Pengaruh Destination Image, Nilai Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah destination image, nilai pelanggan, dan kepuasan pelanggan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah accidental sampling, dengan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 80 Responden di Cafe Habbit Eatery Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: destination image, nilai pelanggan, loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Dalam upaya peningkatan pelanggan pada Café Habbit Eatery Malang sangatlah penting untuk terus meningkatkan image, memperhatikan pelanggan, dan selalu menjaga kepuasan pelanggannya. Faktor yang berpengaruh penting adalah destination image, dimana faktor akan memberikan dampak paling penting dalam upaya menjaga loyalitas pelanggan café.
References
Amalia, I. Murwatingsih.(2016). Pengaruh citra destinasi dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung. Management Analysis Journal, 5(3), 257-268.
Artuğer, S., Çetinsöz, B. C., & Kılıç, I. (2013). The effect of destination image on destination loyalty: An application in Alanya. European Journal of Business and Management, 5(13), 124-136.
Bigne, J. E., Sanchez, M. I., & Sanchez, J. (2001). Tourism image, evaluation variables and after purchase behaviour: inter-relationship. Tourism Management, 22(6), 607-616. https://doi.org/10.1016/S0261-5177(01)00035-8
Chen, C. F., & Tsai, D. (2007). How destination image and evaluative factors affect behavioral intentions?. Tourism Management, 28(4), 1115-1122. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2006.07.007
Chi, C. G. Q., & Qu, H. (2008). Examining the structural relationships of destination image, tourist satisfaction and destination loyalty: An integrated approach. Tourism Management, 29(4), 624-636. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2007.06.007
Hanif, A., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Batu). Brawijaya University.
Hendrawan, B. (2013). Pengaruh Customer Satisfaction dan Corporate Image terhadap Customer Loyalty Provider “XL” di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 2(2), 1-4. https://doi.org/10.33508/jumma.v2i2.390
Huang, S., & Hsu, C. H. (2009). Effects of travel motivation, past experience, perceived constraint, and attitude on revisit intention. Journal of travel research, 48(1), 29-44.
Iskhak, B. (2018). Fenomenamahasiswa “ngopi” di Angkringan 99. Paradigma, 6(1), 1-7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/22760
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran. PT. Malanan Jaya Cemerlang.
Lontoh, J. K., Tumbel, A. L., & Kawet, R. C. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(4), 11-20. https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30435
Prayag, G. (2009). Tourists'evaluations Of Destination Image, Satisfaction, And Future Behavioral Intentions - The Case Of Mauritius. Journal of Travel & Tourism Marketing, 26(8), 836-853. https://doi.org/10.1080/10548400903358729
Prayag, G. (2012). Paradise for who? Segmenting visitors' satisfaction with cognitive image and predicting behavioural loyalty. International Journal of Tourism Research, 14(1), 1-15. https://doi.org/10.1002/jtr.837
Qu, H., Kim, L. H., & Im, H. H. (2011). A model of destination branding: Integrating the concepts of the branding and destination image. Tourism Management, 32(3), 465-476. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2010.03.014
Rahmawati, Y., & Suminar, B. (2014). Pengaruh Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Word Of Mouth pada Pelanggan Honda Motor di Surabaya. Journal of Business & Banking, 4(1), 15-30. http://dx.doi.org/10.14414/jbb.v4i1.290
Sopanah, A., Bahri, S., & Ghozali, M. (2018). Creative Economic Development Strategy in Malang City. KnE Social Sciences, 3(10). https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3386
Sulistyan, R. B. (2017). Website Management Training Tourism Village in Sumber Pakel Padang District Lumajang. International Journal of Society Development and Engagement, 1(1), 120-128. https://doi.org/10.29138/scj.v1i2.587
Sumadi, S., & Soliha, E. (2015). The Effect of Bank Image and Trust on Loyality Mediated by Customer Satisfaction. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 6(2), 121-132.
Sаch, I. (2010). Ilmu Pаriwisаtа. Jаkаrtа : Kementriаn Kebudаyааn RepublikIndonesiаSuryа Online Surаbаyа. 2014. Duа Museum Ini Terbengkаlаi, Pengunjung Bisа Dihitung Dengаn Jаri. (http://surаbаyа.tribunnews.com/)
Yuksel, A. (2001). Managing customer satisfaction and retention: A case of tourist destinations, Turkey. Journal of Vacation Marketing, 7(2), 153-168. https://doi.org/10.1177/135676670100700205
Copyright (c) 2023 Lailatus Sa’adah, Yuyuk Liana (authors)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.