption berisi keterangan lengkap mulai dari nama produk, jenis, ukuran, dan harga yang kini bisa dengan mudah dijangkau oleh semua orang sehingga UMKM Dewi Sri menjadi lebih mudah untuk melakukan pemasaran secara digital sehingga membuat jangkauan usahanya lebih luas dan penjualan semakin meningkat, dan memiliki laporan keuangan yang lebih terperinci.Downloads
Published
2022-03-19
Issue
Section
Articles