Penguatan Produk "Dapur Riswi" Guna Meningkatkan Penjualan Melalui Peningkatan Strategi Pemasaran

Authors

  • Susanti Dwi Ilhami STIE YPPI REMBANG
  • Teguh Setiadi

DOI:

https://doi.org/10.31328/js.v5i2.3844

Keywords:

Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Program.

Abstract

UMKM kuliner mengalami persaingan yang ketat seiring bertambahnya jumlah UMKM yang bergerak di sektor kuliner. Daya saing membantu UMKM menghadapi persaingan dengan meningkatkan strategi pemasaran melalui analisis SWOT. Tujuan diadakannya kegiatan pendampingan yakni meningkatkan strategi pemasaran sebagai upaya penguatan produk guna meningkatkan penjualan UMKM Dapur Riswi. Permasalahan yang terjadi pada Dapur Riswi terkait dengan belum optimalnya strategi pemasaran yang ada seperti pemasaran hanya terbatas pada word of mouth dan whatsapp, desain label yang kurang menarik, belum adanya lokasi UMKM, dan belum adanya katalog produk. Hasil dari kegiatan pendampingan pada Dapur Riswi menghasilkan beberapa program luaran berupa penggunaan media sosial Instagram dan Facebook sebagai media promosi, pembuatan label segel agar label lebih menarik, pembuatan lokasi pada google maps dan pemasangan banner agar memudahkan pembeli menemukan lokasi usaha, pembuatan katalog product untuk menginformasikan harga kue dan jenis kue yang ditawarkan.

References

Cahyadi, F., dan Wijaya, P. S. M. (2011). Pengaruh Katalog Produk Terhadap Minat Beli Kembali Konsumen Carrefour Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 55. https://doi.org/10.21460/jrmb.2011.61.72

Fadhilah, D. A., dan Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing Studi Kasus Usaha Kremes Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22.

Gultom, D. F., Wati, W., Sinaga, J., Ekonomi, F., dan Putri, D. A. (2019). Stategi Pemasaran Katalog Produk (Studi Kasus Pengrajin Bambu Sukodono Sragen). Jurnal manajemen. 5, 27–34.

Haryanti, S., Mursito, B., dan Sudarwati. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada Pt. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(1), 144–151.

Herawati, A., dan Listyawati, L. (2017). Faktor Penentu Keputusan Nasabah Muslim Dan Non Muslim Dalam Memilih Jasa Bank Syariah Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 14(2), 205–221. https://doi.org/10.31113/jia.v14i2.114

Rangkuti. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Indrihastuti, P., Arvianti, E. Y., dan Dewi Novitawati, R. A. (2019). Teknik Design Labeling Pengembangan Model Kemasan Keripik Salak Pondoh oleh Wanita Tani Srikandi dan Karya Bhakti. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 3(2), 115. https://doi.org/10.33366/jast.v3i2.1471

Rachmadewi, Auliya Firdaus, Qurtubi, Q., Wahyudhi Sutrisno, dan Chancard Basumerda. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968

Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., dan Purwanto, H. (2022). Labeling Dan Packaging Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Keripik Tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 50–59.

Kusbandono, D. (2019). Analisis Swot Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis (Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan). Jurnal Manajemen, 4(2), 921. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.250

Kotler dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing. Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali

Mamahit, B. B. V, Mandey, S. L., Rotinsulu, J. J., Strategi, A., Jasa, P., Caritas, C. V, Nobiscum, D. E. I., Vebiola, B., Mamahit, B., Mandey, S. L., Rotinsulu, J. J., dan Ratulangi, U. S. (2021). Meningkatkan Daya Saing Analysis Of Service Marketing Strategy Cv . Jurnal EMBA, 9(3), 892–901.

Mar'ah, s., Putri, N. B., Sari, D. A., dan Ilhami, S. D. (2022). Pendampingan Strategi Pemasaran “Pawon Anita†Dalam Rangka Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas†(J-Solid), 5(1), 100. https://doi.org/10.31328/js.v5i1.3506

Meiriyanti, R., Widiastuti, C. T., dan Widyaswati, R. (2020). Strategi Pengemasan dan Pelabelan Produk Jajanan Jadul di Kelurahan Siwalan Kecamatan Gayamsari Semarang. Journal of Dedicators Community, 4(2), 132–140. https://doi.org/10.34001/jdc.v4i2.1090

Praswati, A. N., Syamsudin., Isa, M., dan Prijanto, T. (2016). Strategi Pemasaran Produk (Studi Kasus Pengrajin Bambu Sukodono Sragen). Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(2), 150-164

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Sukmawan, V. P., Ningsih, S. W., dan Sonya. (2021). Digitalisasi Lokasi Umkm Warga Rw O5 Pasir Biru. Uin Sunan Gunung, 9(November). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/239%0Ahttps://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/239/201

Sulistiyani, S., Pratama, A., dan Setiyanto, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 31. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4029

Downloads

Published

2022-10-03