ANALISIS PENGGUNAAN ZAT ADITIF PADA BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MESIN SEPEDA MOTOR YAMAHA

Authors

  • Dwi Wahyudi
  • Muhammad Agus Sahbana
  • Toni Dwi Putra

DOI:

https://doi.org/10.31328/jp.v4i2.335

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Otomotif di Indonesia semakin berkembang pesat. Hal ini mengikuti kondisi masyarakat Indonesia sekarang yang memiliki mobilitas yang tinggi yang menuntut adanya sarana transportasi yang memadai. Dengan semakin berkembangnya teknologi mesin kendaraan, maka tuntutan kebutuhan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi untuk meningkatkan kinerja mesin semakin meningkat. Zat aditif digunakan untuk memberikan peningkatan sifat dasar tertentu yang telah dimilikinya. Perumusan masalah adalah pengaruh penambahan zat aditif terhadap emisi gas buang. Variabel penelitian meliputi variabel bebas yaitu  prosentase campuran zat aditif dan premium sedangkan  variabel terikat berupa  emisi gas buang. data yang diperoleh akan diplotkan pada grafik. dan akan dijadikan acuan untuk menilai besarnya pengaruh pemakaian zat aditif terhadap emisi gas buang yang dihasilkan. Dengan menggunakan zat aditif pada mesin maka dapat diketahui pengaruhnya terhadap emisi gas buang yang dihasilkan akan jauh lebih bagus dan ramah lingkungan dari pada tanpa penggunaan zat aditif. Dengan penambahan zat aditif  akan memperbaiki proses pembakaran yang akan menurunkan kadar CO, CO2, HC, meningkatkan konsumsi oksigen (O2) dan akan menghilangkan senyawa NOx  sesuai dengan penambahan rpm. Dari hasil penelitian yang dilakukan di dapat bahwa penurunan senyawa emisi gas buang yang signifikan terjadi pada CO dari 2,982 turun menjadi 1,372 pada rpm 4000 dengan penambahan zat aditif 100%, sedangkan untuk O2 mengalami kenaikan dari 13,14 menjadi 15,52 pada rpm 4000 dengan penambahan zat aditif 100 %.   Kata kunci:  Zat aditif, emisi gas buang, mesin sepeda motor

Downloads

Published

2016-12-28

Issue

Section

Articles