ANALISIS CAMPURAN KOH DAN H2O TERHADAP PROSES PENYERAPAN CO2 PADA BIOGAS HASIL TERNAK DAN BIOGAS HASIL TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH (TPS)

Agus Suyatno, Dadang Hermawan

Abstract

Di Indonesia sumber energi alternatif cukup tersedia. Misalnya, energi matahari di musim kemarau atau musim kering, energi angin dan air. Tenaga air memang paling banyak dimanfaatkan dalam bentuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA), namun bagi sumber energi lain belum kelihatan secara signifikan. Energi terbarukan lain yang dapat dihasilkan dengan teknologi tepat guna yang relatif lebih sederhana dan sesuai untuk daerah pedesaan adalah energi biogas dengan memproses limbah bio atau bio massa di dalam alat kedap udara yang disebut digester. Biomassa berupa limbah dapat berupa kotoran ternak bahkan tinja manusia, sisa-sisa panenan seperti jerami, sekam dan daun-daunan sortiran sayur dan sebagainya. Namun, sebagian besar terdiri atas kotoran ternak.
Pada penelitian ini diharapkan mempunyai tujuan akhir yaitu mengetahui penggunaan campuran KoH dan H2O terhadap proses penyerapan CO2 pada biogas hasil ternak dan biogas hasil tempat pembuangan sampah (TPS). Dengan adanya proses penyerapan CO2 terhadap biogas hal ini kandungan CH4 yang ada akan semakin meningkat prosentasinya sehingga efisiensi panas yang dihasilkan oleh biogas semakin baik. Dengan semakin banyaknya energi yang dibuat dari limbah bio atau bio massa maka dibutuhkan sebuah instalasi biogas yang lebih sederhana dan murah sehingga dapat dinikmati khususnya warga pedesaan sehingga biogas yang dihasilkan tersebut bisa lebih baik kandungan CH4 nya dan proses penggunaan biogas akan lebih hemat karena tingkat kemurniaan dari biogas maka efisiensi panasnya lebih baik.
Pada penelitian dihasilkan semakin tinggi variasi KOH dan H2O maka proses penyerapan CO2 semakin banyak. Semakin banyak penyerapan CO2 yang dihasilkan maka semakin meningkat prosentasi CH4 yang dihasilkan. Pada peningkatan CH4 untuk TPS, didapatkan hasil yang sedikit bila dibandingkan dengan CH4 untuk biogas ternak sapi. Hal ini dikarenakan volume total biogas pada TPS lebih kecil dibandingkan dengan volume total gas pada ternak sapi.

Kata Kunci : Jenis Biogas, Debit, Komposisi Biogas, Waktu

Article Metrics

Abstract view : 218 times
PDF view : 1101 times

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.