PENINGKATAN GRADE KAIN SARUNG DENGAN MENGURANGI CACAT MENGGUNAKAN METODE KAIZEN DAN SIKLUS PDCA PADA PT. X

Muhammad Saiful Arif, Chauliah Fatma Putri, Ngudi Tjahjono

Abstract

Perkembangan industri yang semakin pesat menuntut perusahaan agar dapat bersaing dengan cara meningkatkan kualitas produk. Untuk meningkatkan kualitas produk, perusahaan mengikuti standar kualitas seperti pada PT. X yang merupakan perusahaan textile berorientasi ekspor. Perusahaan ini memiliki standar kualitas internasional yaitu ISO 9001 dan ISO 14001. Permasalahan kemudian muncul ketika perusahaan memiliki banyak cacat produk dan tidak memenuhi standar yang ditentukan. Pada PT. X, kurangnya pengendalian kualitas khususnya pada Grade non-A dimana kain sarung memiliki tingkat defect (kecacatan) yang cukup tinggi sehingga akan merugikan perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh efisiensi proses kerja yang baik dengan upaya meningkatkan kualitas grade secara efektif, dengan menggunakan konsep Kaizen dan PDCA (Plan, Do, Check, and action). Hasil dari penelitian ini menunjukkan prosentase cacat yang paling besar didominasi oleh Filling bar sebesar 12373 atau 1,25% pada bulan Desember 2016.  

Article Metrics

Abstract view : 712 times
PDF view : 914 times

Full Text:

PDF

References

C. I. Parwati dan R. M. Sakti. 2012. "Pengendalian Kualitas Produk Cacat Denga Pendekatan Kaizen Dan Analisis Masalah Dengan Seven Tools." SNAST.Yogyakarta

A. N. Fauzi. 2015. "AnalisisPengendalian Kualitas Produksi Sarung Tangan Di PT.Adi Satria Abadi Dengan menggunakan Metode Six Sigma-DMAIC." UINSK. Yogyakarta.

P. Kotler. 2000. "Manajemen Pemasaran." Edisi Millenium. Jakarta: PT. Prenhallindo.

B. Ayu, 2015. "Makalah Manajemen Mutu Perbaikan Berkesinambungan (Kaizen). Dilihat 08 April 2017. http://bidariayu92.blogspot.co.id/2015/01/ makalah-manajemen-mutu-perbaikan.html

P. Kotler dan A. Gary. 2001. “Prinsip-prinsip Pemasaran.” Jakarta: Erlangga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.