DAMPAK MBKM TERHADAP MAHASISWA MAGANG DI PLN UPDL PANDAAN
DOI:
https://doi.org/10.31328/ciastech.v0i0.3438Keywords:
Dampak MBKM, Magang, PLN UPDL, Mahasiswa, Universitas WidyagamaAbstract
Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka menjadi salah satu tujuan agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran dengan kriteria sesuai dengan dunia kerja. Program MBKM telah bekerja sama dengan PT. PLN (persero), dimana dalam PT. PLN (Persero) ini mempunyai sebuah lembaga pribadi untuk para calon pegawai PLN sebelum terjun langsung bekerja di perusahaannya. Dengan program MBKM hasil yang diperoleh yaitu untuk mahasiswa teknik informatika, universitas widayagama malang bisa mendapatkan uplapangan merupakan point penting dalam setiap kegiatan. Kemudian dari PLN Unit Pelaksana Pendidikan dan Latihan (UPDL) Pandaan memiliki dampak yang sangat baik, dengan adanya program ini dapat membantu meringankan beberapa pekerjaan ringan maupun berat. Dari segi Program studi juga memiliki dampak yang sangat penting yaitu dengan adanya program ini Program studi Teknik Informatika menjadi sasaran langsung oleh PLN UPDL Pandaan dalam mencari sebuah mahasiswa magang yang berkompeten. Program MBKM ini juga mampu mewujudkan pembelajaran mahasiswa teknik informatika, universitas widayagama malang dengan memberikan pengalaman lapangan dan meningkatkan kompetensi mahasiswa. Serta dalam program MBKM ini juga akan memberikan tantangan sendiri kepada mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas, kepribadian dan kemampuan yang dimiliki.References
D. S. Nahdi, A. Rasyid, and U. Cahyaningsih, “Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,†vol. 1, no. 2, pp. 76–81, 2020.
S. Arifin and M. Muslim, “Tantangan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Di Indonesia,†pp. 1–11, 2018.
J. Sarman Sinaga and onner L. Gaol, “Sosialisasi Keselamatan Kerja Di PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan II Medan,†J. Pengabdi. Kpd. Masy. MAJU UDA MEDAN SUMATERA UTARA, pp. 42–45, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/view/704.
W. Jufri, D. Setiadi, Sukardi, Gunawan, and H. Setiawan, “Workshop Teknik Pembimbingan Mahasiswa Peserta Praktek Pengenalan Lapangan Persekolahan Bagi Guru- Pamong Dalam Mendukung Merdeka Belajar,†J. PEPADU, vol. 2, no. 2, pp. 149–156, 2021.
S. Kantun, D. Herlindawati, and L. O. M, “Merancang Rpp Inovatif Dalam Program Merdeka Belajar Se-Kabupaten Jember,†Jubaedah J. Pengabdi. dan Edukasi Sekol. (Indonesian J. Community Serv. Sch. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 137–146, 2021, doi: 10.46306/jub.v1i2.29.
N. L. G. Novitasari and N. Netisia, “Peningkatan Penggunaan Aplikasi Manajemen Surat (AMS) Korporat Guna Mencegah Penyebaran Covid-19,†J. Pengabdi. Kpd. Masy. Fak. Ekon. dan Bisnis UNMAS Denpasar, vol. 1, no. 1, pp. 15–20, 2021.
B. Hermanto., “Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) UPJ Ambunten,†vol. IV, no. 1, pp. 31–38, 2018.
A. Dewita and N. Kahar, “Aplikasi Online Pengolahan Data Pensiun Pada PT.PLN (Persero) UP3 Jambi,†vol. 1, no. 2, pp. 1–7, 2017.