Peningkatan Strategi Pemasaran Melalui Workshop Digital Marketing dan Kolaborasi Pada Asosiasi UMKM “Akukarlos” Kabupaten Malang

Authors

  • Fitri Marisa
  • Silviana Silviana
  • Muhammad Agus Sahbana Widyagama University
  • Faqih Rofi'i

DOI:

https://doi.org/10.31328/js.v5i2.4061

Keywords:

Digital marketing, UMKM, startegi pemasaran

Abstract

Era Pandemi Covid-19 dalam 3 tahun terakhir ini mengubah budaya dan peradapan masyarakat khususnya dalam kebiasaan penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini berpengaruh di berbagai bidang termasuk bidang pemasaran UMKM. Fenomena tersebut menjadi salah satu problem para pengelola UMKM dalam memasarkan produk, dikarenakan sebagian besar pembeli terbiasa mencari barang dengan dengan cara digital. Maka, kegiatan pengabdian masyarakat kali ini bertujuan mendukung dalam penguatan strategi pemasaran melalui workshop digital marketing. workshop digital marketing ini difokuskan pada bagaimana memasarkan produk, melakukan kolaborasi antar penjual yang tergabung dalam asosiasi UMKM AKUKARLOS, dan bagaiana merekomendasikan produk rekannya dalam lapak digital. Dampak dan manfaat dari kegiatan ini adalah para pemilik UMKM dalam asosiasi AKUKARLOS dapat memasang produk, memasarkan dan melakukan transaksi secara digital dan berkolaborasi.

References

Agustina, R., Suprianto, D. and Ariyanto, R. (2021) ‘Technology Acceptance Model Analysis of User Behavioral Intentions on IoT Smart Board Devices’, in 2021 1st Conference on Online Teaching for Mobile Education (OT4ME) Technology, pp. 89–92.

Laurentinus, L. et al. (2021) ‘Digitalisasi UMKM berbasis Retail melalui Program Hibah RISTEK-BRIN’, To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), p. 1. doi: 10.35914/tomaega.v4i1.418.

Marisa, F. et al. (2021) ‘Constructing The Novelty of SME Collaboration Parameter in Gamification Based on “Silaturrahmi†Culture’, Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 99(20), pp. 4786–4799. Available at: http://www.jatit.org/volumes/Vol99No20/11Vol99No20.pdf.

Nitschke, C. S. (2021) Monitoring Enterprise Collaboration Platform Change and the Building of Digital Transformation Capabilities: An Information Infrastructure Perspective (doctoral dissertation). Universität Koblenz-Landau. Available at: https://kola.opus.hbz-nrw.de/opus45-kola/frontdoor/index/index/docId/2229.

Xu, W. (2020) Engage Gamification into Campus Counseling for International Students A User Research for A Service Design. ARIZONA STATE UNIVERSITY.

Downloads

Published

2022-10-25