Pengembangan Kemampuan dan Kreativitas Anak Usia Dini di KB Al-Qur’an Melalui Penerapan Seni dan Senam Gerak Tubuh

Authors

  • Sabar Setiawidayat
  • Nor Widianah Risqi

DOI:

https://doi.org/10.31328/js.v7i1.5753

Keywords:

Keterampilan, Kreativitas, Senam, Gerak Tubuh

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan fase penting dalam pembentukan karakter dan keterampilan anak-anak. Kelompok Bermain Al-Qur'an (KB Al-Qur'an) di Kabupaten Malang menjadi salah satu pusat aktivitas anak-anak yang memperoleh dukungan dari Perguruan Tinggi Universitas Widyagama Malang dalam rangka memberikan kontribusi terhadap pembangunan sosial dan pendidikan di daerah sekitarnya. Artikel ini membahas mengenai implementasi dari dua program, yaitu senam edukatif harian dan program keterampilan motorik halus, yang bertujuan untuk mengatasi masalah kurangnya penggunaan seni dan gerak tubuh dalam pengembangan keterampilan dan kreativitas anak-anak di KB Al-Qur'an. Metode penelitian dalam artikel ini melibatkan analisis kebutuhan, perencanaan program, pengadaan kebutuhan, arahan, implementasi program, dan monitoring serta evaluasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kedua program tersebut memberikan dampak positif yang signifikan, seperti peningkatan keterlibatan anak-anak dalam aktivitas pembelajaran, kreativitas, keterampilan motorik halus, dan interaksi sosial. Program-program ini juga membawa manfaat langsung terhadap kesehatan fisik dan mental anak-anak. Kedua program berhasil mencapai tujuan untuk meningkatkan kreativitas, keterampilan motorik halus, dan kesejahteraan anak-anak di KB Al-Qur'an, serta memperkuat hubungan antar teman sebaya. Dukungan dari Universitas dan kerja sama dengan kelompok masyarakat sekitar membuktikan bahwa kolaborasi antara lembaga pendidikan dan masyarakat dapat membentuk lingkungan belajar yang inklusif dan memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan anak pada tingkat usia dini.

Downloads

Published

2024-04-19