Tanggung Jawab Hukum PT. Gojek Indonesia Atas Hilangnya Saldo Go-Pay Konsumen Dalam Layanan Go-Food

Authors

  • Rahmadi Indra Tektona Fakultas Hukum Universitas Jember
  • Dyah Ochtorina Susanti Fakultas Hukum Universitas Jember
  • Nurhayati Nurhayati Fakultas Hukum Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31328/wy.v3i1.1350

Keywords:

Responsibility, PT. Gojek Indonesia, Go-Pay

Abstract

This research was conducted to analyze the legal issues regarding the legal responsibility of PT. Gojek Indonesia for consumer losses due to loss of Go-Pay balance in the Gojek account when using the Go-Food service. The type of research used by the author is the type of normative juridical assessment. Then the method used is the law approach and conceptual approach. Whereas the source of legal material consists of:/ a.) Primary legal material, namely laws, and regulations; b.) Secondary legal material includes law books, legal journals, and scientific works in the field of law c.) Non-legal material in the form of information from the internet relating to the science of law related to the problem being studied. Analysis of the legal material used is to use the method of deductive analysis, which is a method of things that are general towards specific things. The results of the research on PT. Gojek Indonesia in the event of loss of consumer balance is liability based on an element of error. PT. Gojek Indonesia as the manager of the Gojek application is obliged to bear consumer losses by providing compensation in the form of returning a sum of money or replacing a lost amount

References

DAFTAR PUSTAKA

Buku:

Ochtorina, Dyah dan A’an Effendi. Penelitian Hukum. Jakarta: Sinar Grafika, 2015..

Marzuki, Pieter Mahmud. Penelitian Hukum Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2017.

Miru, Ahmadi dan Sutarman Yodo. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: (PT Raja Grafindo Persada,2011), Op. Cit. hlm. 127.

Wulandari Andi Sri Rezky dan Tadjuddin, Nurdiyana. Hukum Perlindungan Konsumen. (Jakarta : Mitra Wacana Media, 2018.

Zulham. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta : PT. Prenada Media Group,. 2013.

Pieter Mahmud. Penelitian Hukum Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2017

Peraturan Perundang-undangan:

Kitab Undang – undang Hukum Perdata

Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 42, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3821).

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 251 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5952).

Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 tentang penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Perjanjian Elektronik tentang Ketentuan Penggunaan Aplikasi Gojek.

Artikel Jurnal:

Junior, Mega Swastika. “Konflik Gojek Studi Fenomenologi Terhadap Konflik Pengemudi Gojek di Kota Kediriâ€. Jurnal Analisa Sosiologi, April (2017) ;hlm. 18

Putra,Setia. “Hukum Perlindungan Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Jual-Beli melalui E-Commerceâ€. Jurnal ilmu Hukum. Volume. 4 No. 2 Februari-Juli (2014); hlm. 288

Putri, Vanda Widyawati dan Sunarjo. “Tanggung Jawab PT Gojek Indonesia Terhadap Kerugian yang Diderita Pengemudi Gojek Melalui Fitur Go-Foodâ€. Jurnal Cakrawala Hukum,Volume .9 Nomor. 1, Juni ( 2018); hlm. 90

Rahman, Arif. “Penyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Serangâ€. Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 2 No. 1, Juni (2018); hlm. 28.

Septiyati, Lusi dan Siti Nurbaiti. “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Transaksi Dengan Sistem Pembayaran Go-Payâ€. Jurnal hukum Adigama. hlm. 4.

Tazkiyyaturrohmah, Rifqy. “Eksistensi Uang Elektronik Sebagai Alat Transaksi Keuangan Modernâ€. Jurnal Muslim Heritage,Volume .3 Nomor. 1, Mei (2018); hlm.22

Internet :

Darian,Harvey. “Pejabat Kominfo Keluhkan Kehilangan Saldo Gopay Rp800 Ribuâ€

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190125195225-185-363961/pejabat-kominfo-keluhkan-kehilangan-saldo-Go-Pay-rp800-ribu, diakses pada hari Rabu, 16 Oktober 2019.

,Gojek

https://www.gojek.com, diakses pada tanggal 14 Oktober 2019 pukul 16.10 WIB.

Published

2020-05-24

How to Cite

Tektona, R. I., Susanti, D. O., & Nurhayati, N. (2020). Tanggung Jawab Hukum PT. Gojek Indonesia Atas Hilangnya Saldo Go-Pay Konsumen Dalam Layanan Go-Food. Widya Yuridika, 3(1), 77–94. https://doi.org/10.31328/wy.v3i1.1350