PENGARUH PEMASANGAN TURBO CYCLONE SEPEDA MOTOR TERHADAP PENGHEMATAN BAHAN BAKAR JENIS PERTALITE
DOI:
https://doi.org/10.31328/jp.v12i1.3488Keywords:
turbo cyclone sudut 500 dan 600, putaran engine, konsumsi bahan bakarAbstract
Kendaraan bermotor merupakan alat transportasi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hampir setiap hari manusia menggunakan kendaraan bermotor saat melakukan aktivitas. Seperti yang diketahui, kendaraan bermotor senantiasa menggunakan bahan bakar. Bahan bakar mengalami peningkatan harga dari tahun ketahunnya. Oleh dari itu perlu mencari alternatif untuk penghematan penggunaan bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari alternatif agar pengunaan bahan bakar atau fuel consumption pada kendaraan bermotor lebih hemat. Salah satu metode yang digunakan adalah penggunaan turbo cyclone setelah air filter pada kendaraan bermotor, yang bertujuan agar aliran udara yang akan masuk kedalam karburator dan silinder ruang bakar menjadi berputar (swirling). Dengan adanya pemasangan turbo cyclone diharapkan campuran udara dan bahan bakar lebih homogen. Penelitian dilaksanakan di Labolatorium Teknik Mesin, FakultasTeknologi Industri Universitas Balikpapan. Pengujian dilakukan pada motor Honda Vario 110 dengan menggunakan bahan bakar pertalite sebanyak 10 ml dengan kondisi tanpa turbo cyclone dan dengan turbo cyclone sudut 500 dan 600 dengan variasi putaran engine pada 3000 rpm, 3500 rpm, 4000 rpm dan 4500 rpm.Hasil pengujian menunjukkan bahwa pemasangan turbo cylone pada kendaraan bermotor jenis motor Vario 110 menghasilkan penghematan bahan bakar sebesar 3,61% untuk turbo cyclone sudu 500 pada putaran engine 4500 rpm dan sebesar 9,64% untuk turbo cyclone sudu 600 pada putaran engine 4500 rpm.References
Bibid, W. (2018). Analisis Pengaruh Pemasangan Jenis Turbo Cyclone dan Intake Manifold Modifikasi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Karburator.
Depertemen Perhubungan. (2005). Direktorat Jendral Perhubungan Darat. Jakarta.
Meiraga, R. (2013). Pengaruh Variasi Sudut Sudu Turbo Cyclone Terhadap Unjuk Kerja Pada Kendaraan Honda Civic SR4. Jurnal JTM 1 (2): 206-210.
Pradana, E. A. (2013). Rekayasa Cyclone Turbine Ventilator.: Institut Teknik Telkom, Jakarta
Rizal, F. Y. (2018). Pengaruh Penambahan Terhadap Aliran dan Performa Motor Bakar. Jurnal Turbo 7(1): 2301-6663.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Suliyono. (2013). Pengaruh Penggunaan Turbo Cyclone dan Busi Iridium Terhadap Emisi Gas Buang. Jurnal JTM 2(2): 27-35.
Taufiq, H. (2016). Efektifitas Pemanfaatan Sudu Statis Pada Karburator hubungannya dengan tingkat Pemakaian dengan tingkat Bahan Bakar Bensin Pada sepeda Motor. Jurnal Auntindo 1(3): 2442-7918.