Strategi Pemerintah Dalam Menciptakan Ekonomi Biru Dalam Menciptakan Ruang Pasar Di Era Global Berbasis Agribisnis

  • Didin Hadi Saputra Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Mufidah Mufidah Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • M Nasuhi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Erlita Maydasari Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
Keywords: Ekonomi Biru, Pasar Global, Agribisnis

Abstract

Pasar selalu dipenuhi persaingan dan tantangan. Tantangan yang paling penting adalah melihat pasar untuk lebih kreatif dalam melihat peluang, melihat ceruk pasar yang belum dieksplorasi, inovasi tentang cara membidik pasar secara tepat. Blue ocean strategy pada dasarnya adalah strategi untuk menaklukkan menawar pesaing melalui fitur produk yang inovatif dan memiliki diabaikan oleh pesaing. Contoh Penerapan Blue Ocean Strategy yakni strategi biru paling fenomenal ini contohnya bisa dilihat pada kisah sukses skutik Yamaha Mio. Sebelum motor jenis ini muncul, pasar sepeda motor didominasi oleh jenis konvensional dengan Honda sebagai penguasanya. Suatu bentuk kurva nilai menjauhi yang lain pesaing, yaitu upaya untuk mengeksplorasi dan melihat baru alternatif tanpa harus membandingkan diri Anda dengan pesaing lainnya. Ketika strategi perusahaan terbentuk reaktif dalam upaya untuk mengikuti irama persaingan, maka strategi tersebut akan kehilangan keunikannya. Contoh strategi samudra biru juga drama legendaris kemenangan produk iPod Apple yang merenggut habis pasar musik digital. Produk iPod benar-benar inovatif, dan sama sekali berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, seperti walkman atau pemutar musik CD yang dikendalikan oleh Sony. Blue Ocean Strategy adalah taktik untuk menundukkan musuh melalui fitur yang menawarkan produk inovatif dan diabaikan oleh pesaing. Landasan untuk Creating Blue Ocean adalah Perusahaan harus melakukan Value Innovation karena tidak selamanya nilai yang kita terapkan akan permanen, hal ini dikarenakan kompetitor mereka meniru nilai-nilai yang kita bangun.

References

Ariza, R. A., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Digital di Kota Medan. Journal of Vision and Ideas (VISA), 1(2), 188-194.

Fajri, C. (2012). Tantangan Industri Kreatif-Game Online di Indonesia. Jurnal Aspikom, 1(5), 443-454.

Gronroos, C. (2004). Manajemen Layanan dan Pemasaran. Lexington.

Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2006). Blue Ocean Strategy. Harvard Business School Publishing Corporation.

Kim, W., & Mauborgne, R. (2005). Strategi Samudra Biru. Harvard Business School Press.

Masriansyah, L. (2020). Go Digitial and Customer Relationship Marketing sebagai Strategi Pemulihan Bisnis UMKM yang Efektif dan Efisien di Masa Adaptasi New Normal. Equator Journal of Management and Entrepreneurship, 8(4), 126-140.

Nasution, L. Z. (2020). Penguatan Industri Halal bagi Daya Saing Wilayah: Tantangan dan Agenda Kebijakan. Journal of Regional Economics Indonesia, 1(2), 33-57.

Nasution, N. (2018). Strategi Manajemen Penyiaran Radio Swasta Kiss Fm Dalam Menghadapi Persaingan Informasi Digital. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 167-178.

Nurhayati, D. (2015). Strategi Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Global Dibidang Ekonomi. Jurnal Heritage, 3(1), 33-48.

Prameswari, P. I., Nawangsih, & Sulistyan, R. B. (2018). Identifikasi Preferensi Pengunjung Terhadap Destinasi Wisata. Progress Conference, 1(1), 138-145.

Sulistyan, R. B., Carito, D. W., Cahyaningati, R., Taufik, M., Kasno, K., & Samsuranto, S. (2022). Identification of Human Resources in the Application of SME Technology. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 22(1), 70-76. https://doi.org/10.30741/wiga.v12i1.799

Triyaningsih, S. L. (2012). Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12(1), 37-46.

Varadarajan, R. (2010). Strategic marketing and marketing strategy: domain, definition, fundamental issues and foundational premises. Journal of the Academy of Marketing Science, 38, 119-140.

Widajat, R. (2013). Blue Ocean-Hospital Strategy. Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, H., & Sirine, H. (2016). Strategi segmenting, targeting, positioning serta strategi harga pada perusahaan Kecap Blekok di Cilacap. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), 1(03), 175-190.

Zeithamal, V. A., & Bitner, M. J. (1996). Services Marketing, International Ed. The McGraw-Hill Companies.

Published
2022-12-24
How to Cite
Saputra, D. H., Mufidah, M., Nasuhi, M., & Maydasari, E. (2022). Strategi Pemerintah Dalam Menciptakan Ekonomi Biru Dalam Menciptakan Ruang Pasar Di Era Global Berbasis Agribisnis. Journal of Public and Business Accounting, 3(2), 96-100. https://doi.org/10.31328/jopba.v3i2.284
Section
Article Text