DESAIN WEB LOKAPASAR INTELIJEN DENGAN SISTEM REKOMENDASI UNTUK MENINGKATKAN VISIBILITAS PRODUK MBOISMART MALANG

Authors

  • Tubagus Mohammad Akhriza STIMATA Malang
  • Eni Farida STIMATA Malang
  • Anang Aris Widodo Universitas Merdeka Pasuruan

Keywords:

Recommendation System, Artificial Intelligence, Creative Cooperative, Marketplace

Abstract

Koperasi Pemasaran "Malang Kreatif Mbois" (MKKM) mengelola Mboismart sebagai toko fisik di gedung Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, yang menghadapi tantangan dalam hal visibilitas produk yang terbatas pada pengunjung MCC. Untuk mengatasi keterbatasan ini, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari STIMATA Malang dan Universitas Merdeka Pasuruan berkolaborasi mengembangkan lokapasar digital Mboismart.com. Artikel ini membahas kegiatan pengembangan prototipe web lokapasar ini sebagai solusi untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan eksposur produk UMKM yang menjadi mitra supplier Mboismart. Pengembangan lokapasar mencakup pembentukan dataset master produk dan supplier untuk kategori fashion, kriya, dan kuliner, yang sebelumnya belum terstruktur, serta pengintegrasian sistem rekomendasi berbasis association rule learning. Sistem rekomendasi ini menyarankan kombinasi produk populer dan non- populer untuk meningkatkan visibilitas produk yang kurang diminati. Selain itu, Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan mengidentifikasi persiapan penting terkait operasional lokapasar, seperti penanganan lonjakan order dan strategi promosi digital. Hasil awal menunjukkan potensi lokapasar ini dalam memperkuat pemasaran digital Mboismart, dengan dukungan administrasi konten yang efektif dan strategi promosi berkelanjutan. Artikel ini juga membahas tantangan yang dihadapi dan rencana keberlanjutan untuk mendukung peningkatan visibilitas produk UMKM di bawah naungan MKKM.

References

Adistia, L.D., Akhriza, T.M. and Jatmiko, S. (2019) ‘Sistem Rekomendasi Buku untuk Perpustakaan Perguruan Tinggi Berbasis Association Rule’, Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 3(2). Available at: https://doi.org/10.29207/resti.v3i2.971.

Akhriza, T.M., Ma, Y. and Li, J. (2017) ‘Revealing the Gap Between Skills of Students and the Evolving Skills Required by the Industry of Information and Communication Technology’, International Journal of Software Engineering and Knowledge Engineering, 27(05), pp. 675–698. Available at: https://doi.org/10.1142/s0218194017500255.

Akhriza, T.M. and Mumpuni, I.D. (2021) ‘Quantitative class association rule-based approach to lecturer career promotion recommendation’, International Journal of Information and Decision Sciences, 13(2).

Akhriza, T.M. and Utsalina, D.S. (2023) ‘STIMATA Rule Adviser: Sistem Rekomendasi Produk e-Commerce’, in IAII SISFOTEK VII.

Cano, J.A. et al. (2022) ‘A Bibliometric Analysis and Systematic Review on E-Marketplaces, Open Innovation, and Sustainability’, Sustainability (Switzerland). Available at: https://doi.org/10.3390/su14095456.

Kamil, I. et al. (2022) ‘Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada Platform E-Commerce’, Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2). Available at: https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.2782.

Latifah, Akhriza, T.M. and Adistia, L.D. (2020) ‘Constructing Recommendation about Skills Combinations Frequently Sought in IT Industries Based on Apriori Algorithm’, Advances in Computer Science Research, 95. Available at: https://doi.org/10.2991/miseic-19.2019.12.

Musyrifah, M., Tanniewa, A.M. and Saal, A. (2023) ‘Pengembangan Etalase Digital sebagai Media Promosi Kain Tenun Sekomandi’, E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14(4). Available at: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i4.16709.

Schröer, C., Kruse, F. and Gómez, J.M. (2021) ‘A systematic literature review on applying CRISP-DM process model’, in Procedia Computer Science. Available at: https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.01.199.

Setyawan, D.W.S. et al. (2023) ‘Optimasi Digital Marketing: Tinjauan Kritis Atas Strategi Penjualan Pompa Air’, Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 2(4). Available at: https://doi.org/10.55826/tmit.v2i4.288.

Shearer, C. et al. (2000) ‘The CRISP-DM model: The New Blueprint for Data Mining’, Journal of Data Warehousing [Preprint].

Published

2024-10-30