Dalam era modern sekarang ini perkembangan industri otomotif untuk semua jenis kendaraan roda empat yang mulai memadati jalanan kota, dari kendaraan penumpang kecil hingga bus dan truk yang besar, pengurangan tahanan angin (air drag) yang ditandai dengan pengurangan koefisien tahanan (drag Coeffisient) dan peningkatan gaya drag (drag force) adalah salah satu cara paling efisien untuk meningkatkan kecepatan kendaraan serta menghemat penggunaan bahan bakar. Dalan dunia desain dan produksi kendaraan saat ini terutama mobil, pengujian koefisien tahanan menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh industri. Kebutuhan informasi koefisien tahanan tersebut menjadi penting dalam usaha rekayasa teknologi untuk memproduksi kendaraan dengan konsumsi bahan bakar yang sehemat mungkin dengan pencapaian kecepatan kendaraan yang seoptimal mungkin. Pada penelitian ini gaya aerodinamik pada kendaraan Mobil jenis sedan yang dievaluasi dengan melakukan penambahan spoiler. Paramenter yang dibahas adalah kecepatan serta tekanan aliran udara disekeliling mobil sedan. Pengujian di lakukan dengan empat varian luas penampang yang berbeda yakni spoiler1 sebesar 0.5 m2 , spoiler 2 sebesar 0.5 m2 , spoiler 3 sebesar 0.7 m2 dengan empat kali pengulangan di setiap modelnya. Dari hasil penelitian gaya pada pengujian spoiler 3 dengan luas penampang sebesar 0.7 m2 memiliki gaya drag yang paling besar pula yakni 14.216 kg.m/s2. Gaya drag kendaraan (Fd) semakin besar , maka menambah daya cengkeram pada mobil sedan dan pengendalian unit akan lebih baik. Jika daya cengkeram pada ban mobil semakin tinggi, maka hal ini merupakan salah satu cara yang efektif dalam penghematan bahan bakar. Kata kunci : Aerodinamik,Coeffisient Of drag, Force of Drag, kecepatan