Technopreneurship: Branding Bagi UMKM Program Seed 4 Woman 2023 Bekerjasama Dengan IAII Jatim

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31328/js.v6i2.5020

Keywords:

Technopreneurship, Digital Marketing, Branding, IAII Jatim, Program Seed 4 Woman

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait Branding dan Digital Marketing bagi UMKM di sekitar wilayah Pakis, Kabupaten Malang. Program ini merupakan kolaborasi Micromentor dan IAII Jatim sebagai penyelenggara program dengan dosen di beberapa universitas di Kota Malang. Peningkatan keterampilan Branding ini diikuti oleh 40 peserta UMKM dari berbagai komunitas dan berbagai jenis produk, seperti makanan dan minuman, fashion, kraft, dan jasa. Metode on the Job Training atau pelatihan di tempat kerja diadopsi untuk memudahkan penyelenggaran kegiatan. Hasil dari kegiatan ini peserta pelatihan mendapatkan teknik branding dengan memanfaatkan canva dan teknik foto produk menggunakan picture box. Peserta pelatihan sangat antusias dan bersemangat dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 hari berturut-turut. Hasil evaluasi dari kegiatan ini peserta mempresentasikan hasil branding yang telah didesain kemudian diberikan narasi yang lebih baik dan tepat sesuai hasil diskusi dengan tutor dan pendamping sat pelatihan. Peserta cukup puas dan mengharapkan kegiatan ini dapat dilakasanakan lagi dengan tema yang berbeda, agar peserta UMKM selalu mendapatkan update dari perkembangan teknologi digital saat ini.

References

Aditya, R., & Verawati, D. M. (2022). Analisis Metode On The Job Training Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PDAM Kota Magelang). Economos :Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(3), 45–51.

Agustina, R., Andayani, E., & Hariani, L. S. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengelola Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) ASY-Q. 5(2), 211–217.

Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM Di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS, 4(1), 69–76.

Agustina, R., Suprianto, D., & Rosalin, S. (2022). Entrepreneurship: Pembuatan Sabun Cuci Piring Untuk Untuk Meningkatkan Kreativitas Ibu Rumah Tangga Di Wilayah Pakis. ABDIMASNU: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 21–25.

Ahmad Budi Sulistio. (2017). BRANDING SEBAGAI INTI DARI PROMOSI BISNIS Oleh Ahmad Budi Sulistio Branding adalah berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan membesarkan identitas sebuah. Jurnal ProFilm 2020-Boim-Membangun Branding, 1–16. https://indonesia.sae.edu/wp-content/uploads/2021/02/Branding-Sebagai-Inti-Dari-Promosi-Bisnis.pdf

Ahyakudin, A., Najib, M. A., & Haryadi, D. (2019). Peran Pelatihan Dengan Metode On The job Training dan Metode Apprenticeship Untuk meningkatkan Kinerja Karyawan Pada perusahaan Labbaik Chicken Kota Serang. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(2), 20. https://doi.org/10.35448/jiec.v3i2.6592

Andayani, E., Hariani, L. S., & Ningtyas, S. (2020). Socio-Economic Awareness : Social Entrepreneur, Competence, and Critical Thinking Ability. 542(Ancosh 2020), 322–325.

Arfan, N., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224.

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41. http://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/competitive%7C32

Muhammad, S. A., Winarno, A., & Hermawan, A. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Minat Beli Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Produk Green Bean Kopi. Jurnal Graha Pengabdian, 3(4), 369. https://doi.org/10.17977/um078v3i42021p369-376

Pramadyanto, M. R., & Irwansyah. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Brand Fashion Streetwear Urbain Inc. Jurnal InterAct, 11(2), 121–134. https://doi.org/10.25170/interact.v11i2.3312

Pujiantoro, N., & Mohammad Rofiuddin, M. (2022). Strategi Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Bringin Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 6(2), 168–175. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i2.12754

Putra, Y., Santoso, P. Y., & Adhypoetro, R. R. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1), 11–21. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/cyberpr/article/view/1415

Riris Mey Rahayu. (2017). Membangun Brand Awareness pada Usaha Mikro kecil dan menegah Riris Mey Rahayu Universitas Trunojoyo Madura. Journal Of Management Studies, 2, 226–243.

Downloads

Published

2023-09-29