Technopreneurship: Membangun Brand Awareness Melalui Implementasi Digital Marketing Pada Website Pasar UMKM Di Wilayah Simandaran Kabupaten Malang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31328/js.v6i2.5019

Keywords:

Brand Awarness, Branding, Technopreneurship, Digital Marketing, Website Pasar UMKM

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah/ sarana Branding pelaku UMKM di sekitar wilayah Simandaran, Kabupaten Malang, melalui website Pasar UMKM yang didesain sebagai Portal UMKM yang nantinya akan dapat dimanfaatkan sebagai sarana yang menghubungkan Penjual dan Pembeli sekaligus pihak terkait lain seperti penggerak UMKM atau Desa/Kelurahan untuk dapat berkomunikasi secara langsung. Melalui website ini akan didapatkan kebutuhan penjual dan pembeli sebagai wadah transaksi juga sebagai media informasi bagi pelaku UMKM untuk membranding produknya, sebagai media informasi bagi Pelanggan terkait produk yang akan dibelinya, serta menjadi media informasi bagi desa untuk memberikan program-program terkait kegiatan upaya peningkatan UMKM naik kelas. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan penyuluhan yang disertai dengan demonstrasi atau praktik bersama. Kegiatan ini dimulai dengan pembuatan website Pasar UMKM yang kemudian diajarkan pemanfaatannya kepada pelaku UMKM. Hasil dari kegiatan ini cukup mendapatkan respon yang baik dari semua pihak terkait. Pelaku UMKM meraskan manfaat branding yang meningkatkan brand awarness mereka, Pelanggan mendapatkan informasi terkait produk-produk unggulan lokal. Serta penggerak UMKM yang dapat menginformasikan segala kegitan terkait UMKM. 

References

Agustina, R., Andayani, E., & Hariani, L. S. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengelola Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) ASY-Q. 5(2), 211–217.

Agustina, R., Suprianto, D., & Rosalin, S. (2022). Entrepreneurship: Pembuatan Sabun Cuci Piring Untuk Untuk Meningkatkan Kreativitas Ibu Rumah Tangga Di Wilayah Pakis. ABDIMASNU: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 21–25.

Agustini, P. A. (2022). Pengembangan Pemasaran Digital Terhadap Brand Awareness Di Umkm Tapis Mutiara Negeri Katon, Pesawaran. In Program Studi Diploma III Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung Bandar Lampung.

Andayani, E., Hariani, L. S., & Ningtyas, S. (2020). Socio-Economic Awareness : Social Entrepreneur, Competence, and Critical Thinking Ability. 542(Ancosh 2020), 322–325.

Ayu, I. D., Tantri, A., Martina, K., Putri, D., & Arya, I. P. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Klungkung Dalam Meningkatkan Komoditas Profit. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 263–275. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/29305

Fahmi, A., & Windasari. (2022). Peran Website Sebagai Sarana Branding Sekolah Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(2), 331.

Haryadi, T., Ulumuddin, D. I. I., Prabowo, D. P., & Ihwan, A. M. (2022). Adaptasi Digital Marketing berbasis Website untuk Produk UMKM Fatikha Sweet Honey. Jurnal Informatika Upgris, 8(1). https://doi.org/10.26877/jiu.v8i1.11524

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649

Kristiyanti, M. (2018). Sistem Informasi Berbasis Web Produk Unggulan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU & CALL FOR PAPERS UNISBANK (SENDI_U) Kajian Multi Disiplin Ilmu Untuk Mewujudkan Poros Maritim Dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kesejahteraan Rakyat, 978–979.

Mangku, D. G. S., Yuliartini, N. P. R., & Hartana. (2022). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3), 1–24.

Muhammad, S. A., Winarno, A., & Hermawan, A. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Minat Beli Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Produk Green Bean Kopi. Jurnal Graha Pengabdian, 3(4), 369. https://doi.org/10.17977/um078v3i42021p369-376

Mulyono, H. (2016). Brand Awareness and Brand Image of Decision Making on University. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 18(2), 163–173. https://doi.org/10.9744/jmk.18.2.163

Purwaningsih, E., Suhaeri, S., & Ariyanti, E. R. N. (2020). Branding Produk UMKM Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru melalui Reputasi Merek dan Basis Informasi Teknologi. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(1), 60–69. https://doi.org/10.26905/abdimas.v5i1.3392

Setiawan, A. (2017). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Brand Rolarala. Universitas Negeri Semarang.

Sihombing, N. L., Jalih, J., Herlini, Novitasari, L., & Sandra, J. (2022). Edukasi Pemasaran Produk dan Penguatan Branding Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan di Kalangan Remaja. Sembadha, 3.

Supriyati, S., Bahri, R. S., Nugraha, S. C., & Fernaldy, K. (2023). Implementasi aplikasi digital marketing sebagai strategi penjualan untuk meningkatkan kinerja pendapatan UMKM di wilayah Cisaranten Kulon. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1). https://doi.org/10.28989/kacanegara.v6i1.1350

Downloads

Published

2023-09-29