Motivasi Pengaruh Orang Tua, Karir, Sosial, dan Ekonomi terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti PPAk

  • Cici Selfiana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Sulis Rochayatun Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Motivasi Orang Tua, Karir, Sosial, Ekonomi, PPAk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi (pengaruh orang tua, karir, sosial, ekonomi) terhadap variabel minat mahasiswa jurusan akuntansi mengikuti PPAk. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer dan sekunder. Populasi penelitian ini mahasiswa UIN Maliki Malang  jurusan akuntansi angkatan 2017, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling (kriteria tertentu) sehingga sampel yang dihasilkan sebanyak 52 sampel. Tekhnik pengambilan data dengan cara menyebarkan kuesioner melalui link google form. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel motivasi (pengaruh orang tua, karir, sosial, ekonomi) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa jurusan akuntansi mengikuti PPAk dengan nilai F-hitung (19,178) > F-tabel (2,57). Secara parsial menunjukkan variabel motivasi pengaruh orang tua dan motivasi karir memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa jurusan akuntansi mengikuti PPAk, sedangkan variabel motivasi sosial dan motivasi ekonomi tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa jurusan akuntansi mengikuti PPAk.

References

Abidin, A. Z., & Ervanto, A. D. (2015). Pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti ujian certified public accountant (CPA). Journal of Auditing, Finance, and Forensic Accounting, 3(1), 55-68. https://doi.org/10.21107/jaffa.v3i1.957

Aji, M. S., Rispantyo, R., & Kristianto, D. (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Survei pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 15(4), 528-536. https://doi.org/10.33061/jasti.v15i4.3738

Anggraini, D., & Nursiam, N. (2019). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)(Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). Prosiding Seminar Bisnis Magister Manajemen (SAMBIS) 2019.

Aulia, S., Fitriany, A., Anggraita, V., & Arywarti, A. (2019). Motivasi Ikut Pendidikan Profesi Akuntansi dan Menjadi Akuntan Publik: Studi Empiris pada Mahasiswa S1 Akuntansi. Jurnal Ilmu Akuntansi, 12(1), 1-18.

Dalci, İ., & Özyapici, H. (2018). Cultural values and students’ intentions of choosing accounting career. Journal of Financial Reporting and Accounting, 16(1), 179-196. https://doi.org/10.1108/JFRA-09-2016-0072

Dyastari, N. P. S., & Yadnyana, I. K. (2016). Pengaruh motivasi pada minat mahasiswa non akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 16(1), 333-361.

Fajarsari, H. (2020). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Kota Semarang. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 30-43.

Fauzy, U. (2014). Pengaruh Perhatian dan Motivasi Orang Tua Terhadap Sikap Belajar Siswa Kelas VI di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi.

Handoko, T. (2003). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE.

Hatane, S. E., Setiono, F. J., Setiawan, F. F., Semuel, H., & Mangoting, Y. (2021). Learning environment, students' attitude and intention to enhance current knowledge in the context of choosing accounting career. Journal of Applied Research in Higher Education, 13(1), 79-97. https://doi.org/10.1108/JARHE-06-2019-0156

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Repubik Indonesia Nomor 179/U/2001 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntansi. Diakses pada tanggal 22 Desember 2020 pukul 18.09 dari https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permen179-U-2001ProfesiAkuntan.pdf

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 180/P/2015 Tentang Pengangkatan Panitia Ahli Persamaan Ijazah Akuntan. Diakses pada tanggal 22 Desember 2020 pukul 18.09 dari http://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2015/PM_180_TAHUN_2015.pdf

Owusu, G. M. Y., Obeng, V. A., Ofori, C. G., Ossei Kwakye, T., & Bekoe, R. A. (2018). What explains student’s intentions to pursue a certified professional accountancy qualification?. Meditari Accountancy Research, 26(2), 284-304. https://doi.org/10.1108/MEDAR-06-2016-0065

Program Studi Akuntansi UIN Malang Tentang Jumlah Data Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan 2017, Diakses pada tanggal 20 Januari 2021 pukul 13.57 dari email jurusan ([email protected]).

Saputra, R., & Kustina, K. T. (2019). Minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi penilai ditinjau dari motivasi sosial, motivasi karir dan motivasi ekonomi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 4(1), 73-80.

Sastrohadiwiryo, S. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Adminstrasi dan Operasional. Bumi Aksara

Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sulaiman, W. (2004). Analisis Regresi Menggunakan SPSS, Contoh Kasus dan Pemecahannya. Penerbit Andi.

Sulistyan, R. B. (2017). Contribution Of Leadership And Environmental Work In Improving Employee Motivation. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 1(2), 166-177. https://doi.org/10.30741/adv.v1i2.196

Tafsiran surah Al-Hujurat ayat: 11. Diakses pada tanggal 2 mei 2021 pukul 13.59 dari https://www.merdeka.com/quran/al-hujurat/ayat-11

Tafsiran surah Ali-Imran ayat: 195. Diakses pada tanggal 2 mei 2021 pukul 13.24 dari https://www.merdeka.com/quran/ali-imran/ayat-195

Tafsiran surah An-Nisa ayat: 9. Diakses pada tanggal 2 Mei 2021 pukul 13.00 dari https://www.merdeka.com/quran/an-nisa/ayat-9

Tafsiran surah Ar-Rad ayat: 11. Diakses pada tanggal 1Februari 2021 pukul 16.24 dari https://www.merdeka.com/quran/ar-rad/ayat-11

Vesperalis, A. A. A. D., & Ketut Muliartha, R. M. (2017). Pengaruh Motivasi Pada Minat Sarjana Akuntansi Universitas Udayana Untuk Mengikuti PPAK. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19(2), 1691-1718.

Widyastuti, S., & Juliana. (2004). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mngikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Jurnal dan Prosiding SNA-Simposium Nasional Akuntansi VII.

Yuesti, A., Putri, N. P. N. D. E., & Sudiartana, I. M. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Empiris pada Mahasiswa Prodi Akuntansi, Universitas Mahasaraswati Denpasar). JSAM (Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen), 1(2), 151-187.

Published
2021-06-19
How to Cite
Selfiana, C., & Rochayatun, S. (2021). Motivasi Pengaruh Orang Tua, Karir, Sosial, dan Ekonomi terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti PPAk. Journal of Public and Business Accounting, 2(1), 19-28. https://doi.org/10.31328/jopba.v2i1.141
Section
Article Text