Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di RA Perwanda III Kota Malang

Authors

  • Siti Muntomiman
  • Mochammad Ramli Akbar

DOI:

https://doi.org/10.31328/js.v7i1.5190

Keywords:

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), anak usia dini, media

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) penting untuk ditanamkan sejak anak usia dini dan harus didukung oleh semua pihak. Kebiasaan hidup bersih dan sehat akan mendukung anak usia dini untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Hingga saat ini perilaku hidup sehat menjadi satu perhatian khusus terutama bagi pemerintah. Hal ini karena PHBS dijadikan sebagai tolak ukur dalam pencapaian untuk meningkatkan cakupan kesehatan pada program Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2015- 2030. PHBS dalam SDGs merupakan salah satu bentuk upaya pencegahan yang menimbulkan dampak jangka pendek di dalam peningkatan kesehatan pada tigatempat antara lain, pada lingkup anggota keluarga, masyarakat umum, serta sekolah.Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai implementasi PHBS.Metode yang digunakan yaitu: (1) workshop tentang pentinganya media pembelajaran untuk anak usia dini; (2) pelatihan pembuatan produk media belajar dari barang-barang bekas; dan (3) pendampingan penggunaan media PHBS di RA Perwanda III. Berdasarkan hasil temuan penelitian anak-anak di RA Perwanda III sangat antusias menerapkan PBHS dengan cara mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan lingkungan, memakan makanan yang bergizi dan yang lainnya.

References

Agustin, R. A. (2019). Perilaku Kesehatan Anak Sekolah Perilaku Kesehatan, Prevalensi Penyakit dan Upaya Peningkatan Status Kesehatan Anak Sekolah. Jember: CV. Pustaka Abadi.

Aisyah, I. S., Nurlindawati, Oktavia, N., Febriantika, Sucipto, S. Y., & Hedo, D. J. P. K. (2023). Dasar-dasar Promosi Kesehatan. Padang: Get Press Indonesia.

Aulina, C. N. (2018). Peningkatan Kesehatan Anak Usia Dini dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK Kecamatan Candi Sidoarjo. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). doi: 10.30651/aks.v3i1.1480

Hasanuddin, M. I., Tribakti, I., Lusiana, S. A., Sari, N. P., Hartika, A. Y., Hasanuddin, M.

I., … Qasash, M. H. (2023). Pendidikan Kesehatan Sekolah. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Khaeriyah, N., & Kurniawaty, L. (2021). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK Islam Kamilah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).

Mardiawati, D., Handayuni, L., Maisharoh, M., Frista, T. E., Marsela, P., Yuniar, M., & Naftalia, A. (2020). Edukasi Dan Demonstrasi Cuci Tangan Untuk Meningkatkan PHBS Pada Anak Di Taman Kanak-kanak (TK). Jurnal Abdidas, 1(6). doi:

31004/abdidas.v1i6.153

Masykuroh, K. (2020a). Implementasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah rujukan nasional TK’Aisyiyah 4 tet. JPP PAUD FKIP Untirta, 7(1).

Masykuroh, K. (2020b). Implementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Rujukan Nasional TK ’Aisyiyah 4 Tebet Jakarta Selatan. JPP PAUD FKIP Untirta, 7(1).

Nuria, R. (2019). Perilaku Hidup Sehat Untuk Taman Kanak-Kanak. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Parlaungan, J., Loihala, M., Tambunan, S. G. P., Mensen, R., & Tarmani, R. S. A. (2023). Pendidikan Kesehatan melalui 8 (Delapan) Pesan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Guru TK/PAUD. Pekalongan: Penerbit NEM.

Slamet, A. L. R. (2016). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Andi Offset.

Sudaryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2024-04-16