PENGUATAN STRATEGI BRANDING DAN DIGITAL MARKETING PADA USAHA CAKE “CHEESE N CHEESE”
DOI:
https://doi.org/10.31328/js.v7i2.5948Keywords:
branding, digital marketing, umkmAbstract
Perkembangan bisnis UKM kuliner di Indonesia menunjukkan lanskap berkembang yang ditandai dengan ketahanan dan inovasi. Menurut laporan terbaru Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia, sektor kuliner, khususnya usaha kecil dan menengah (UKM), telah mengalami pertumbuhan yang signifikan meskipun ada tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi global. Dengan meningkatnya penekanan pada digitalisasi dan platform e-commerce, UKM di bidang kuliner telah beradaptasi dengan cepat untuk memenuhi permintaan dan preferensi konsumen yang terus berkembang. Mulai dari pedagang kaki lima tradisional hingga pembuat makanan penutup rumahan seperti usaha Kue "Cheese N Cheese" yang berada di Kota Malang. Permasalahan utama yang dihadapi oleh usaha ini yanki memperkuat identitas merek, memperkuat jejak digital serta membina hubungan yang bermakna dengan audiensnya. Sehingga kegiatan ini difokuskan pada pendampingan branding serta digital marketing terhadap usaha kue "Cheese N Cheese". Hasil dari kegiatan ini adalah pembentukan logo branding baru serta pembuatan akun media sosial yang dapat digunakan dalam memasarkan produk usahanya.References
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Wahyu, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Management, 1(2), 88–92.
Dewi, M. H. U., Trunajaya, I. G., Kesumajaya, I. W. W., & Adigorim, I. M. (2018). Penerapan Digital Marketing dalam Mendukung Kegiatan Pemasaran Pelaku UKM di Kabupaten Klungkung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 19. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i2.234
Novianti, K. R., Roz, K., & Sa’diyah, C. (2021). Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Usaha Budidaya Lele. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas†(J-Solid), 4(2), 187–193. https://doi.org/10.31328/js/v4i2.2769
Robbie, R. I., & Marsudi, M. (2021). Pelatihan Digital Marketing Dalam Membentuk Branding Sekolah. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas†(J-Solid), 4(2), 194. https://doi.org/10.31328/js.v4i2.2779
Roz, K., Sa’diyah, C., & Hilmi, L. D. (2020). Pendampingan Pengemasan dan Pemasaran Pasca Panen Pada Kelompok Tani “Tani Maju 01†di Bumiaji, Kota Batu. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas†(J-Solid), 3(2), 70. https://doi.org/10.31328/js.v3i2.1603
Sa’diyah, C., Roz, K., & Novianti, K. R. (2020). Pendampingan Masyarakat BERBASIS Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Pada UMK Industri Gamelan di Desa Pendem. BUDIMAS, 2(2), 89–94. https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1361
Wibawa, B. M., Baihaqi, I., Hanoum, S., Ardiantono, D. S., Kunaifi, A., Persada, S. F., Sinansari, P., & Nareswari, N. (2019). Model Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Cloud Bagi Pelaku UMKM. Sewagati, 3(3). https://doi.org/10.12962/j26139960.v3i3.5962
Yohana, C. (2014). Pelatihan Mengelola Keuangan Sederhana Bagi Pengusaha Kecil Di Desa Cibadak. Sarwahita, 11(2), 67. https://doi.org/10.21009/sarwahita.112.0
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL APLIKASI DAN INOVASI IPTEKS "SOLIDITAS" (J-SOLID)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.