ANALISIS KENYAMANAN PEJALAN KAKI TERHADAP JALUR PEDESTRIAN DI JALAN VETERAN BOJONEGORO

Authors

  • Dicky Zakaria Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Aji Suraji Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang
  • Dafid Irawan Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Widyagama Malang

Abstract

Ruang kota merupakan tempat terbuka bagi semua. Pedestrian merupakan ruang terbuka akan tetapi ruang terbuka ini sangatlah minim untuk digunakan dikarenakan diambil alih fungsi bagi pedagang kaki lima, tukang becak, lahan didirikan toko, dari beberapa faktor dapat dijadikan bahan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan, fisik, jumlah pengguna, tingkat kenyamanan. Lokasi penelitian dilaksanakan pada jalan protokol jalan veteran kabupaten Bojonegoro dengan menggunakan metode pengambilan data kuesioner dan observasi. Tahapan metode analisis dengan identifikasi fisik jalur, uji instrument penelitian, uji prasyarat normalitas, uji hipotesis. Hasil Penelitian dari 13 aspek indikator kenyamanan didapat 2 aspek mendapatkan kategori Nyaman, 8 aspek mendapatkan kategori Cukup Nyaman dan 3 aspek mendapatkan kategori Kurang Nyaman. Jadi secara umum tingkat kenyamanan pejalan kaki terhadap penggunaan jalur pedestrian dapat dikategorikan Cukup Nyaman.

References

Muslihun, 2013 “Studi Kenyamanan Pejalan Kaki Terhadap Pemanfaatn Jalur Pedestrian di Jalan Protokol Kota Semarang (Studi Kasus Jalan Pahlawan)â€.

Duli, N. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS (A. D. Nabila, Ed.; Pertama). CV. Budi Utama.

Kalvin, J., Sirait, M., Naibaho, P. D. R., Aritonang, E. R., Mahasiswa, ), Arsitektur, P., Teknik, F., Katolik, U., Thomas, S., Utara, S., & Pengajar, S. (2018). Kalvin J Kajian Tentang Jalur Pedestrian Berdasarkan Aspek Kenyamanan. In Jurnal Arsitektur ALUR (Vol. 1, Issue 2).

Kenyamanan Jalur Pedestrian Di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang Berdasarkan - Andi Purnomo dkk, T., Purnomo, A., & Moch Fathoni Setiawan, dan.

Tingkat kenyamanan jalur pedestrian di kawasan simpang lima kota semarang berdasarkan persepsi pengguna.

Kualitas Fisik Jalur Pedestrian Dan Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Sosial Ekonomi Di Jl Ir Juanda Kota Sukabumi ISRO SAPUTRA, P. H., & Kurnia Ramadhan, I. Scanned Image.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif (Pertama). CV. Budi Utama.

https://books.google.com.sg/books?id=Zw8REAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id

Suminar, L., & Anjar Sari, P. (2021). Identifikasi Fasilitas Pejalan Kaki di Koridor Jalan Affandi Yogyakarta. 4(3).

Moura, F., Cambra, P., & Gonc, A. B. (2017). Landscape and Urban Planning Measuring walkability for distinct pedestrian groups with a participatory assessment method : A case study in Lisbon. 157, 282–296.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Jamei, E., & Rajagopalan, P. (2017). Urban development and pedestrian thermal comfort in Melbourne. Solar Energy, 144, 681–698. https://doi.org/10.1016/j.solener.2017.01.023

Kang, C. D. (2016). Spatial access to pedestrians and retail sales in Seoul, Korea. Habitat International, 57, 110–120.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV Tanan, N., Kementerian, B., Umum, P., Suprayoga, G. B., Kementerian, B., & Umum, P. (2015). Fasilitas Pejalan Kaki Dalam Mendukung Program Pengembangan Kota Hijau. Jurnal HPJI, 1(1), 17–28.

Public Transport Reform Guideline for Indonesian Cities (2019). ITD. Availableat:https://www.itdp-indonesia.org/wpcontent/uploads/2019/01/Public-Transport-Reform-Guideline-for-Indonesian-Cities-Mobilize-Revisi-1-1.pdf

Porcu, F., Olivo, A., Maternini, G., Barabino, B. (2020). Evaluating bus accident risks in public transport. Transportation Research Procedia,45,443–450.

Suraji, A., Harnen, S., Wicaksono, A., Djakfar, L. (2017). Driver Performance Problems of Intercity Bus Public Transportation Safety in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 267, 012026.

M. D. Setyowati, “Pemanfaatan Pedestrian Ways di Koridor Komersial di Koridor Jalan Pemuda Kota Magelangâ€, RUAS, vol. 15, no. 1, pp. pp.13–22, Aug. 2017.

Maitimu, A., & Istia, P. T. (2022). Analisis Tingkat Kinerja Operasional Simpang Tak Bersinyal Batumeja (Studi Kasus Jln. Pattimura, Jln. Rijali, Jln. Sirimau, Jln A. Yani Kota Ambon). Manumata: Jurnal Ilmu Teknik, 8 (2),115-123.

Abdi, G. N., Priyanto, S., & Malkamah, S. (2019). Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Padjajaran (Ring Road Utara), Sleman Teknisia, 55-64.

I. Hanry, A. Tungka, and A. M. Malik, “Kajian Tingkat Kenyamanan Pada Jalur Pedestrian Di Kota Manado (Studi Kasus: Jalan Sam Ratulangi)â€, jcm, vol. 3, no. 2, pp. 346-356, May 2023.

Downloads

Published

2023-08-18

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>