Model e-Marketplace Berbasis Kolaborasi Untuk Penguatan Pasar Online
DOI:
https://doi.org/10.31328/js.v7i1.5449Keywords:
SME, Collaboration, e-MarketplaceAbstract
Perubahan peradapan disebabkan era pandemic covid-19 dalam tiga tahun terakhir ini membawa perubahan kebiasaan masyarakat si segala bidang salah satunya pada sisi perdagangan dan bisnis. Dalam bisnis khususnya pergerakan UMKM dan kebiasaan membeli masyarakat banyak dilakukan dalam platform digital. Grup whatsapp menjadi salah satu yang cukup mudah untuk membangun komunitas bertemunya penjual dan pembeli. Cara ini cukup membantu tapi memiliki banyak keterbatasan. Beberapa keterbatasan pangsa pasar kurangnya strategi pemasaran modern dan kurangnya kesadaran kolaborasi menyulitkan komunitas UMKM untuk mencapai target pelanggan yang lebih luas. Oleh karena itu, pendekatan sistem marketplace berbasis kolaborasi perlu diperkenalkan yang diharapkan dapat mendukung peningkatan eksistensi komunitas UMKM. Berdasarkan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kesadaran berkolaborasi dari UMKM setelah mengetahui aplikasi e-Marketplace berbasis kolaborasi dan mendapatkan penyuluhan tentang pentingnya kolaborasi bagi sebuah komunitas, dibuktikan dengan peningkatan nilai post test dibanding pre test setelah dilaksanakan program pengabdian masyarakat.Downloads
Additional Files
Published
2024-04-17
Issue
Section
Articles