Pengolahan Limbah Cair Domestik dengan Tanaman Eceng Gondok untuk Menghasilkan Air Bersih

Anita Rahmawati

Abstract

Limbah cair domestik merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang perlu diatasi dengan proses pengolahan sehingga air bersihnya dapat dimanfaatkan kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan efluen yang memenuhi persyaratan baku mutu air yang layak untuk digunakan kembali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Fitoremediasi, dimana sampel limbah cair dimasukkan kedalam wadah sebagai reaktor. Reaktor dibiarkan terbuka dan dilengkapi dengan aerator. Setelah itu limbah cair yang keluar (effluent) dari reaktor dialirkan menuju alat filtrasi dan tempat penampungan diberi tanaman eceng gondok (Eichhornia Crassipes) dengan tujuan untuk mengetahui daya serap eceng gondok terhadap COD dan logam berat Cu dan Cr. Penelitian ini dilakukan dengan membiarkan kurang lebih 700 gram eceng gondok tumbuh dalam 5 liter sampel limbah cair Laboratorium Teknik Universitas Islam Malang selama 14 hari. COD dan kandungan logam berat Cu dan Cr dalam limbah diukur setiap hari selama  perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya penurunan COD, kandungan logam berat Cu dan Cr, yang diduga akibat adanya aktivitas biologi yang mengoksidasi senyawa organik maupun anorganik yang terkandung dalam air limbah.

Keywords

air bersih, eceng gondok, limbah cair domestik

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF view : 31 times

Full Text:

PDF

References

Nusa I.S. Petrus N.R., Arie H. 2006. Alat Pengolah Air Limbah Rumah Tangga Semi

Komunal. www.kalair.bppt.go.id/Sitpa/Artikel/Limbahrt/limbahrt.html.

Metcalf dan Eddy, 1991. Wastewater Engineering: Treatment, Disposal and Reuse,

McGrawHill, New YorkMPMSAA. 2008. Urban Greywater Design and Installation Handbook. Australian Government.

Zhe Li, Fergal B., Anthony R. 2010. “Rainwater Harvesting and Greywater Treatment System for domestic Application in Ireland”. Desalination, 260: 1-8. Elsevier.

Asdak. C., 2010. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Gadjah Mada University Press.Erickson.

Allen, K, dan Nura A. D. 2014. Perencanaan Sistem penyaluran Air Limbah Domestik Kota Bogor Menggunakan Air Hujan Unruk debit Penggelontoran. Jurnal Manusia dan Lingkungan vol.22 No.1 (Institut Pertanian Bogor) IPB, Bogor.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.