Pelatihan Assessment For Learning Berbantuan Program Try Out Dan Web Voting Bagi Guru Fisika Di Kota Malang

Authors

  • Sentot Kusairi State University malang
  • Lia Yuliati State University malang
  • Asim . State University malang
  • Nurul Hidayat State University malang
  • Sujito . State University malang

DOI:

https://doi.org/10.31328/js.v1i2.902

Keywords:

assessment for learning, guru fisika, SMA

Abstract

Kegiatan pelatihan ini bertujuan  meningkatkan kapasitas guru-guru  fisika SMA dalam menyelenggarakan kegiatan asesmen utamanya assessment for learningberbantuan aplikasi komputer.  Target kegiatan adalah meningkatkan wawasan tentang  peranan assessment for learningdalam pembelajaran, keterampilan menggunakan aplikasi Webvoting, dan memanfaatkan aplikasi Tryout dalam pembelajaran. Tahapan pertama pelatihan dan workshop adalah diskusi dan sharing berkaitan dengan pelaksanaan dan kendala penilaian pada saat ini. Guru fisika menyepakati bahwa pelaksanaan assessment for learning tidak mudah dilakukan dan memerlukan penggunaan teknologi. Pada tahapan ini dilakukan pula pemaparan tentang peranan  asesmen for learning dalam pembelajaran dengan cara mengimplementasikan Five Key Element of Assessment For Learning. Pada tahapan berikutnya, dilanjutkan dengan pelatihan penggunaan aplikasi Tryout dan Aplikasi Webvooting. Guru fisika telah trampil dalam mengimplementasikan assessment for learning di kelas, namun penggunaan aplikasi Tryout dan webvoting membutuhkan penyiapan instrument berupa soal pilihan ganda isomorfik yang memerlukan pelatihan tersendiri. Penuangan hasil implementasi dalam bentuk karya ilmiah juga masih memerlukan pendampingan secara berkelanjutan

References

Bell, B. & Cowie, B. (2002). Formative assessment and science education, New Zealand: Kluwer Academic Publisher.

Clyde, W., & Delohery, A. (2005). Using Technology in Teaching. London: Yale University Press

DEPDIKNAS. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007, tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Kusairi, S. (2011). Analisis Asesmen Formatif Fisika Berbantuan Komputer, Disertasi, tidak diterbitkan, UNY.

Kusairi S. (2010). Analisis asesmen formatif fisika berbantuan computer. Disertasi tidak diterbitkan, UNY, Yogyakarta.

Kusairi S. (2011). Pengembangan soal isomorpik bermakna untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Laporan penelitian. Tidak diterbitkan. Malang.

Kusairi S dan Sujito (2016), Implementasi Tes diagnostic Fisika, Laporan Penelitian, Tidak diterbitkan

Popham, W. J. (2008). Transformative assessment. Virginia: Association of supervision and curriculum development (ASCD).

Lowry, R. (2005). Computer aided self assessment: An effective tool. Chemistry Education Research and Practice, 2005, 6 (4), 198-203

Lambert, L. , & Lines, D. (2000). Understanding assessment: Purpose, perceptions, practice. New York: Routledge Falmer.

Lingard, M. (2005). Introducing computer-assisted assessment: Consideration for the new practitioner [versi electronik], Investigation in University Teaching and Learning, 2, 2.

Sorensen, E. K., & Takle, E. S. (2005). Investigating knowledge building dialogues in networked communities of practice. A collaborative learning endeavor across cultures. Interactive Educational Multimedia(10), 50-60.

Turkmen, H., & Usta, E. (2007). The role of learning cycle approach overcoming misconception in science [versi electronik]. Kastamonu Education Journal, 15(2), 491-500.

Downloads