PENTINGNYA INOVASI PRODUK PADA UMKM KERUPUK SINGKONG NUSANTARA PUTRA DI DUSUN SEKARPUTIH KOTA BATU
Abstract
UMKM memiliki peran yang besar bagi pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Salah satu UMKM yang banyak digeluti masyarakat Indonesia adalah pemanfaatan singkong yang diolah menjadi makanan yaitu kerupuk. Nusantara Putra merupakan salah satu sentra usaha kerupuk singkong yang berada di Kota Batu, tepatnya di Dusun Sekarputih, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo. UMKM kerupuk singkong tersebut merupakan industri rumah tangga yang sudah berjalan selama kurang lebih 15 tahun dan dikelola oleh anggota keluarga saja. Meskipun usaha tersebut sudah berjalan lama, namun sampai saat ini belum ada pengembangan produk yang terlihat secara signifikan. Baik dari segi produk kerupuk singkongnya sendiri, maupun dari segi metode pemasarannya. Dengan adanya permasalahan yang dihadapi oleh pemilik usaha, maka perlu dilakukan penyuluhan mengenai inovasi produk dan dampaknya bagi pelaku usaha tersebut. Diharapkan dengan terlaksananya penyuluhan ini dapat membantu memberikan gambaran bagaimana cara melakukan pengembangan dan peningkatan harga jual produk. Sehingga UMKM Kerupuk SIngkong Nusantara Putra ini tetap dapat bisa bertahan dan bersaing dengan produk kerupuk singkong lainnya.References
Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, “Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah,†2022. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah (accessed Aug. 17, 2023).
Binus, “Peran UMKM Dalam Perekonomian Indonesia | BINUS UNIVERSITY BANDUNG - Kampus Teknologi Kreatif,†2020. https://binus.ac.id/bandung/2020/11/peran-umkm-dalam-perekonomian-indonesia/ (accessed Aug. 17, 2023).
H. H. Sari, T. Ramdani, N. Yunengsih, R. S. Maryam, E. J. Ningsih, and I. Sujai, “Analisis Umkm Pembuatan Keripik Singkong Di Desa Jatinagara Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis,†Pros. Semin. Nas. Progr. Stud. Ilmu Pemerintah. Univ. Galuh, pp. 359–367, 2022.
A. S. Noor and B. Lestari, “Penyuluhan Strategi Pemasaran Dalam Hal Penjualan Kripik Singkong di Kecamatan Banjarmasin Utara,†Pros. Hasil-Hasil Pengabdi. Kpd. Masy., pp. 671–678, 2019.
C. Winarti, “Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19,†Pros. Semin. Nas. Bisnis Seri ke-4, vol. 1, no. 1, pp. 195–206, 2021.