Salah satu faktor penting dalam sistem pengereman adalah waktu pengereman yang efisien. Untuk itu diperlukan suatu penelitian yang dapat menghasilkan waktu pengereman yang efisien, dalam hal ini waktu tersebut relatif singkat tetapi tetap mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan pengendara. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan sistem rem standard dan sistem yang di modifikasi dengan penambahan booster. Hal ini dilakukan dengan cara eksperimen pada sistem rem kendaraan Daihatsu FR 50. Variabel penelitian meliputi variasi volume minyak rem 100 cc, 200 cc, 300 cc, 400 cc, 500 cc dan variasi bukaan pedal ¼, ½, ¾, dan 1. Percobaan dilakukan pada putaran 3000 rpm. Pengambilan data dilakukan dengan pengukuran waktu pengereman yaitu waktu saat mulai injakan pedal sampai putaran tromol roda berhenti. Hasil pengukuran diuji statistik menggunakan uji ANOVA desain faktorial dan uji perbandingan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penambahan booster tidak banyak memberikan pengaruh terhadap waktu pengereman.  Kata kunci : Booster, rem, waktu pengereman, minyak rem.