Pendampingan Branding dan Packaging Usaha Mikro Kopi Surodinawan Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.31328/js.v5i2.4073Keywords:
branding, packaging, kopi, umkmAbstract
Indonesia merupakan salah satu negara terbesar ke empat yang berhasil memproduksi biji kopi menjadi komoditi yang layak untuk di kembangkan. Produk olahan kopi telah banyak dikembangkan mulai dari skala UMKM hingga skala besar, mengingat saat ini teknologi yang mendukung pengolahan biji kopi relatif sederhana serta mudah untuk didapat. Budaya minum kopipun sudah tidak asing dikalangan masyarakat saat ini. Hal ini dapat dibuktikan dari bermunculanya café shop hingga warung kopi baik diperkotaan maupun pedesaan. Smoodst caffe merupakan satu diantara coffee shop yang ada di kelurahan Surodinawan Mojokerto yang berdiri mulai tahun 2018. Permasalahan yang selama ini dirasakan yakni pengemasan produk kopi terkesan tidak menarik serta lingkup segmentasi yang terbatas. Selain permasalahan pengemasan, mitra pengabdi juga merasakan kesulitan untuk memasarkan produk yang dihasilkan. Hasil dari kegiatan ini adalah pembentukan logo branding baru, yang awalnya bernama Kopi Peno dengan segmentasi pasar yang terbatas menjadi Smoodst dengan segmentasi premium serta penyediaan packaging dalam berbagai variasi.References
Ary, W. W. (2022). Pendampingan Business Model Canvas dan Google My Business Kepada Malijo Coffee Shop. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 97–105. https://doi.org/10.24036/abdi.v4i1.187
Aryani, D. I. (2019). Tinjauan Sensory Branding dan Psikologi Desain Kedai Kopi Kekinian Terhadap Perilaku Konsumen. Waca Cipta Ruang, 5(1), 330–336. https://doi.org/10.34010/wcr.v5i1.1436
Dani Anggoro, Humisar Hasugian, & Nofiyani. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 384–391. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.345
Dwijayanti, K., Azizah, N., & Mahmudatus, S. (2020). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM KOPI MURIA MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN KOPI. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2).
Hendrawan, F. (2019). Karakteristik Desain Façade Kios-Kios Kopi (Coffee Stalls) Kekinian Di Kota Denpasar. Jurnal Patra, 1(2), 103–108. https://doi.org/10.35886/patra.v1i2.44
Novianti, K. R., Roz, K., & Sa’diyah, C. (2021). Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Usaha Budidaya Lele. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS, 4, 187–193.
Roz, K., Sa’diyah, C., & Hilmi, L. D. (2020). Pendampingan Pengemasan dan Pemasaran Pasca Panen Pada Kelompok Tani “Tani Maju 01†di Bumiaji, Kota Batu. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas†(J-Solid), 3(2), 70. https://doi.org/10.31328/js.v3i2.1603
Saati, E. A., Br, A., Cahyono, E. B., Agustino, H., Inayah R, R., Sukmana, O., & Harini, R. (2022). Peningkatan Mutu Usaha Mikro Makanan Sehat : Inovasi Kemasan dan Branding Produk Unggulan (Desa Pandanrejo, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang). Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas†(J-Solid), 5(1), 46. https://doi.org/10.31328/js.v5i1.3264